Kemenkes Sebut Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Keempat Dapat Izin ITAGI, Dimulai Kapan?
Pexels/Artem Podrez
Nasional

Sebelumnya, Kemenkes tengah mengkaji pemberian vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua. Dalam hal ini, Kemenkes membahasnya dengan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

WowKeren - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebelumnya telah menyampaikan bahwa pihaknya tengah mengkaji pelaksanaan pemberian vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua. Kini Kemenkes menyampaikan perkembangan terbaru mengenai dosis keempat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi dosis keempat telah mendapatkan izin dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Menanggapi hal ini, Kemenkes akan merilis Surat Edaran (SE) vaksinasi COVID-19 dosis keempat bagi tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia.

"Persetujuan ITAGI sudah ada, itu untuk kelompok risiko tinggi," ujar Maxi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/7). "Jadi hari ini akan dibuat edaran ke semua dinas kesehatan dan rumah sakit untuk pelaksanaan booster kedua nakes."


Maxi kemudian menerangkan bahwa rekomendasi dari pemberian vaksinasi booster kedua itu nantinya juga berpotensi akan diberikan kepada warga lanjut usia (lansia), dan mereka yang memiliki penyakit penyerta alias komorbid. Akan tetapi rencana ini masih terus dikaji oleh pemerintah bersama ITAGI.

Sebelumnya, Ketua Junior Doctor Network (JDN) Indonesia Andi Khomeini mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan program vaksinasi dosis keempat terhadap para nakes di Tanah Air. Hal ini lantaran mengingat pelaksanaan dosis ketiga para nakes telah dimulai sejak Juli 2021 lalu, sehingga kadar antibodi di dalam tubuh telah mengalami penurunan.

Andi lantas menuturkan berdasarkan sejumlah penelitian, disebutkan bahwa kadar antibodi pasca vaksinasi COVID-19 menurun sekitar delapan bulan usai pemberian dosis terakhir. Maka dari itu, ia menilai antibodi COVID-19 para nakes sudah saatnya untuk kembali diperkuat dengan pemberian booster kedua.

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin juga mengatakan bahwa pihaknya segera melakukan vaksinasi COVID-19 dosisi keempat, yang terlebih dahulu diutamakan untuk 4 juta nakes. "Ini dilakukan karena sudah enam bulan, data menunjukkan imunitas menjadi menurun," tutur Budi di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (27/7).

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru