Kerajaan Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia ke-96
Dunia
Queen Elizabeth II Meninggal

Sebagai putra Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles telah memberikan pernyataan resminya melalui situs resmi istana. Tidak hanya pihak istana, kesedihan mendalam juga dirasakan oleh masyarakat Inggris.

WowKeren - Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9) waktu setempat. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh pihak Istana Buckhingham. Lewat unggahan akun Twitter The Royal Family, diketahui bahwa Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II memang dikabarkan menurun. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit dan berada di bawah pengawasan medis.

"Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu Elizabeth II mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia," ungkap pihak istana melalui situs resminya. "Mereka merekomendasikan beliau untuk tetap berada di bawah pengawasan medis."

Putra Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, kini telah melakukan perjalanan ke Balmoral ditemani oleh sang istri. Selain itu, Pangeran William yang merupakan cucu Ratu Elizabeth II juga menuju ke sana.

Dalam pernyataannya, Pangeran Charles mengaku telah kehilangan sang ibunda.


"Kepergian ibu tercintaku, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagiku dan semua anggota keluarga," ungkap Charles dalam pernyataan resminya. "Kami sangat berduka cita atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi sekaligus seorang ibu yang kami cintai."

Diakui Charles, kepergian Ratu Elizabeth II tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Inggris Raya, tapi seluruh dunia.

"Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri dan oleh banyak orang di seluruh dunia," tambah Charles. "Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga akan dihibur dan dikuatkan oleh rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam yang pernah diberikan oleh mendiang Ratu."

Kepergian Ratu Elizabeth II tentu membuat pihak kerajaan dan warga Inggris berduka. Lautan manusia pun mulai terlihat memadati sekitaran Istana Buckhingham.

Para pemimpin dan pejabat dari berbagai negara pun turut berduka cita. Tagar QueenElizabeth bahkan menjadi trending topik di lini masa Twitter. Selama 70 tahun memimpin kerajaan, Ratu Elizabeth II dikenal sebagai sosok yang tegas namun tetap hangat.

Sementara itu, detail pemakaman Ratu Elizabeth II hingga kini masih belum diketahui pasti.

(wk/diah)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait