Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Naik Tahta Jadi Raja Inggris
Instagram/clarencehouse
Dunia
Queen Elizabeth II Meninggal

Usai kepergian Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles menjadi pewaris tertua sekaligus terlama dalam sejarah Inggris. Pasalnya, ia akan naik tahta menjadi raja baru di usianya yang ke-73.

WowKeren - Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (8/9) waktu setempat. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh pihak Istana Buckhingham. Ratu Elizabeth meninggal dunia di Balmoral, Skotlandia, di usianya yang ke-96.

Sebelumnya, kondisi Ratu Elizabeth II memang dikabarkan menurun. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit dan berada di bawah pengawasan medis. Lantas, siapakah penerus tahta kerajaan Inggris?

Sebagai putra Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles tentu akan naik tahta. Hal ini bahkan telah disuratkan secara langsung oleh situs resmi kerajaan. Raja baru Inggris ini akan dikenal sebagai Raja Charles III.

Untuk pertama kalinya sejak menjadi raja Inggris, Charles pun telah memberikan pernyataan resminya. Dalam pernyataannya, Charles mengungkapkan rasa duka mendalam atas kepergian sang ibunda.

"Kepergian ibu tercintaku, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagiku dan semua anggota keluarga," ungkap Charles dalam pernyataan resminya. "Kami sangat berduka cita atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi sekaligus seorang ibu yang kami cintai."

"Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri dan oleh banyak orang di seluruh dunia," tambah Charles. "Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga akan dihibur dan dikuatkan oleh rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam yang pernah diberikan oleh mendiang Ratu."


Pernyataan Resmi Raja Charles III

Twitter

Charles menjadi pewaris tertua sekaligus terlama dalam sejarah Inggris. Pasalnya, ia akan naik tahta di usianya yang ke-73. Charles sendiri diketahui mengambil peran dalam kerajaan saat ia berusia tiga tahun ketika ibunya menjadi ratu pada tahun 1952 silam.

Namun sebelum naik tahta menjadi raja baru, Charles tentu masih harus menjalani sejumlah tradisi kerajaan Inggris. Perubahan gelar juga tidak hanya dirasakan oleh Charles.

Ketika Charles menjadi raja, putra sulungnya yakni Pangeran William pun tidak serta merta menyandang gelar Prince of Wales secara langsung. Melainkan gelar ini akan dianugerahkan oleh Charles kelak.

William tentu akan mewarisi gelar Duke of Cornwall selain gelar Duke of Cambridge yang dimilikinya saat ini. Begitu pula dengan sang istri, Kate Middleton. Hal yang sama juga berlaku untuk istri baru Charles, Camila, yang akan menyandang gelar sebagai Queen Consort.

Kabarnya, penganugerahan Charles akan segera digelar di Istana St James pada Sabtu (10/9) mendatang. Penganugerahan ini dilakukan di hadapan para Dewan Kenaikan atau Accession Council, sebuah badan seremonial di sana.

(wk/diah)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait