Era Penting Lahirnya Es Teh Manis di Indonesia
Pexels/Quang Nguyen Vinh
SerbaSerbi

Komplain pelanggan Es Teh Indonesia menarik perhatian karena berujung pada somasi yang dilayangkan pihak manajemen. Sehubungan dengan hal ini, WowKeren akan menghadirkan asal usul es teh yang menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia.

WowKeren - Perkembangan perkebunan tebu dan pabrik gula menjadi titik penting lahirnya es teh manis di Indonesia. Karena sebelumnya masyarakat pribumi terbiasa menikmati sajian teh tawar tanpa pemanis.

Dalam periode yang sama, masyarakat Jawa Tengah mengolah teh menjadi sajian teh hijau yang tidak membutuhkan proses fermentasi. Mereka juga begitu kreatif karena memadukan teh dengan bunga melati dan juga gula pasir.

"Karena di Jawa Tengah pabrik gula banyak sekali, maka masyarakatnya lebih mudah jangkauannya untuk mengkonsumsi gula pasir daripada daerah lain. Termasuk untuk minum, sehingga timbullah kombinasi ekstrak teh wangi dengan gula pasir sebagai minuman di Jawa Tengah dan Jawa Timur," papar Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito.

Yang perlu digarisbawahi adalah nenek moyang kita lebih dulu mengenal gula kelapa dan gula aren. Meski demikian, kedua jenis gula tersebut lebih sulit didapat jika dibandingkan dengan gula pasir. Itulah kenapa perkembangan perkebunan tebu dan pabrik gula kerap diduga sebagai awal lahirnya teh manis di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, proses pengolahan es teh manis di Indonesia menjadi semakin beragam. Kini racikan teh tradisional sering dikombinasikan dengan varian minuman modern, seperti yang dihadirkan oleh Es Teh Indonesia.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru