Kelahiran Es Teh Manis dan Proses Masuk ke Indonesia
Pexels/Jill Wellington
SerbaSerbi

Komplain pelanggan Es Teh Indonesia menarik perhatian karena berujung pada somasi yang dilayangkan pihak manajemen. Sehubungan dengan hal ini, WowKeren akan menghadirkan asal usul es teh yang menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia.

WowKeren - Es teh manis tercipta pada tahun 1879. Pada saat itu, seorang pekerja rumah tangga dari Old Virginia yang bernama Marion Cabell Tyree menerbitkan resep penyajian teh yang cukup unik.

Resep kuno Marion berbunyi, "Isi gelas dengan es, masukkan dua sendok gula pasir dan tuangkan teh di atas es dan gula." Resep tersebut sukses besar dan es teh menjadi sangat populer di Amerika maupun negara yang lain. Lantas, bagaimana minuman ini bisa masuk ke Indonesia?

Menurut Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito selaku Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, es teh manis mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Kepada Kumparan, Murdijati Gardjito mengatakan bahwa pada tahun 1600-an Belanda membawa tanaman teh ke Batavia melalui Pantai Sukabumi.

Tanaman tersebut kemudian dibudidayakan di wilayah Jawa Barat karena dinilai cocok untuk perkebunan teh. Setelah itu, perkebunan teh mulai berkembang di berbagai wilayah Indonesia seperti di Sumatera, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

"Karena mereka mengembangkan teh secara ekstensif di Jawa Barat, maka sebetulnya yang lebih dulu secara ekstensif minum teh di Indonesia itu, ya orang Jawa Barat, yang akhirnya menyebar ke Sumatera, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," ujar Murdijati Gardjito sebagaimana dilansir dari Kumparan, Selasa (27/9).

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait