Makin Eksis Jadi Sistem Pembayaran Non Tunai, Kenali Langkah Mudah Pakai QRIS Untuk Konsumen
qris.id
Tekno

QRIS makin populer di tengah masyarakat Indonesia. Sistem pembayaran cashless ini dinilai mudah dan aman. Buat kamu yang masih bingung pakai QRIS, yuk langsung simak step by stepnya artikel berikut ini.

WowKeren - Sistem pembayaran non tunai berupa QRIS Code semakin eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Sistem pembayaran ini dinilai mudah dan praktis. QRIS juga dianggap sebagai cara aman bertransaksi di tengah pandemi Covid-19.

Karena itu, banyak merchant dan para pemilik usaha menambahkan QRIS sebagai salah satu sistem pembayaran mereka. Cara dan step by step pendaftaran QRIS bagi pemilik usaha juga sudah dibagikan WowKeren di artikel sebelumnya.


Pemerintah Indonesia bahkan telah mengantongi izin agar sistem pembayaran QRIS bisa dipakai di luar negeri seperti Thailand. Meski begitu, tak sedikit masyarakat yang masih awam akan sistem pembayaran digital ini. Masyarakat yang kurang akan informasi dan keahlian teknologi biasanya belum cukup mengenal apa itu QRIS dan bagaimana menggunakannya.

Karena itu, WowKeren telah merangkum cara atau langkah mudah untuk menggunakan QRIS sebagai sistem pembayaran non tunai. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Pastikan Ponsel Anda Terhubung Dengan Jaringan Internet


Pastikan Ponsel Anda Terhubung Dengan Jaringan Internet
Pxhere

Langkah awal yang harus disiapkan konsumen adalah ponsel dan jaringan internet stabil. Pastikan ponsel Anda terhubung dengan jaringan internet. Dengan begitu Anda dapat membuka aplikasi e-wallet atau mobile banking.

Jaringan internet bisa berasal dari data seluler ponsel Anda atau wifi yang disediakan merchant. Internet yang tak stabil juga dapat menghambat sistem pembayaran dan instruksi lengkap yang dikeluarkan aplikasi PJSP.

2. Buka Aplikasi E-Wallet/M-Banking Yang Diminati


Buka Aplikasi E-Wallet/M-Banking Yang Diminati
Pxhere

Usai memastikan ponsel terhubung dengan jaringan internet, buka aplikasi e-wallet yang telah terverifikasi keamanannya. Sejumlah e-wallet yang menyediakan jasa pembayaran QRIS adalah OVO, GoPay, ShopeePay, Dana, LinkAja dan masih banyak lagi.

Konsumen juga bisa melakukan pembayaran QR Code menggunakan mobile banking alias m-banking. Beberapa bank penyedia fasilitas pembayaran ini adalah BCA, BRI, BNI dan masih banyak lagi. Bila belum memiliki sejumlah akun di atas, Anda dapat mengunduh dan mendaftarkan diri terlebih dahulu.

3. Cari Opsi Bayar Dengan QR Code Di Aplikasi E-Wallet Yang Dipilih


Cari Opsi Bayar Dengan QR Code Di Aplikasi E-Wallet Yang Dipilih
Pxhere

Usai memilih e-wallet yang diminati, cari opsi Bayar Dengan QRIS. Anda juga bisa mengklik gambar QRIS yang tertera di aplikasi. Pastikan saldo Anda mencukupi untuk membayar nominal transaksi.

Beberapa aplikasi e-wallet memberlakukan aturan pajak atau tambahan cas untuk pembayaran QRIS. Setiap Penyelenggara Jasa Sistem Keuangan (PJSP) memiliki kebijakan dan aturan yang berbeda.

4. Input Nominal Yang Harus Dibayar Atau Pindahi Scan QR Code Merchant


Input Nominal Yang Harus Dibayar Atau Pindahi Scan QR Code Merchant
Pxhere

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu menginput nominal transaksi yang harus dibayarkan. Pastikan Anda sudah menscan QR Code yang terpasang di merchant. Biasanya cara ini dipakai untuk merchant yang memberlakukan jenis QRIS Merchant's Static Presented Mode.

Konsumen juga bisa langsung memindahi scan QR Code dengan kamera ponsel. Karena itu, pastikan ponsel Anda memiliki kualitas kamera yang baik. Usai menscan QRIS merchant, nominal transaksi akan otomatis muncul di layar ponsel Anda. Jenis QRIS ini dinamakan Merchant's Dynamic Presented Mode.

5. Masukan PIN Pembayaran


Masukan PIN Pembayaran
Pxhere

Usai memindahi scan QR Code dan nominal transaksi muncul, langkah selanjutnya Anda hanya perlu memasukan PIN pembayaran. PIN pembayaran biasanya diatur atau ubah melalui aplikasi e-wallet masing-masing.

Pastikan kerahasian PIN ketika sedang bertransaksi guna terhindar dari pembobolan atau pencurian oleh oknum tak bertanggung jawab. Pastikan juga Anda mengingat dan memasukan PIN pembayaran dengan benar agak tak terjadi kegagalan dalam bertransaksi.

6. Notifikasi Pembayaran Berhasil Akan Muncul


Notifikasi Pembayaran Berhasil Akan Muncul
Pxhere

Usai melakukan instruksi pembayaran dengan benar, Anda akan menerima notifikasi atau keterangan pembayaran berhasil dilakukan. Biasanya akan muncul tanda centang berwarna hijau bila transaksi Anda berhasil dilakukan.

Sementara, munculnya tanda silang berwarna merah menandakan bahwa pembayaran Anda gagal. Bila ditemui kondisi demikian, cek ulang jaringan internet Anda dan ulang kembali proses pembayaran dengan memastikan PIN pembayaran tak salah.

7. Tunjukan Bukti Pembayaran Pada Kasir


Tunjukan Bukti Pembayaran Pada Kasir
publicdomainpictures.net

Langkah terakhir, tunjukan bukti pembayaran Anda berhasil kepada pihak kasir. Dengan begitu, kasir akan melakukan cek ulang dan memberi kostumernya setruk sebagai tanda bahwa proses transaksi berhasil.

Perlu diingat, beberapa aplikasi e-wallet atau PJSP menawarkan beragam keuntungan seperti voucher diskon, cashback dan promo menarik lainnya. Pastikan Anda mempelajari dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, itu dia langkah mudah melakukan transaksi dengan QRIS. Semoga informasi di atas dapat berguna bagi sobat WowKeren yang masih bingung untuk melakukan pembayaran secara cashless atau non tunai. Terus nantikan artikel menarik lain dari kami ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait