Fantastis! Ini Perkiraan Keuntungan Drama Kang Tae Oh & Park Eun Bin 'Extraordinary Attorney Woo'
TV

Baru-baru ini seorang pejabat di industri drama memperkirakan keuntungan fantastis drama ENA 'Extraordinary Attorney Woo'. Simak rincian lengkapnya berikut ini.

WowKeren - "Extraordinary Attorney Woo" mengalami kesuksesan yang luar biasa meski mengawali perjalanannya dengan rating rendah. Drama ENA ini bahkan berakhir dengan rating tertinggi sepanjang penayangan dengan catatan sebesar 17,5 persen.

"Extraordinary Attorney Woo" merupakan drama yang diproduksi oleh AStory, KT Studio Genie dan Nangman Crew. Meski menghadirkan cerita sederhana tentang kehidupan seorang pengacara autis, drama ini menelan biaya produksi yang cukup besar yakni sekitar 15-20 miliar won atau setara dengan Rp167-222 miliar.

Investasi tersebut sebanding dengan kesuksesan drama ini. Pasalnya, para pejabat di industri drama percaya bahwa "Extraordinary Attorney Woo" menghasilkan keuntungan lebih dari 10 kali lipat dari biaya produksi.

Peningkatan kesadaran terhadap saluran ENA yang dioperasikan oleh KT Skylife juga cukup signifikan. Meski tergolong baru, saluran ini telah berkembang pesat hingga mengancam saluran terestrial yang sudah eksis sejak lama.


Terkait hal ini, seorang pejabat penyiaran berkata, "ENA pasti telah memperoleh efek lebih dari 100 miliar won (sekitar Rp1,1 triliun). Karena 'Extraordinary Attorney Woo', tingkat iklan dari iklan dalam program drama serta seluruh iklan saluran meningkat."

Pencapaian ini menjadi semakin membanggakan karena "Extraordinary Attorney Woo" hanya mendapatkan satu sponsor (PPL). Drama ini tak dilirik para pengiklan karena digarap oleh penulis baru dan menjadikan seorang penderita autis sebagai karakter utama.

Selain itu, "Extraordinary Attorney Woo" juga membawa berkah bagi layanan streaming Netflix yang mengambil hak cipta alih-alih membayar biaya produksi yang tinggi. Drama ini dapat dilihat kembali di Netflix usai ditayangkan di TV, namun mereka hanya berhak untuk merilis konten.

Hak cipta sendiri diperlukan untuk memimpin tindak lanjut drama dan menghasilkan keuntungan lebih bahkan setelah drama berakhir. Sebagai hasilnya, perusahaan produksi "Extraordinary Attorney Woo" mampu memimpin keuntungan dengan membuat versi webtoon dan musikal dari drama ini.

Sementara itu, "Extraordinary Attorney Woo" telah menayangkan episode terakhirnya pada Kamis (18/8) lalu. Nantinya slot tayang drama ini akan digantikan dengan "Good Job" yang dibintangi oleh Jung Il Woo dan Kwon Yuri Girls' Generation.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait