Sebisa Mungkin Dihindari, Berikut Tips Jitu Agar Hubungan Terhindar Dari Perselingkuhan
Pxhere
SerbaSerbi

Perselingkuhan menjadi alasan terbesar hubungan seseorang hancur berantakan. Yuk, simak 7 tips berikut guna meminimalisir hadirnya orang ketiga dalam suatu hubungan.

WowKeren - Kasus perselingkuhan tengah menjadi topik hangat belakangan ini. Sejauh ini, perselingkuhan masih menjadi alasan terbesar pasangan berpisah. Tak heran, kasus satu ini seringkali membuat seseorang trauma atau takut memulai hubungan.

Menurut psikolog Kelsey M. Latimer Ph.D beberapa kasus perselingkuhan tak semata-mata terjadi karena godaan atau nafsu. Kebanyakan kasus perselingkuhan berawal karena konflik internal dalam hubungan. Konflik itu kemudian memicu pasangan untuk mencari kebahagiaan atau pelampiasan di tempat lain.

"Pada dasarnya, pikiran selingkuh seringkali bukan tentang keinginan untuk bersama dengan orang yang diimpikan, tetapi lebih menunjukkan konflik internal yang dimiliki orang tersebut dalam diri mereka sendiri atau dunia mereka saat ini," kata Kelsey.


Sementara itu, pakar hubungan Moe Ari Brown mengklaim perselingkuhan bukanlah solusi kala hubungan diterpa masalah. Sebaliknya, perselingkuhan hanya akan memperburuk hubungan Anda dengan pasangan. Menurut, Moe lebih baik mencari solusi ketimbang melampiaskan pada orang lain.

"Jika Anda tidak puas dengan pasangan Anda atau tidak senang dengan hubungan Anda, ingatlah bahwa selingkuh bukanlah solusi untuk masalah Anda . Kesetiaan dan perzinaan hanya akan memperburuk masalah Anda. Jika Anda berpikir bahwa pasangan Anda tidak menganggap Anda penting, katakan dengan jujur apa yang Anda rasakan," kata Moe.

Apapun alasannya perselingkuhan tak patut dibenarkan. Anda juga dapat mengenali ciri-ciri pasangan selingkuh dalam artikel WowKeren sebelumnya. Sementara di artikel kali ini, WowKeren akan memberikan tips bijak guna meminimalisir perselingkuhan. Yuk, langsung simak dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Jalin Komunikasi Yang Baik


Jalin Komunikasi Yang Baik
Pexels/Andre Furtado

Fondasi kuat untuk mempertahankan hubungan harmonis adalah komunikasi yang baik. Jangan sungkan untuk menyampaikan keluh kesah dan perhatian pada pasangan. Hal itu berguna untuk memperkuat komitmen dalam hubungan. Psikoterapis Tammy Nelson, Ph.D menyampaikan pandangan demikian.

"Ini adalah langkah terpenting dari semuanya. Perbanyak komunikasi. Beritahu pasangan bagaimana perasaan Anda atau bertanya apakah mereka melalui hari yang sulit. Hanya menunjukkan empati dan memvalidasi perasaan mereka bisa menjauhkan Anda dari perselingkuhan karena membawa hubungan yang sudah dikomitmenkan lebih dalam," kata Tammy.

2. Perbanyak Bepergian Atau Quality Time Bersama


Perbanyak Bepergian Atau Quality Time Bersama
Pexels/Hamann La

Perbanyak menghabiskan waktu bersama juga dapat meningkatkan kualitas dalam hubungan. Hubungan yang menyenangkan dan penuh kebahagiaan dapat mencegah hadirnya orang ketiga. Cara ini juga membuat Anda dan pasangan semakin dekat. Saran itu disetujui oleh psikolog Dr. Paul DePompo.

"Merencanakan sesuatu bersama pasangan bisa sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Menghabiskan waktu berkualitas akan sangat berarti bagi pasangan Anda. Cara ini bisa dilakukan guna mempererat komitmen. Hubungan yang menyenangkan dan penuh kebahagiaan membantu mencegah hadirnya orang ketiga," jelas Paul.

