Keadaan Darurat, Perintah Evakuasi Dikeluarkan Saat Kebakaran Hutan Mengamuk di California
AP/Noah Berger
Dunia

Kebkaran hutan yang mengamuk di California memaksa perintah evakuasi bagi 6 ribu orang lebih yang tinggal di luar Taman Nasional Yosemite. Kekeringan dan suhu tinggi terus memicu kebakaran berbahaya di Amerika.

WowKeren - Kebakaran hutan juga melanda sejumlah negara bagian di Amerika Serikat. Terbaru, 6 ribu lebih orang yang tinggal di luar Taman Nasional Yosemite di California telah diperintahkan untuk mengungsi. Hal itu lantaran api yang bergerak cepat karena kekeringan dan suhu tinggi terus memicu kebakaran berbahaya di Amerika Serikat bagian barat.

Pada Sabtu (23/7), Gubernur Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat di Kabupaten Mariposa karena kebakaran Oak, yang dimulai sehari sebelumnya, menyebar di 4.800 hektar (11.900 hektar). Itu terjadi ketika petugas pemadam kebakaran membuat kemajuan pada kobaran api yang terpisah – api Washburn – di dalam Yosemite yang telah mengancam hutan pohon sequoia raksasa kuno yang berharga.

Kebakaran Oak adalah yang terbesar sepanjang tahun ini di negara bagian itu, dan terjadi di tengah musim kebakaran hutan yang sangat aktif. Di mana menurut para ilmuwan telah menjadi semakin merusak selama 30 tahun terakhir karena perubahan iklim .

Lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran terbaru di California terbaru. Baik dengan menggunakan helikopter, pesawat lain dan buldoser untuk mengendalikan api.


Pada Sabtu pagi, kobaran api telah menghanguskan 10 bangunan perumahan dan komersial, merusak lima bangunan lainnya dan mengancam 2.000 bangunan lainnya, kata Cal Fire. Kebakaran itu menyebabkan banyak jalan ditutup.

“Api bergerak cepat. Api ini mengeluarkan bara api di depannya sejauh 3 km kemarin,” kata Daniel Patterson, juru bicara Hutan Nasional Sierra, melansir Al Jazeera. "Ini adalah kondisi kebakaran yang luar biasa."

Ada total 37.774 kebakaran hutan di AS tahun ini, meliputi sekitar 2,24 juta hektar (5,5 juta hektar), jumlah tertinggi di kedua kategori sejak 2012, menurut National Interagency Fire Center. Pada hari Sabtu (23/7), ada 95 kebakaran aktif, meliputi sekitar 913.400 hektar (2,26 juta hektar) di 15 negara bagian AS.

Pekan lalu, pusat tersebut juga memperingatkan kondisi ekstrim untuk tiga kebakaran di Texas dan satu di Wyoming. Ada total 37.774 kebakaran hutan di AS tahun ini, meliputi sekitar 2,24 juta hektar (5,5 juta hektar), jumlah tertinggi di keduanya . kategori sejak 2012, menurut National Interagency Fire Center.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait