Digelar Setelah Pandemi COVID-19, Berikut 8 Fakta Menarik We The Fest 2022
Instagram/we.the.fest
Musik

We The Fest 2022, acara festival musik tahunan telah secara sukses digelar secara meriah di Jakarta. Acara ini disambut antusias oleh penonton mengingat sebelumnya sempat vakum.

WowKeren - Acara festival musik We The Fest 2022 telah sukses digelar tahun ini. We The Fest 2022 berlangsung selama tiga hari akhir pekan mulai dari Jumat hingga Minggu, tepatnya tanggal 23 hingga 25 September 2022. Gelaran itu berlangsung di GBK Sports Complex Senayan, Jakarta Pusat.

We The Fest sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ismaya Live. We The Fest terakhir kali digelar secara offline pada tahun 2019 di Jakarta International Expo. Oleh sebab itu, tak ayal jika untuk gelaran kali ini penonton sangat antusias menyambutnya. Seperti gelaran tahun-tahun sebelumnya, We The Fest 2022 juga menghadirkan empat panggung yang bisa dikunjungi oleh penonton.


Keempat panggung itu adalah We The Fest Stage yang merupakan panggung utama, Cabana Banana, WTF Park Stage, dan Another Stage. Sebelum digelar, pihak penyelenggara telah merilis berbagai pengumuman terkait acara ini melalui akun Instagram, termasuk mengenai daftar musikus yang akan memeriahkan acara ini dan juga harga tiketnya.

Bahkan panduan untuk sejumlah larangan bagi penonton yang hadir juga sudah diumumkan secara jelas lewat akun media sosial mereka. Tak hanya itu, acara ini juga menggandeng sejumlah merek ternama untuk menjadi sponsornya, baik merek lokal maupun internasional.

Ada banyak fakta menarik terkait gelaran We The Fest. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak para pembaca untuk mengetahui fakta menarik apa saja dari gelaran festival tahunan tersebut. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Sempat Vakum Selama Pandemi


Sempat Vakum Selama Pandemi
Instagram/we.the.fest

Pandemi COVID-19 yang menyebar sejak sekitar akhir 2019 - awal 2020 hingga 2022 telah melumpuhkan banyak sektor tak terkecuali industri musik. Hal tersebut membuat banyak kegiatan dilakukan secara daring, tak terkecuali acara-acara musik. Gelaran We The Fest sendiri juga sempat vakum selama pandemi dan digelar secara virtual pada 26-27 September 2020.

Hingga kabar gembira datang bagi pecinta musik bahwa tahun ini We The Fest kembali digelar secara offline. Pihak penyelenggara, Ismaya Live, turut menggandeng komunitas pecinta alam untuk memastikan bahwa konser kali ini tetap mementingkan pesan zero waste. "Jadi mengajak pengunjung We The Fest memilah sampah juga," ujar Sarah Deshita selaku brand consultant.

2. Digelar Tahunan di Jakarta Sejak 2014


Digelar Tahunan di Jakarta Sejak 2014
Instagram/we.the.fest

We The Fest merupakan acara festival yang digelar secara tahunan. Acara ini pertama kali memulai debutnya pada tahun 2014 lalu di Jakarta. Acara ini pada umumnya digelar pada akhir pekan pertengahan hingga Agustus. Namun untuk gelaran tahun 2018 dan 2019 acara ini digelar pada Juli. Sedangkan pada 2020 dan tahun ini, We The Fest digelar pada bulan September.

Jumlah penonton yang menghadiri acara ini juga terus bertambah. Pada tahun 2016, acara ini dihadiri hingga 26 ribu penonton di Parkir Timur Senayan Jakarta Selatan. Lalu pada tahun 2017 jumlahnya naik menembus 50 ribu penonton di Jakarta International Expo Jakarta Utara.

3. Lebih dari Sekadar Festival Musik


Lebih dari Sekadar Festival Musik
Instagram/we.the.fest

Meski disebut-sebut sebagai festival musik, namun We The Fest 2022 sendiri pada dasarnya lebih dari itu. Gelaran meriah ini juga mencakup festival seni hingga kuliner. Dalam informasi yang tertulis di situs resminya, We The Fest 2022 merupakan festival musim panas tahunan yang mencakup musik, kesenian, fashion, dan kuliner.

Selama bertahun-tahun digelar, We The Fest telah menghadirkan sejumlah musisi ternama kelas dunia. Bahkan gelaran ini pernah mendatangkan penyanyi kelas atas seperti Lorde pada tahun 2018, Dua Lipa pada gelaran tahun 2017, hingga Ellie Goulding pada tahun 2014 ketika acara itu pertama kali memulai debutnya.

4. Dimeriahkan oleh Musisi Lokal dan Internasional


Dimeriahkan oleh Musisi Lokal dan Internasional
Instagram/we.the.fest

Tak hanya pemusik Tanah Air, gelaran We The Fest 2022 juga mengundang para musikus internasional. Line-up hari pertama selain dimeriahkan oleh Afgan, juga ada Jackson Wang, Bag Raiders, Beeabadoobee, Lyodra, hingga Ardhito Pramono. Ada juga Danilla, Petra Sihombing, hingga Teddy Adhitya.

Hari kedua dilanjutkan dengan penampilan yang tak kalah seru dari sejumlah musikus termasuk Isyana Sarasvati, R3hab, Surf Mesa, Tulus, Vidi Aldiano, Hindia, Hondo, Hursa, Perunggu, Rendy Pandugo, dan Zack Tabudlo. Sedangkan untuk penampilan di hari penutupan pada Minggu, beberapa di antaranya termasuk dari Dewa 19 ft Ello, Swae Lee, Maliq & D' Essentials, Oslo Ibrahim, Scaller, dan The Adams.

5. Berlangsung Meriah Selama Tiga Hari


Berlangsung Meriah Selama Tiga Hari
Instagram/we.the.fest

We The Fest yang digelar selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu di akhir pekan berlangsung dengan sangat meriah. Kemeriahan itu tak lepas dari deretan musikus yang bersemangat menghibur penonton. Penonton pun juga antusias melihat para musikus yang tampil.

Hal itu terbukti ketika gelaran hari pertama yang sempat diguyur hujan deras. Meski begitu, hal itu tak menyurutkan niat penonton yang hadir. Mereka masih setia menunggu para musikus idola mereka tampil di atas panggung, dengan Afgan menjadi salah satu pengisi line up di hari pertama. "Sudah 2 tahun kita gak kayak gini, seneng banget bisa di depan temen semua walaupun hujan tetep pada nunggu. I love you guys," ujar Afgan kepada penonton.

6. Jadi 'Wishlist' Lyodra untuk Manggung


Jadi 'Wishlist' Lyodra untuk Manggung
Instagram/lyodraofficial

Lyodra Ginting menjadi salah satu musikus Tanah Air yang tak ketinggalan memeriahkan We The Fest 2022. Penampilannya menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu dalam acara itu. Lyodra yang merupakan jebolan Indonesian Idol itu rupanya sudah lama ingin tampil di panggung We The Fest. Dengan kata lain, tampil di gelaran acara tersebut adalah wishlist-nya selama berkarier di Tanah Air.

Dia pun mengucapkan terima kasih atas kesempatan itu. "Aku mau cerita sedikit, ini salah satu wishlist aku, pengin banget tampil di We The Fest and here i am. We The Fest thanks for having me, terimakasih yang udah datang main ke sini," katanya antusias.

7. Swae Lee Tampil Enerjik Hibur Penonton di Hari Ketiga


Swae Lee Tampil Enerjik Hibur Penonton di Hari Ketiga
Instagram/we.the.fest

Acara We The Fest 2022 yang berlangsung selama tiga hari akhirnya ditutup secara meriah oleh penampilan Swae Lee. Swae Lee, rapper asli California itu tampil meledak-ledak menghibur penonton yang hadir. Beberapa lagu yang dibawakannya termasuk "No Type", "Come Get Her", dan "Blase".

Namun, sempat ada kejadian yang menjadi sorotan selama penampilan Swae Lee. Itu terjadi ketika ada seorang penonton yang diduga melontarkan ujaran kebencian kepada rapper tersebut. Meski musik sempat dihentikan, namun Swae Lee akhirnya melanjutkan untuk menghibur para penonton yang sudah hadir.

8. Digelar Bersamaan dengan Pestapora


Digelar Bersamaan dengan Pestapora
Instagram/pestapora

We The Fest 2022 digelar selama tiga hari dari tanggal 23 hingga 25 September. Di waktu yang sama, acara besar lainnya juga digelar, Pestapora. Dua acara festival ini sama-sama dipromotori oleh dua nama besar. Sama dengan We The Fest, Pestapora yang digelar di Gambir Expo Kemayoran juga dimeriahkan oleh deretan artis Tanah Air termasuk Marion Jola dan Tulus.

Berbeda dengan We The Fest yang telah digelar tahunan sejak 2014, Pestapora 2022 adalah yang pertama kalinya. Selain menghadirkan penyanyi solo, Pestapora juga menampilkan band-band populer seperti Efek Rumah Kaca, The Sigit, hingga The Panturas.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait