Turis Asing Bisa Pakai, Simak Cara Pendaftaran QRIS Untuk Pemilik Usaha
https://qris.id/homepage/
Tekno

Pembayaran non tunai atau QRIS kian populer di masyarakat Indonesia. Jutaan merchat dan pemilik usaha pun sudah bergabung dengan QRIS. Buat Anda yang masih bingung soal pendaftaran QRIS, yuk simak langkah-langkahnya di ulasan berikut ini.

WowKeren - QRIS adalah sistem transaksi pembayaran non tunai yang tengah populer di Indonesia. Meski begitu, banyak yang belum paham tentang QRIS. WowKeren pun telah merangkum apa itu QRIS dan berbagai jenisnya di artikel sebelumnya.

Popularitas QRIS dibuktikan dengan munculnya aturan baru yang menyebut sistem pembayaran non tunai ini bisa dipakai di luar negeri seperti Thailand. Sistem pembayaran ini nantinya juga bisa diakses oleh turis asing yang berkunjung ke Indonesia.


Karena itu, QRIS diharapkan dapat membantu meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia. Jutaan merchant, pemilik usaha dan penyedia jasa bahkan telah beralih ke QRIS sebagai salah satu sistem pembayaran. Sayang, beberapa pedagang khususnya UMKM masih bingung dengan cara pendaftaran QRIS.

Tak perlu bingung, WowKeren talah mengulas cara pendaftaran QRIS untuk para pedagang dan pemilik usaha. Prosedur dan ketentuan yang diulas sesuai dengan aturan website resmi qris.id. Yuk langsung simak seperti apa prosedurnya dalam ulasan di bawah ini.

(wk/Sisi)

1. Kunjungi Website QRIS


Kunjungi Website QRIS
https://qris.id/homepage/

Langkah awal yang harus dilakukan para pemilik modal usaha yang hendak mendaftarkan QRIS adalah mengakses website resmi www.qris.id. Simak dengan benar syarat serta ketentuan dan segala informasi seputar QRIS yang telah tercantum dalam website tersebut.

Siapkan persyaratan serta dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu agar memudahkan proses pendaftaran. Pastikan juga Anda menerima syarat dan aturan yang diberlakukan pihak penyedia QRIS.

2. Lakukan Pendaftaran


Lakukan Pendaftaran
https://m.qris.id/

Bila sudah memahami segala informasi seputar QRIS, langkah selanjutnya adalah mengklik kolom Daftar QRIS atau Anda dapat mengakses www.qris.id/register. Usai masuk ke kolom register, pilih jenis bisnis sesuai dengan usaha yang tengah Anda jalankan. Kemudian, isi serangkaian form yang diminta oleh website tersebut.

Pastikan Anda mengisi form dengan benar dan sesuai data yang sebenar-benarnya. Ikuti arahan dan perintah yang tercantum dalam website QRIS. Seperti KTP harus asli, hasil foto terang serta aturan lain agar tak menyebabkan penolakan registrasi.

3. Proses Pembayaran QRIS


Proses Pembayaran QRIS
https://m.qris.id/

Setelah selesai melakukan pengisian form, maka pendaftar akan diarahkan untuk melakukan pembayaran QRIS. Nantinya, Anda akan diberi pilihan untuk membayar melalui sejumlah e-wellet seperti GoPay, Ovo, LinkAja, ShopeePay dan masih banyak lagi.

Bayar sesuai dengan nominal yang telah ditentukan. Usai melakukan pembayaran, pendaftar biasanya mendapat notifikasi pembayaran berhasil. Sedangkan, bagi pendaftar yang belum melakukan pembayaran, proses registrasi akan dipending maksimal 14 hari sebelum data hilang.

4. Mendapat Notifikasi Registrasi


Mendapat Notifikasi Registrasi
Unsplash/Sara Kurfeß

Usai pembayaran terverifikasi, Anda akan mendapatkan username dan password. Username dan password itu akan dikirimkan melalui email atau WhatsApp yang sebelumnya telah Anda catumkan di form pendaftaran. Kemudian, gunakan username dan password tersebut untuk login di halaman Dashboard.

Pastikan username dan password yang Anda cantumkan benar agak tak terjadi kesalahan data. Bila di tengah proses registrasi mengalami kendala, Anda dapat segera melaporkan masalah pada customer service (CS) yang bertugas.

5. Upload File Dokumen Yang Diminta


Upload File Dokumen Yang Diminta
Unsplash/Markus Spiske

Usai berhasil login, Anda akan diminta untuk melengkapi persyaratan administrasi. Anda akan diminta untuk mengupload bukti dokumen fisik dan data pribadi lainnya. Proses ini dilakukan pendaftar secara mandiri. Pastikan dokumen yang Anda upload benar dan terbukti keasliannya.

Usai proses upload dokumen sukses, pendaftaran Anda akan diproses guna mendapatkan NMID. Bila data atau dokumen Anda mengalami kendala maka verifikator akan menginfokan kepada pendaftar melalui email atau WhatsApp dalam kurun waktu 1x24 jam.

6. Mendapat Notifikasi Hasil Kelengkapan File


Mendapat Notifikasi Hasil Kelengkapan File
Unsplash/Brett Jordan

Usai serangkaian registrasi dilakukan, Anda hanya perlu menanti pendaftaran diproses. Biasanya, Anda akan diminta menanti dalam waktu maksimal 7 hari kerja. Anda akan menerima notifikasi apakah data yang terlampir sudah benar, lengkap atau ada kekurangan.

Jika terdapat data yang salah maupun kurang, pendaftar diwajibkan untuk merevisi atau melengkapinya. Karena itu, pendaftar wajib memantau website, email dan WhatsApp secara berkala agar tak tertinggal informasi penting.

7. QRIS Bisa Segera Dipakai


QRIS Bisa Segera Dipakai
https://qris.id/

Usai pendaftaran dinyatakan berhasil, Anda akan mendapat QRIS Code yang nantinya digunakan konsumen untuk melakukan proses pembayaran. Merchant atau penjual nantinya dapat langsung mencetak QRIS secara mandiri dan menaruhnya di tempat usaha.

QRIS yang sudah terdaftar dapat segera dipakai untuk bertransaksi. Jangan lupa, Anda dapat memonitoring segala transaksi yang masuk melalui akun QRIS Anda. Selamat mencoba! Semoga berhasil.

Itu dia, cara pendaftaran QRIS bagi merchant atau pedagang yang ingin melakukan transaksi non tunai. Semoga artikel di atas dapat membantu menjawab kebingungan sobat WowKeren tentang pendaftaran QRIS ya. Terus nantikan artikel seputar QRIS selanjutnya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait