Dinkes Cianjur Terima Laporan Sejumlah Suspek Cacar Monyet, Ternyata Malah Rabies
Nasional
Wabah Cacar Monyet

Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, langsung melakukan penelusuran dan pengkajian setelah menerima sejumlah laporan suspek Cacar Monyet. Setelah diperiksa, para suspek tersebut ternyata terkena rabies.

WowKeren - Sejumlah kasus suspek Cacar Monyet mulai bermunculan di beberapa wilayah di Indonesia. Sebelumnya sempat ditemukan 9 kasus suspek Cacar Monyet yang tersebar di seluruh indonesia namun menunjukkan hasil negatif setelah diuji. Kini, muncul informasi mengenai sejumlah suspek Cacar Monyet yang muncul di Cianjur, Jawa Barat.

Mendapati informasi itu, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur pun langsung bergerak melakukan penelusuran. Laporan itu disebut berasal dari daerah selatan Cianjur. Setelah melakukan penelusuran, pemeriksaan dan pengujian, akhirnya diketahui bahwa para suspek Cacar Monyet tersebut ternyata mengidap rabies.

"Kami telah menerima laporan warga dari sejumlah wilayah di Cianjur selatan yang diduga terjangkit cacar monyet beberapa waktu lalu. Kami langsung melakukan konfirmasi dan dilakukan pengkajian, namun hasilnya sejumlah warga itu bukan terkena cacar monyet, tapi rabies," ujar Yusman Faisal selaku Sekretaris Dinkes Cianjur, melansir CNNIndonesia.com, Kamis (4/8).


"Kita sudah menyiapkan tempat di beberapa kecamatan untuk sentra suntik rabies guna memudahkan warga mendapatkan pelayanan dan penanganan cepat," sambungnya.

Meski begitu, pihak Dinas Kesehatan Cianjur tetap mengingatkan para warga untuk selalu waspada. Warga juga diimbau untuk segera melapor dan memeriksakan diri ke Puskesmas jika mencurigai adanya gejala Cacar Monyet pada masing-masing atau orang di sekitar mereka. Misalnya merasakan gejala gatal-gatal dan muncul bercak serupa cacar.

Sebelumnya, kasus suspek Cacar Monyet juga muncul di Jawa Tengah. Informasi itu juga telah dikonfirmasi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar menyebut pasien tersebut telah dalam pantauan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng. Status pasien itu hingga kini masih bergejala namun belum dipastikan positif terpapar Cacar Monyet.

“Kita masih pantau terus sampai hari ini. Kemarin ada yang bercirikan seperti itu, tapi masih didalami. Kita belum berani menentukan apakah itu monkeypox atau bukan, tapi kita lagi pantau,” pungkas Ganjar Pranowo di kantornya, Rabu (3/8) kemarin.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts