Menkes Buka Suara Soal Anies Baswedan Ubah Istilah Nama RSUD Jadi Rumah Sehat
padk.kemkes.go.id
Nasional

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah resmi mengubah istilah Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat terhadap RSUD di Ibu Kota. Atas hal ini, Menkes pun buka suara.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya diketahui telah mengubah istilah Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat. Meski begitu branding ini baru akan diterapkan untuk seluruh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pun buka suara. Budi mengatakan bahwa Anies telah berbicara kepadanya mengenai perubahan istilah tersebut.

Budi menerangkan bahwa Pemprov DKI Jakarta hanya mengubah logo dan nama branding menjadi Rumah Sehat. Sementara untuk akta legal tetap rumah sakit, sehingga tidak ada aturan yang diubah atau dilanggar oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Mesti dibedakan nama legalnya, apa nama brandingnya, misalkan ada rumah sakit pakai 'Hospital', tapi di aktanya tetap pakai rumah sakit," ujar Budi di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (4/8). "Jadi update yang disampaikan kepada kami, secara legal itu tetap rumah sakit, di-brandingnya logonya memakai rumah sehat. Buat kita yang penting akta legalnya pakai apa."


Budi kemudian menekankan bahwa perubahan nama dari Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat itu hanya sebatas logo, yang mana artinya memberikan pesan. Terkait dengan urgensi pergantian istilah tersebut, Budi menilai itu merupakan sesuai selera masing-masing, dan Kemenkes tidak bisa mengaturnya.

Namun kebijakan Anies dalam mengubah istilah Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat itu menuai kritikan dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Prasetyo Edi menilai bahwa perubahan istilah tersebut tidak penting dilakukan.

Menurut Prasetyo Edi, terobosan dalam program pembangunan daerah atau pelayanan masyarakat lebih penting dan bermanfaat bagi masyarakat dibandingkan dengan melakukan perubahan istilah pada RSUD. Di samping itu, ia juga menyinggung mengenai kebijakan Anies sebelumnya yakni melakukan perubahan pada nama jalan di Ibu Kota.

Sebagaimana diketahui, pada Rabu (3/8) kemarin, Anies Baswedan resmi mengumumkan branding baru atau penjenamaan istilah rumah sakit ke rumah sehat. Dalam hal ini, Anies diketahui melakukan perubahan nama di 31 rumah sakit milik pemerintah yang ada di Ibu Kota.

(wk/tiar)


You can share this post!

Related Posts