Cara Masyarakat Pribumi Mengolah Teh
Pexels/Reynaldo Yodia
SerbaSerbi

Komplain pelanggan Es Teh Indonesia menarik perhatian karena berujung pada somasi yang dilayangkan pihak manajemen. Sehubungan dengan hal ini, WowKeren akan menghadirkan asal usul es teh yang menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia.

WowKeren - Daun teh menjadi salah satu komoditi ekspor yang menguntungkan bagi pemerintah kolonial Belanda. Karena itulah masyarakat pribumi hanya bisa membuat teh dari sisa batang yang sudah menjadi sampah.

Meski demikian, masyarakat di wilayah Jawa Barat tak kehabisan akal untuk menikmati teh. Mereka mengekstrak batang teh dan menyeduhnya dengan air sehingga tak perlu beli.

Untuk ini, Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito menjelaskan, "Jadi, kita itu selalu diperlakukan seperti itu. Meski terbuat hanya dari sisa batang teh yang sudah menjadi sampah, masyarakat Sunda bisa menikmatinya dengan baik. Mereka tak perlu beli, jadi air teh atau dalam bahasa Sunda cai teh itu diberikan secara percuma."

Masyarakat di wilayah Jawa Barat akhirnya terdidik untuk minum teh. Dan konon, hal itulah yang membuat pemilik restoran Sunda kerap menyajikan teh tawar secara cuma-cuma alias gratis.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru