Park Eun Bin Hingga Lee Jong Suk, Inikah Alasan Profesi Pengacara Laris Manis di Drama?
ENA/MBC
TV

Drama tentang pengacara yang kini begitu disukai publik adalah 'Extraordinary Attorney Woo'. Drama ini berfokus pada kisah Woo Young Woo (Park Eun Bin), pengacara dengan sindrom autisme.

WowKeren - Drama-drama Korea Selatan belakangan ini kerap mengusung alur kisah seorang pengacara. Beberapa drama-drama yang belakangan ini tayang seperti "Why Her?", "Doctor Lawyer", "Big Mouth", "Extraordinary Attorney Woo" dan masih banyak lagi.

Namun tahukah kalian jika drama tentang profesi pengacara tidak hanya populer akhir-akhir ini saja. Drama tentang pengacara dikatakan pertama kali diangkat pada tahun 1980 lewat serial MBC "Hong Lawyer". Selanjutnya pada 2013 lalu, muncul film "The Attorney" yang ditonton lebih dari 10 juta penonton.

Lalu mengapa drama profesi pengacara kini laris manis disiarkan? Alasannya mungkin karena bidang hukum tidak mudah dijangkau penonton biasa. Ketika ada drama tentangnya diangkat, penonton jadi ikut merasa euforia dari proses penegakan keadilan.

Alasan lainnya mungkin karena profesi pengacara yang tugasnya membela klien. Dalam beberapa drama itu, tak jarang diperlihatkan perjuangan pengacara membela mereka yang dituduh secara salah.


Meski begitu, pengacara kadang diperlihatkan berada di zona abu-abu antara baik dan jahat karena mereka dapat membela penjahat yang secara alami bersalah. Jika pengacara adalah karakter utama, mereka digambarkan sebagai sosok yang memperjuangkan keadilan.

Alasan berikutnya adalah imej pengacara di Korea Selatan yang cukup baik berbeda dari Amerika Serikat di mana profesi itu kadang dijadikan lelucon. Pengacara Korea dianggap sering membela yang lemah ketika kediktatoran dan kekuasaan publik sangat kuat.

Sebaliknya, jaksa sering digambarkan sebagai sosok jahat dengan kekuatan absolut dalam film dan drama. Itulah mengapa dalam beberapa tahun terakhir, drama maupun film kerap mengangkat kisah seorang pengacara dari berbagai sisi yang berbeda.

Sementara itu, drama tentang pengacara yang kini sedang begitu disukai publik adalah "Extraordinary Attorney Woo" yang berfokus kisah Woo Young Woo (Park Eun Bin), pengacara dengan sindrom autisme. Selain itu, ada juga "Big Mouth" yang menceritakan Park Chang Ho (Lee Jong Suk), pengacara yang dijebak hingga masuk penjara.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait