Taiwan Tuduh Tiongkok Melebih-lebihkan dan Gunakan Trik Terkait Rekaman Dekat Pulau Penghu
Dunia

Pada Senin (15/8), Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat merilis video pulau Penghu yang tampaknya diambil oleh pesawat angkatan udara Tiongkok. Taiwan lantas memberikan tanggapan.

WowKeren - Tiongkok menerbitkan rekaman dari pulau-pulau Penghu di mana terdapat pangkalan udara utama Taiwan. Taiwan lantas menuduh Negeri Tirai Bambu itu melebih-lebihkan dan mengatakan bahwa kabar pasukan Tiongkok mendekati pulau-pulau tersebut tidak benar.

Pada Senin (15/8), Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat merilis video pulau Penghu yang tampaknya diambil oleh pesawat angkatan udara Tiongkok. Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat merupakan unit militer Tiongkok yang bertanggungjawab atas daerah yang berdekatan dengan Taiwan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Kepala Staf Operasi Angkatan Udara Taiwan Tung Pei-lun mengatakan bahwa hal itu merupakan perang informasi Tiongkok. Meski demikian, Tung mengatakan dirinya tak bisa berkomentar tentang siapa yang mengambil video itu.

"Tiongkok menggunakan trik perang kognitif yang berlebihan untuk menunjukkan seberapa dekat dengan Penghu - yang tidak benar," ujar Tung, Selasa (16/8).


Kementerian Pertahanan Taiwanan sendiri telah menunjukkan pada peta bahwa pesawat Tiongkok terdekat dengan Penghu pada hari Senin adalah empat pesawat tempur J-16. Menurut peta tersebut, pesawat melintasi garis tengah Selat Taiwan tetapi tetap lebih dekat ke pantai Tiongkok daripada Penghu.

Tung lantas mengatakan bahwa Taiwan memiliki "pegangan" real-time dari apa yang terjadi di langit. Ia juga mengatakan bahwa pesawat Tiongkok telah beroperasi di utara dan barat daya Taiwan dan melintasi garis tengah.

Di sisi lain, Tiongkok baru-baru ini memasukkan tujuh pejabat Taiwan ke dalam daftar hitam atas dugaan dukungan mereka untuk kemerdekaan pulau tersebut. Ketujuh pejabat itu dilarang memasuki daratan Tiongkok maupun wilayah Hong Kong dan Makau. Mereka juga dilarang bekerja dengan pejabat dari Tiongkok.

Tiongkok mengklaim bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayahnya dan bahkan tak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk menguasai wilayah tersebut. Pemberian sanksi ini mendapat reaksi keras dari Kementerian luar negeri Taiwan, yang mengatakan bahwa pulau itu adalah negara demokrasi yang tidak dapat diganggu oleh Tiongkok.

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait