Kriss Hatta Dapat Peringatan Tegas dari KPAI Usai Blak-Blakan Pacari Anak di Bawah Umur
Instagram/krisshatta07
Selebriti

Kriss Hatta menjadi sorotan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) setelah pengakuannya berpacaran dengan anak berusia 14 tahun. Status Kriss sebagai public figure, dinilai tak memberikan contoh yang baik masyarakat.

WowKeren - Kriss Hatta belum lama ini blak-blakan mengaku tengah pacaran dengan pesinetron berusia 14 tahun. Walau kekasihnya masih di bawah umur, Kriss Hatta sudah ada niat untuk menikahinya.

"Tapi nyaman kok sama anak usia beda 20 tahun, kayaknya lebih sabar ngehadapi aku yang lebih dominan," kata Kriss Hatta saat ditemui di kawasan Jakarta pada Sabtu (24/9) lalu.

Pengakuan mengeutkan dari Kriss Hatta tersebut mendapat perhatian dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Bahkan KPAI mengecam aktor 34 tahun ini karena pacaran dengan anak di bawah umur walau sudah dapat restu dari orang tua anak tersebut.

"Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang telah memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia," tulis Retno Listyarti, Komisioner KPAI dalam sebuah siaran pers pada Rabu (28/9), seperti dilansir dari InsertLive.


Selain itu KPAI menganggap mantan pasangan Hilda Vitria ini menglorifikasi pernikahan usia anak yang tidak selaras dengan upaya pemerintah dalam menurunkan angka perkawinan anak. KPAI tentunya menyayangkan sikap Kriss Hatta tersebut mengingat statusnya sebagai public figure.

"Publik figur harusnya mendukung program pemerintah yg berdampak baik bagi bangsa ini," sambung Retno Listyarti. "Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-hak nya untuk tumbuh kembang secara optimal."

Lebih lanjut KPAI menjelaskan bahwa usia anak 13-15 tahun sedang berada pada masa peralihan dari anak-anak menuju remaja. Pada masa itu akan terjadi perubahan besar baik secara fisik maupun psikis anak. KPAI pun menyayangkan orang tua anak tersebut yang merestui hubungannya dengan Kriss Hatta.

"Jadi seharusnya orangtua mendukung ananda yang berusia 14 tahun ini untuk menggali potensinya, mendukung bakatnya, menfasilitasi kesempatan berkarir dan berkarya di masa muda, bukan malah mengijinkan untuk menikah muda karena berpacaran dengan laki-laki yang jauh lebih tua darinya," papar Retno Listyarti.

"Saya mendorong media massa untuk memgedukasi masyarakat dengan tidak melakukan glorifikasi kisah cinta kriss Hatta dengan anak usia 14 tahun," pungkas Retno Listyarti.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru