BTS Teratas, Pendapatan Idol K-Pop dari YouTube 2022 Gak Kaleng-Kaleng
Twitter/bts_bighit
Selebriti

Jumlah penghasilan 30 saluran YouTube para artis Korea termasuk Idol K-Pop telah terungkap. Ada BTS di puncak daftar, rata-rata pendapatan nama-nama ini capai triliunan rupiah.

WowKeren - Dipimpin BTS, jumlah pendapatan saluran YouTube artis Korea termasuk para idol terungkap. Gak kaleng-kaleng, nama-nama ini telah mendulang ratusan juta hingga miliaran won sepanjang tahun 2022.

Belum lama ini, Forbes Korea mengumumkan 30 nama saluran YouTube di Korea dengan pendapatan terbanyak. Rata-rata saluran dengan pendapatan paling banyak berasal dari idol K-Pop. Padahal di saluran-saluran tersebut, mereka tidak mengunggah MV yang jumlah penontonnya gila-gilaan.

Saluran BTS yakni BANGTANTV berhasil mengumpulkan 13,68 miliar won (Rp151 triliun). Masih di atas 10 miliar, posisi kedua ditempati BLACKPINK dengan 10,9 miliar won (Rp120 triliun). Kemudian ada milik PSY di angka 4,79 miliar won (Rp52 triliun).

Masih di lima besar, SEVENTEEN (II) mendapatkan 3,4 miliar won (Rp37 triliun) dan Sunmi dengan 3,33 miliar won (Rp36 triliun). Nama-nama tersebut kemudian disusul oleh aespa, ITZY, (G)I-DLE, Lim Young Woong dan YouTuber ChimChakMan. Dari posisi pertama hingga #24 para artis ini mendapatkan lebih dari 1 miliar won atau jika dirupiahkan ada di nominal belasan triliun.


BTS Teratas, Pendapatan Idol K-Pop dari YouTube 2022 Gak Kaleng-Kaleng

Source: TheQoo

Meski kini sudah memasuki generasi ke-4, grup dan solois dari generasi terdahulu masih punya banyak pendapatan dari aktivitas YouTube mereka. Contohnya seperti BIG BANG di posisi #12, IU di peringkat #14, Red Velvet di posisi #23, Mamamoo di peringkat #25, A Pink di posisi #26, Jay Park di peringkat #27, dan BTOB di posisi #29.

Daftar yang dirilis Forbes ini dengan cepat menjadi diskusi di forum online TheQoo. Netizen Korea dibuat terkejut dengan banyaknya uang yang dihasilkan bahkan dari nama-nama yang tidak terduga seperti Lim Young Woong, Sunmi hingga Bigbang.

"Melihat perbedaan antara tempat pertama dan kedua, tampaknya area yang paling banyak ditonton orang punya dampak besar pada penghasilan mereka," kata salah satu netizen. "aespa tidak punya banyak video tapi ranking mereka tinggi," sahut netizen lain.

"Aku benar-benar tidak bisa membayangkan jika BTS mengunggah MV di saluran YouTube mereka," komentar seorang netizen. "Wow, jumlah penayangan saluran BLACKPINK sangat tinggi," sambung lainnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait