Jokowi Sangat Berduka Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II
Nasional

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II pernah menunjukkan simpatinya atas bencana yang terjadi di Indonesia. Kala bencana gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah pada tahun 2018 lalu, Ratu Elizabeth menyampaikan pesan dukungan untuk Jokowi.

WowKeren - Kerajaan Inggris tengah berduka dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9) waktu setempat. Presiden Joko Widodo lantas turut menyampaikan belasungkawanya atas kepergian pemimpin monarki Inggris terlama tersebut.

Melalui akun media sosial resminya, Jokowi menyatakan dirinya turut berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth. Jokowi juga menyampaikan simpati terdalam kepada keluarga kerajaan, hingga rakyat Inggris.

"Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai. Simpati terdalam dan belasungkawa saya yang tulus kepada Keluarga Kerajaan, pemerintah, dan rakyat Inggris," tulis Jokowi dalam bahasa Inggris pada Jumat (9/9).

Jokowi Sangat Berduka Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Twitter/@jokowi


Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth pernah menunjukkan simpatinya atas bencana yang terjadi di Indonesia. Kala bencana gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah pada tahun 2018 lalu, Ratu Elizabeth menyampaikan pesan dukungan untuk Jokowi.

"Saya sangat berduka saat mendengar gempa dan tsunami yang dahsyat di Sulawesi pada akhir pekan minggu lalu, terlebih peristiwa ini terjadi sangat dekat dengan gempa yang terjadi di Lombok," demikian pernyataan Ratu Elizabeth kala itu.

"Pangeran Philip dan saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada mereka yang terdampak bencana dan para keluarga mereka - Elizabeth R," tambahnya.

Selain menyampaikan belasungkawa, Ratu Elizabeth juga dilaporkan sempat memberikan bantuan secara pribadi kepada korban bencana tersebut. Ratu Elizabeth menyerahkan donasi tersebut ke Komite Bencana Darurat (DEC). Meski tak disebutkan berapa jumlah pastinya, penggalangan dana yang dilakukan DEC dilaporkan mengalami kenaikan hingga 6 juta poundsterling atau setara Rp 119,4 miliar dalam sehari.

Di sisi lain, Ratu Elizabeth II telah bergumul dengan masalah kesehatan menjelang kepergiannya. Elizabeth II, yang merupakan raja terlama di Inggris yang pernah berkuasa, telah dirundung masalah kesehatan sejak Oktober lalu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait