8 Film Horor Indonesia yang Punya Vibes Mirip 'Pengabdi Setan 2', Apa Saja?
Rapi FIlms
Film

Film 'Pengabdi Setan 2: Communion' yang baru saja dirilis mendapat sambutan hangat dari para penonton. Berikut referensi film horor yang memiliki vibes mirip film tersebut.

WowKeren - Film horor Indonesia "Pengabdi Setan 2: Communion" telah dua minggu menemani penggemar di bioskop. Film besutan Joko Anwar ini mendapat sambutan yang antusias selama penayangannya. Bahkan, 16 hari setelah penayangan film ini sudah melewati setengah dari jumlah total penonton "KKN Desa Penari".

"Pengabdi Setan 2: Communion" merupakan tindak lanjut dari film sebelumnya, "Pengabdi Setan" yang rilis pada tahun 2017. Film ini bercerita mengenai persekutuan manusia dengan iblis. Kesuksesan film tersebut diikuti oleh sang sutradara yang baru-baru ini mengungkapkan keinginan untuk mengangkat sebuah kasus ke layar lebar, yang membuat penggemar semakin penasaran.

Namun, terlepas dari kepastian gagasan tersebut, bagi penggemar yang ingin menonton film horor yang tak kalah seru dan mempunyai vibes mirip dengan 'Pengabdi Setan 2' ini, berikut tim WowKeren rangkum sederet film horor yang bisa dijadikan referensi.


1. Kafir: Bersekutu dengan Setan

Film horor pertama yang bisa dijadikan referensi adalah "Kafir: Bersekutu dengan Setan". Film yang dirilis pada tahun 2018 ini menceritakan tentang sebuah keluarga harmonis yang dilanda kesedihan, ketika sang ayah, yang diperankan oleh Teddy Syah, meninggal dengan tidak wajar. Sejak saat itu, sederet teror misterius terus terjadi pada keluarga itu satu demi satu.

Tak hanya teror gaib yang dialami sang ibu, Hanum, alur cerita semakin mendebarkan ketika dukun di kampung itu, Jarwo, yang diperankan oleh Sujiwo Tejo, meninggal. Film ini disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Selain Teddy Syach, film ini juga dibintangi oleh Putri Ayudya, Sujiwo Tejo, Indah Permatasari, Rangga Azof, dan Nadya Arina.

2. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

"Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2" dirilis pada tahun 2020, yang merupakan tindak lanjut dari film sebelumnya, "Sebelum Iblis Menjemput". Disutradarai oleh Timo Tjahjanto, film horor ini dibintangi oleh Chelsea Islan, Widika Sidmore, dan Hadijah Shahab.

Film ini bercerita mengenai Alfie dan Nara yang melanjutkan kehidupan mereka setelah dua tahun terlepas dari teror iblis. Namun sayangnya, perasaan bersalah masih menghantui Alfie, Tak hanya itu, Alfie juga harus berkutat dengan penglihatan yang tidak wajar yang dialaminya. Sosok kegelapan yang haus jiwa bangkit dan siap menjemput nyawa mereka.

3. Ratu Ilmu Hitam

Film yang mendapat lima nominasi dalam Festival Film Indonesia 2020 ini menceritakan tentang sebuah panti asuhan di pinggir kota. "Ratu Ilmu Hitam" disutradarai oleh Kimo Stamboel dan ditulis oleh Joko Anwar, dan merupakan adaptasi dari film sebelumnya dengan judul sama yang dirilis pada tahun 1981.

Hanif yang diperankan oleh Ario Bayu membawa Nadya (Hannah Al Rashid) ke panti asuhan bersama anak-anak mereka. Dua sahabat Hanif juga datang ke panti asuhan tersebut. Namun, keganjilan demi keganjilan mengerikan terjadi hingga membuat mereka berusaha pergi dari panti asuhan. Yang mana, langkah itu tak membuahkan hasil.


4. Perempuan Tanah Jahanam


Tak kalah menyeramkan dari "Pengabdi Setan 2: Communion", film yang dibintangi oleh Tara Basro ini siap membuat penonton ketar-ketir dengan alur cerita yang disajikan. Maya, yang diperankan oleh Tara Basro, memutuskan untuk pergi ke desa terpencil bersama sahabatnya Dini (Marissa Anita).

Berharap mendapatkan jalan keluar dari kehidupannya yang jatuh bangun di kota, keduanya justru dihadapkan pada hal-hal terduga yang menyeramkan. Hingga pada suatu malam, Maya, yang penasaran mendengar jeritan perempuan melahirkan melihat sesuatu yang mengerikan. Dari situlah misteri kampung yang mereka datangi mulai terungkap.


5. Sekte

"Sekte" bercerita mengenai Lia (Asmara Abigail) yang mengalami hilang ingatan, terbangun di sebuah rumah besar yang terisolasi. Bangunan itu dihuni oleh orang-orang yang tidak memiliki rumah. Lia tinggal di sana karena dia tidak bisa mengingat identitasnya pasca kecelakaan.

Namun seiring berjalannya waktu, Lia menyadari ada hal ganjil ketika orang-orang di rumah tersebut yang merupakan anggota sekte tertentu, tidak bisa keluar lagi. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini disutradarai oleh William Chandra. Selain Asmara Abigail, "Sekte" juga dibintangi oleh Derby Romero, Rizky Nazar, dan Asmara Abigail.

6. Rumah Dara

"Rumah Dara" merupakan film horor yang dirilis pada 2010 silam. Disutradarai oleh Mo Brother, film ini tayang perdana pada Festival Film Fantasi Internasional Bucheon tahun 2009 dan dibintangi oleh Julie Estelle yang beradu akting dengan Shareefa Daanish.

Sebelum diangkat ke layar lebar, karakter Dara sendiri sempat dikenalkan lewat segmen film pendek "Dara" dalam film horor antologi "Takut: Faces of Fear." Seperti judulnya, film ini bercerita mengenai sekelompok pemuda yang terjebak di rumah Dara, seorang pembunuh misterius. Arifin Putra, Ario Bayu, Imelda Therinne, Ruli Lubis, Sigi Wimala, Daniel Mananta, turut membintangi film ini.


7. Danur: I Can See Ghosts

"Danur: I Can See Ghosts" diadaptasi dari novel berjudul "Gerbang Dialog Danur" Risa Saraswati. Film yang rilis tahun 2017 ini mendapatkan sekuelnya setahun kemudian dengan judul "Danur 2: Maddah". "Danur: I Can See Ghost" bercerita mengenai gadis indigo yang bisa melihat makhluk gaib, Risa, yang diperankan oleh Prilly Latuconsina.

Dalam film ini disutradarai oleh Awi Suryadi ini, Risa yang merasa kesepian karena kesibukan kedua orang tuanya, akhirnya mendapatkan teman-teman baru. Namun, teman-teman Risa bukan manusia biasa, melainkan berasal dari dunia lain.


8. Janin

Seperti "Pengabdi Setan 2: Communion", "Janin" juga menyajikan teror kepada para penontonnya. Disutradarai oleh Ook Budiono, film yang dibintangi oleh Jill Gladys, Reuben Elishama, dan Meriam Bellina ini rilis pada tahun 2020.

"Janin" bercerita mengenai kisah pasangan muda yang tengah berbahagia lantaran menunggu kelahiran anak mereka. Namun, keanehan demi keanehan yang terjadi perlahan sehingga mengubah kebahagiaan menjadi teror. Tetangga mereka yang misterius, Sukma, memberi tahu mereka jika usia kehamilan yang memasuki bulan keempat akan mengundang roh halus yang mengganggu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait