Jangan Sampai Tertipu, Kenali 7 Ciri Pasangan Tengah Berselingkuh
Pxhere
SerbaSerbi

Kasus perselingkuhan kerap terjadi dalam pernikahan pasangan muda maupun mereka yang telah berumah tangga cukup lama. Kenali 7 ciri berikut guna mengenali pasangan Anda tengah berselingkuh.

WowKeren - Kasus perselingkuhan akhir-akhir ini kerap menghantui rumah tangga pasangan selebriti. Munculnya orang ketiga tak hanya memicu perpisahan, tetapi juga tindakan-tindakan nekat seperti KDRT atau membawa lari harta pasangan demi bahagia bersama orang lain.

Sejauh ini, perselingkuhan selalu dilakukan secara diam-diam. Sulit bagi seseorang mengenali pasangan mereka tengah berselingkuh jika tak ada perubahan signifikan. Apalagi, saat ini begitu banyak oknum dengan mudahnya menutupi jejak perselingkuhan mereka. Pakar hubungan Marie Murphy membenarkan pandangan demikian.


"Tak ada perselingkuhan yang tak ditutupi kecuali Anda menangkap basah pasangan Anda atau mereka mengakui apa yang terjadi. Sulit untuk menyadari bahwa pasangan Anda selingkuh sampai perubahan terlihat sangat jelas. Dan beberapa pasangan sangat pandai menutupi jejak perselingkuhan mereka," kata Marie.

Beberapa faktor pemicu terjadinya perselingkuhan juga sudah sempat dibahas WowKeren di artikel sebelumnya. Namun, apapun alasannya perselingkuhan tak patut dibenarkan. Karena itu, WowKeren telah merangkum 7 ciri pasangan yang tengah berselingkuh. Bila pasangan menunjukkan 7 indikasi berikut, maka Anda patut untuk waspada!

(wk/Sisi)

1. Komunikasi Mulai Bermasalah


Komunikasi Mulai Bermasalah
Pexels/Alex Green

Hal yang paling penting dalam hubungan adalah komunikasi. Bila komunikasi Anda dengan pasangan dirasa mulai memburuk, maka Anda patut curiga akan hadirnya orang ketiga. Psikiater Carly Snyder, MD menyampaikan pandangan demikian.

"Putusnya komunikasi tidak pernah menjadi pertanda positif. Jika Anda tidak bisa membuat pasangan Anda berkomunikasi atau bahkan bertengkar dengan Anda atau kata-kata 'Aku mencintaimu' tidak lagi diucapkan, Anda patut mencurigai adanya perselingkuhan," ujar Carly.

2. Perubahan Penampilan & Hobi


Perubahan Penampilan & Hobi
Pexels/Andrea Piacquadio

Ciri lain pasangan berselingkuh adalah perubahan penampilan dan gaya hidup secara tiba-tiba. Anda patut curiga bila pasangan mendadak berdandan atau berpenampilan menarik, apalagi bila sebelumnya mereka jarang melakukan kebiasaan tersebut. Carly Snyder mengatakan perubahan itu menunjukkan adanya indikasi perselingkuhan.

"Penampilan baik atau menekuni hobi tertentu memang hal yang positif. Namun, perubahan hal yang dilakukan secara tiba-tiba perlu dicurigai. Seperti, pasangan Anda tiba-tiba berpakaian lebih bagus atau menarik atau menekuni hobi yang bertolak belakang dengan minat bakatnya," beber Carly.

3. Muncul Kebohongan


Muncul Kebohongan
Unsplash/Jay Kettle-Williams

Kebohongan atau ketidakjujuran dalam hubungan adalah masalah yang cukup krusial. Pasangan yang jujur dan setia cenderung tak akan menyembunyikan hal sekecil apapun dari pasangan. Bila Anda menemukan kebohongan yang terus menerus dilakukan oleh pasangan, maka Anda patut curiga. Psikolog Ellen Kenner, Ph.D menyetujui hal itu.

"Ketidakjujuran dalam pernikahan adalah tanda bahaya. Kebohongan dan ketidakjujuran menunjukkan bahwa pasangan Anda mungkin selingkuh. Mereka tidak ingin pergi ke suatu tempat atau melakukan sesuatu dengan Anda lagi atau berbohong kepada Anda tentang berbagai hal," papar Ellen.

4. Perubahan Sikap


Perubahan Sikap
Pexels/cottonbro

Perubahan sikap pasangan secara tiba-tiba juga bisa menjadi pertanda bahwa pasangan Anda tengah berkhianat. Apalagi jika perlakuan mereka pada Anda mulai kasar, tak perhatian bahkan hilangnya rasa hormat dan cinta. Pandangan itu dibenarkan oleh konselor hubungan Bonnie Scott.

"Munculnya perubahan perilaku seperti sering bekerja lembur, sering makan di luar, fokus dengan ponsel atau merahasiakan password handphone. Mungkin adanya perubahan dalam hubungan emosional, mulai muncul jarak dan kurang dihormati bisa menjadi ciri pasangan Anda tengah berkhianat," papar Bonnie.

5. Mulai Abai


Mulai Abai
Pexels/Keira Burton

Perubahan kecil seperti mulai abai akan tanggung jawab atau melupakan hari-hari penting dalam hubungan mengisyaratkan jika pasangan mulai tak peduli dengan Anda. Kondisi ini terjadi bila pasangan sibuk bahagia atau memberi perhatian pada orang lain. Pakar hubungan Lauren Peacock mengatakan pendapat tersebut.

"Ketika pasangan Anda menunjukkan sikap apatis atau tak lagi peduli pada hal-hal yang dulu mereka kerap lakukan, perubahan ini mungkin merupakan indikasi perselingkuhan. Misal, pasangan Anda tak lagi menunjukkan kecemburuan. Pasangan Anda acuh pada acara keluarga seperti ulang tahun atau hari penting lainnya," kata Lauren.

6. Muncul Pengeluaran Atau Transaksi Tak Terduga


Muncul Pengeluaran Atau Transaksi Tak Terduga
Pexels/Mikhail Nilov

Perselingkuhan tak hanya bermodalkan suka sama suka. Pasangan yang berselingkuh harus rela merogoh kocek lebih demi memenuhi hasrat mereka. Anda patut curiga bila pasangan tiba-tiba memiliki transaksi dalam jumlah besar, terutama jika Anda tak dilibatkan sebelumnya. Bonnie Scott menyampaikan hal demikian.

"Tanda-tandanya finansial juga bisa dilihat mungkin pasangan sering menggunakan uang tunai, atau muncul pengeluaran tak terduga. Bisa juga keengganan untuk melakukan pembelian sesuatu secara bersama atau tanggung jawab pembiayaan yang mulai abai seperti uang sewa rumah atau biaya sekolah anak," jelas Bonnie.

7. Menghindari Bermesraan Di Depan Umum


Menghindari Bermesraan Di Depan Umum
Pexels/Maksim Goncharenok

Patut dicurigai bila pasangan Anda menolak mengumbar kemesraan di depan publik. Seperti, menolak berpegangan tangan di depan umum atau enggan membagikan foto mesra di laman media sosial mereka.

Bila pasangan Anda memiliki ciri tersebut, kemungkinan mereka tengah berusaha menjaga hati dan perasaan orang lain. Mereka akan berusaha sebisa mungkin agar tak terlihat sudah berkomitmen demi bisa menjalin hubungan dengan orang lain.

Nah, itu dia 7 ciri yang mengindikasi terjadinya perselingkuhan. Semoga, hubungan atau pernikahan sobat WowKeren selalu terhindar akan hadirnya orang ketiga ya. Terus nantikan artikel menarik lainnya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait