Jangan Ragu Untuk Serius! Ini 7 Ciri Hubungan Kamu Sudah Berada Di Tahap Green Flag
Pexels/Streetwindy
SerbaSerbi

Hubungan green flag diidamkan oleh banyak pasangan. Kenali 7 tanda Anda sudah berada dalam hubungan green flag dan siap melangkah ke jenjang lebih serius bersama doi.

WowKeren - Istilah red flag, yellow flag dan green flag tengah populer di tengah masyarakat terutama kalangan anak muda. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan tingkat masalah dan keharmonisan suatu hubungan.

Red Flag didefinisikan sebagai hubungan yang tidak sehat. 7 tips bijak untuk menghadapi hubungan red flag juga sudah sempat dibahas WowKeren di artikel sebelumnya. Sementara itu, hubungan green flag juga tak kalah menyita perhatian publik.


Tak sedikit yang ingin memiliki hubungan green flag. Pasalnya, hubungan green flag dikenal sehat dan positif. Mereka yang berada dalam hubungan green flag biasanya tak ragu untuk mengambil langkah serius. Hal itu dibenarkan oleh pakar hubungan Robin Finley.

"Green flag dapat didefinisikan bahwa hubungan Anda berjalan sehat dan berkualitas. Banyak hal positif terjadi dalam hubungan green flag. Dengan mengenal green flag, Anda dapat memeriksa kelanjutan hubungan Anda di masa depan," kata Robin.

Karena itu, Anda yang telah memiliki hubungan green flag tak perlu ragu untuk memulai hubungan serius dengan pasangan. WowKeren pun telah merangkum 7 tanda hubungan green flag di artikel berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Komunikasi Berjalan Baik


Komunikasi Berjalan Baik
Pexels/Ba Tik

Salah satu ciri hubungan green flag adalah terjalinnya komunikasi yang baik dan terbuka. Dengan komunikasi yang baik, Anda dan pasangan akan memiliki ikatan emosional yang kuat yang membuat hubungan berjalan sehat. Pandangan itu disampaikan pakar hubungan Robin Finley.

"Ketika komunikasi berjalan baik dan terbuka, Anda dan pasangan akan memiliki ikatan emosional. Jadi penting untuk terlibat dalam komunikasi terbuka saat Anda berselisih. Ini dapat menghasilkan hubungan yang lebih sehat dan memuaskan di kemudian hari," jelas Robin.

2. Mampu Mengontrol Emosi


Mampu Mengontrol Emosi
Unsplash/Afif Kusuma

Hubungan yang sehat ditandai dengan keterampilan pasangan untuk mengontrol emosi. Pasangan yang baik tak akan bersikap kasar atau memaki Anda dengan kalimat menyakitkan. Anda juga dapat melihat sikap pasangan ke orang lain ketika sedang marah. Hal itu dibenarkan oleh terapis hubungan Sarah Hubbell.

"Green flag adalah ketika Anda dan pasangan bisa saling menghormati saat emosi sedang tinggi. Perhatikan juga bagaimana pasangan Anda berinteraksi dengan rekan kerja, anggota keluarga, dan teman saat frustrasi atau marah. Apakah mereka dapat menahan emosi dan berpikir dengan berkepala dingin? Bila Ya, itu tanda green flag," kata Sarah.

3. Jujur Dan Saling Percaya


Jujur Dan Saling Percaya
Unsplash/Priscilla Du Preez

Jujur dan saling percaya juga tanda dari hubungan green flag. Seseorang yang mau mengakui kesalahan dan jujur akan hal-hal kecil adalah ciri pasangan yang baik. Pasalnya, jujur dan kepercayaan adalah faktor penting dalam hubungan. Pakar hubungan Heather Browne menyetujui pendapat tersebut.

"Sangat penting untuk jujur satu sama lain, bahkan jika harus mengakui bahwa Anda melakukan kesalahan. Karena tidak jujur untuk hal-hal kecil atau tidak penting dapat merusak kepercayaan pasangan Anda. Sementara, kepercayaan adalah faktor penting dalam hubungan," papar Heather.

4. Memiliki Cara Pandang Yang Sama


Memiliki Cara Pandang Yang Sama
Unsplash/Etienne Boulanger

Perbedaan cara pandang biasanya menyebabkan perpecahan dalam hubungan. Bila Anda dan pasangan memiliki kesamaan cara pandang maka hubungan kalian bisa dikatakan green flag. Kesamaan cara pandang ini lah yang nantinya akan mempermudah keharmonisan hubungan. Psikolog Holley Battey membenarkan hal tersebut.

"Jika pasangan memiliki nilai-nilai yang sama dengan Anda mungkin kalian memiliki tujuan yang sama. Hal itu akan membuat hubungan jangka panjang jauh lebih mudah. Misalnya, Anda dan pasangan sama-sama ingin memiliki keluarga suatu hari nanti, maka kemungkinan Anda dan doi bisa membangun masa depan bersama," ujar Holley.

5. Merasa Aman Dan Nyaman


Merasa Aman Dan Nyaman
Pexels/Jonathan Borba

Merasa aman dan nyaman juga menjadi pertanda bahwa hubungan Anda dan doi berjalan harmonis dan bahagia. Anda nyaman menceritakan segala permasalahan dan hal baik dengan pasangan. Kondisi ini mengisyaratkan bahwa kedua belah pihak saling memahami. Pandangan itu disampaikan pakar hubungan Heather Browne.

"Merasa aman untuk berbagi apa pun dengan pasangan merupakan indikasi hubungan green flag. Anda melihatnya sebagai pendukung yang membuat Anda merasa diperhatikan dan berharga. Nyaman berbagi hal baik maupun sulit bersama menandakan bahwa kalian saling memahami," ujar Heather.

6. Mau Berkembang Bersama


Mau Berkembang Bersama
Unsplash/Ismael Paramo

Hubungan green flag ditandai dengan komitmen kedua belah untuk melalui berbagai kesulitan bersama. Anda dan pasangan terus memperbaiki diri dan bersama tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Pendapat itu dibenarkan oleh pakar hubungan Robin Finley.

"Ketika kedua pasangan memasuki suatu hubungan dan menetapkan niat untuk terus tumbuh baik secara individu maupun sebagai pasangan, hubungan tersebut dapat berkembang. Hal ini juga membantu hubungan bertahan lama," kata Robin.

7. Akrab Dengan Keluarga Atau Teman Pasangan


Akrab Dengan Keluarga Atau Teman Pasangan
Unsplash/Toa Heftiba

Hal terakhir yang mengisyaratkan hubungan sehat dan serius adalah kedekatan Anda dengan keluarga atau teman pasangan. Hubungan yang sehat biasanya mendapat dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar. Pakar hubungan Heather Browne menyetujui pandangan demikian.

"Memperkenalkan pasangan Anda kepada teman dan keluarga Anda dan sebaliknya membuktikan bahwa kalian ingin terlibat dalam kehidupan satu sama lain. Sehingga mereka semua bisa saling mengenal dan membuka jalan menuju masa depan bersama," jelas Heather.

Nah, sobat WowKeren termasuk dalam hubungan green flag tidak? Bila 7 ciri di atas ada dalam hubungan kalian, selamat Anda berada dalam hubungan green flag. Terus nantikan artikel menarik lainnya tentang green flag ya. See you!

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait