Anggota MUI Nasihati Pesulap Merah Marcel Radhival, Minta Belajar dari Limbad
Instagram/marcelradhival1
Selebriti

Pesulap Merah Marcel Radhival mendapat masukan dari anggota MUI, Buya Munawwir Alqosimi. Ia disarankan belajar dari Master Limbad yang selama kemunculannya hanya fokus menghibur dan tidak membuat kegaduhan.

WowKeren - Pesulap Merah Marcel Radhival jadi sorotan terkait permasalahan dengan Gus Samsudin. Tak cuma itu, Marcel juga memicu reaksi kagum karena keberaniannya membongkar praktik perdukunan.

Namun meski begitu, kehadiran Marcel rupanya ditanggapi berbeda oleh Buya Munawwir Alqosimi, anggota MUI. Pihak Buya menilai aksi Marcel bisa menimbulkan masalah baru.

"Secara pribadi kalau menurut saya memang enggak menghibur, kita lihat ada dari realita kenyataan bahwa umat terbelah," kata Buya. "Ada yang mencaci Marcel ada yang mencaci Gus Udin."

Buya lantas membandingkan Marcel dengan pesulap lainnya. Ia mencontohkan sosok Master Limbad yang fokus pada aksi sulap alih-alih menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat.

"Lihat para pesulap yang lain, tidak akan membuat kegaduhan sebagaimana Limbad, maka dia tidak bicara," kata Buya. "Tukang sihir pas zaman Nabi Musa itu menggunakan ilmu sulap, bukan pakai jin karena itu ulama tidak memperbolehkan sulap. Sulap itu memang menggunakan alat-alat rekayasa. Ada yang sudah mengeluarkan fatwa yaitu Yordania, bahwa sulap itu boleh digunakan hanya untuk permainan, hanya untuk hiburan."


Buya juga mengingatkan Marcel agar tak bersikap seperti penyidik. "Kalau memang menghibur, hiburlah. Jadi jangan kemudian Marcel ini kayak sebagai penyidik atau hakim. Kalau memang ada warga yang melakukan kesalahan maka laporkan lah oleh pihak yang dirugikan," kata Buya.

Sebelumnya, Marcel sudah menjalani pemeriksaan pasca dipolisikan Gus Samsudin terkait dugaan pencemaran nama baik. Marcel sempat membeberkan soal proses pemeriksaan tersebut.

"Ditanya maksud video itu kayak gimana? Saya jelaskan kalau ini hanya edukasi, yang saya bahas triknya, bukan Mas Udinnya," kata Marcel. "Kita lihat diproses apa tidak nanti."

Marcel juga membeberkan kalau pihak Polda Jatim meminta Gus Samsudin melakukan pembuktian. Namun menurut Marcel, Gus Samsudin keberatan. Marcel menyebut jika Gus Samsudin hanya ingin berdamai.

"Mas Udinnya gak mau," kata Marcel. "Mas Udin maunya damai, tapi Polda Jatim maunya pembuktian."

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru