Ogah Terjerumus Red Flag? Begini Tips Pertahankan Hubungan Green Flag Bareng Doi
stocksnap.io
SerbaSerbi

Hubungan Green flag banyak diidamkan setiap pasangan karena sehat dan penuh kebahagiaan. Begini 7 tips jitu guna mempertahankan hubungan green flag agar tetap awet.

WowKeren - Hubungan green flag sering diidamkan banyak pasangan. Pasalnya, hubungan green flag dikenal sehat dan bahagia. Berbeda dengan hubungan red flag yang terkenal berbahaya dan menyakitkan. Sedangkan, hubungan yellow flag berada di antara keduanya.

Istilah red flag, yellow flag dan green flag awalnya populer di kalangan anak muda. Mereka menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan kualitas suatu hubungan. Ciri-ciri hubungan green flag juga sudah sempat dibahas WowKeren di artikel sebelumnya.


Pakar hubungan John Gottman membenarkan bahwa green flag adalah hubungan yang sehat. Ia bahkan berpesan pada mereka yang telah memiliki hubungan green flag agar menjaganya dengan baik. Bila hubungan berjalan sehat, itu artinya Anda menemukan pasangan yang baik.

"Jika Anda melihat beberapa tanda green flag dalam hubungan, seperti komunikasi terbuka, kejujuran, dan nilai-nilai yang selaras, ini adalah tanda yang sangat baik bahwa hubungan Anda berada di jalur yang benar. Jika Anda mulai melihat ini pada pasangan Anda, pegang erat-erat karena Anda telah menemukan orang yang baik," kata John.

Karena itu, WowKeren akan mengulas beberapa tips guna mempertahankan hubungan green flag bersama doi. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak di artikel berikut ini ya!

(wk/Sisi)

1. Jadi Pendengar Yang Baik Tanpa Perlu Menghakimi


Jadi Pendengar Yang Baik Tanpa Perlu Menghakimi
stockvault.net

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan hubungan green flag yakni selalu menjadi pendengar yang baik. Dengarkan dan pahami semua keluh kesah pasangan tanpa harus menghakimi. Dengan begitu pasangan akan terus merasa nyaman dan aman di dekat Anda. Terapis dan pakar hubungan, Robin Finley membenarkan hal tersebut.

"Anda dan pasangan harus membiarkan satu sama lain mengekspresikan emosi tanpa menghakimi. Mendengarkan pasangan Anda dan berempati dengan emosi mereka membantu mereka merasa dipahami. Anda tidak boleh menyudutkan pasangan atau mengatakan mereka terlalu emosional atau terlalu dramatis," kata Robin.

2. Perbanyak Aktivitas Sederhana Dengan Pasangan


 Perbanyak Aktivitas Sederhana Dengan Pasangan
stockvault.net

Perbanyak aktivitas tatap muka dengan pasangan juga dapat menjaga keharmonisan suatu hubungan. Lakukan banyak aktivitas menyenangkan, seperti berbelanja dan olahraga bersama. Terapis pernikahan Heather Browne menyebut banyaknya waktu yang dihabiskan bersama pasangan dapat mempengaruhi kualitas suatu hubungan.

"Menikmati kebersamaan dengan pasangan dan melakukan hal-hal menyenangkan bersama mereka dapat bermanfaat bagi hubungan. Seperti pergi ke toko, pergi ke gym, atau berbelanja bersama. Pasalnya, salah satu faktor kepuasan dalam hubungan adalah kualitas waktu yang kalian habiskan bersama," papar Heather.

3. Bila Muncul Masalah Selesaikan Sesegera Mungkin


Bila Muncul Masalah Selesaikan Sesegera Mungkin
Pixahive

Jangan pernah lari dari masalah atau menunda menyelesaikannya. Selesaikan masalah sesegera mungkin agar tak menjadi konflik yang berkepanjangan. Robin Finley membenarkan cara ini dapat menjaga kualitas hubungan Anda bersama pasangan.

"Cobalah merangkul daripada menghindari percakapan yang sulit dan berlatih bersikap terbuka dengan pasangan Anda. Belajar untuk meninggalkan sikap defensif dari konflik Anda sehingga Anda dapat lebih mudah mencapai resolusi," saran Robin.

4. Buat Komitmen Yang Baik


Buat Komitmen Yang Baik
Pexels

Dalam hubungan perlu adanya komitmen. Karena itu, bentuklah komitmen yang baik dengan pasangan. Diskusikan seperti apa Anda dan pasangan berkomunikasi, menyelesaikan masalah, atau kesepakatan yang lain. Konselor pernikahan, Gary Brown membenarkan pandangan demikian.

"Membuat komitmen untuk kelangsungan hubungan di masa depan membantu Anda dan pasangan dalam memperoleh manajemen konflik yang efektif, pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi yang baik. Bila sudah terbentuk, sepakati komitmen tersebut dengan baik," jelas Gary.

5. Prioritaskan Hubungan


Prioritaskan Hubungan
Pxhere

Di samping komitmen yang baik, Anda disarankan untuk selalu memprioritaskan hubungan. Dengan begitu, pasangan akan merasa dihargai sehingga hubungan berjalan sehat dan penuh kasih sayang. Hal demikian disampaikan pakar hubungan John Mutziger.

"Ingat, suatu hubungan selalu dalam proses, dan Anda harus terus memprioritaskan hubungan dan pertumbuhannya sehingga Anda dapat tetap berada di tempat yang sehat, aman, dan penuh kasih dengan pasangan Anda," ujar John.

6. Beri Pujian Ke Pasangan


Beri Pujian Ke Pasangan
stocksnap.io

Tips lain yang bisa membantu keharmonisan hubungan adalah sering-seringlah memuji pasangan. Pujian yang diberikan bisa tentang penampilan, kepribadian atau keterampilan pasangan. Psikolog Shannon Chavez mengklaim pujian yang Anda beri dapat membuat pasangan merasa berharga dan bahagia.

"Pujian dari pasangan selalu menyenangkan untuk didengar. Entah itu tentang kepribadian mereka, penilaian, selera, keterampilan yang mereka miliki . Itu adalah tanda hormat dan merupakan hal baik jika Anda menunjukkan ketertarikan pada pasangan. Mereka akan merasa berharga," kata Shannon.

7. Hindari Kebohongan Dan Perselingkuhan


Hindari Kebohongan Dan Perselingkuhan
Pexels

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kepercayaan pasangan dengan tidak berbohong atau berselingkuh. Teruslah berkomitmen untuk setia dengan satu pasangan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memiliki hubungan green flag. Saran itu disampaikan oleh pakar kencan Samantha Joel, Ph.D.

"Ketika Anda sudah komitmen, berselingkuh dari pasangan Anda bisa sangat kejam. Ada hal-hal tertentu yang harus Anda lakukan untuk menghindari situasi seperti itu agar hubungan tetap sehat. Jangan membuat sesuatu yang akan membuat Anda berbohong atau merusak kepercayaan pasangan Anda," saran Samantha.

Nah itu dia 7 tips guna mempertahankan hubungan green flag. Semoga sobat WowKeren berhasil mempertahankan hubungan yang sehat dengan doi ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. See you!


You can share this post!

Artikel Terkait