3. Atasi Konflik Sesegera Mungkin


Atasi Konflik Sesegera Mungkin
Pxhere

Konflik berkepanjangan juga berisiko menghancurkan keharmonisan hubungan. Karena itu, pakar hubungan Tammy Shaklee menyarankan agar konflik atau masalah dalam hubungan untuk segera diselesaikan. Bila tidak, cekcok akan terus terulang dan berisiko masuknya orang ketiga.

"Jika Anda marah dengan pasangan Anda, Anda perlu berkomunikasi dan bicarakan masalah-masalahnya. Keinginan Anda untuk menghukum pasangan dengan berselingkuh bukanlah solusi. Bicaralah dengan pasangan Anda sehingga komitmen hubungan Anda berubah menjadi lebih baik. Atasi masalah Anda, selesaikan konflik, dan tunjukkan lebih banyak kegembiraan," papar Shaklee.

4. Prioritaskan Hubungan Anda


Prioritaskan Hubungan Anda
Pxhere

Tips lain untuk mencegah perselingkuhan yakni prioritaskan hubungan Anda bersama pasangan. Dengan begitu, pasangan akan selalu merasa disayang dan dipedulikan. Tips ini juga berguna untuk mempererat hubungan Anda dengan pasangan. Pakar hubungan Tammy Shaklee menyetujui pendapat itu.

"Jika Anda atau pasangan Anda ingin terhindar dari perselingkuhan, penting untuk memprioritaskan hubungan Anda. Letakkan hubungan Anda di atas segalanya dan berusaha untuk terus membangun fondasi dan komitmen yang lebih kuat," saran Shaklee.

5. Hindari Melakukan Hal-Hal Yang Tak Disukai Pasangan


Hindari Melakukan Hal-Hal Yang Tak Disukai Pasangan
Pixnio/Milivojevic

Penting juga untuk menghindari hal-hal atau aktivitas yang tak disukai pasangan. Dengan begitu, pasangan akan merasa dihargai dan cekcok minim terjadi. Sebab, kebohongan hanya akan merusak kepercayaan pasangan. Pendapat demikian dibenarkan oleh terapis John Howard, MA.

"Seperti kata pepatah, kebenaran akan membebaskan Anda. Oleh karena itu, pertahankan dan nikmati kebebasan Anda dengan tidak membuat rahasia apa pun. Jangan membuat sesuatu yang akan membuat Anda berbohong atau merusak kepercayaan pasangan Anda. Jangan pula melakukan hal-hal tak disukai oleh pasangan Anda," kata John.

6. Tunjukan Cinta & Kasih Sayang Sesering Mungkin


Tunjukan Cinta & Kasih Sayang Sesering Mungkin
Pixabay/StockSnap

Jangan ragu untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang pada pasangan. Psikoterapis Lauren Urban bahkan menyarankan agar hal tersebut dilakukan sesering mungkin. Cara itu berguna untuk meningkatkan keharmonisan dengan pasangan. Hubungan yang harmonis meminimalisir munculnya perselingkuhan.

"Solusi terbaik untuk mencegah atau menghentikan perselingkuhan adalah dengan benar-benar mencintai pasangan Anda. Tunjukan cinta, kasih sayang dan kepedulian Anda pada pasangan sesering mungkin. Itu juga mengubah Anda menjadi orang yang lebih baik, sabar, dapat dipercaya, rendah hati, jujur, hormat, dan setia," ungkap Lauren.

7. Kunjungi Terapi Atau Konselor Pernikahan Bila Perlu


Kunjungi Terapi Atau Konselor Pernikahan Bila Perlu
Pexels/cottonbro

Saran terakhir kunjungilah psikolog atau terapis pernikahan. Cara ini bisa ditempuh bila Anda merasa kesulitan untuk menemukan solusi guna menyelesaikan masalah. Anda juga bisa bertanya pada para ahli perihal tips mempertahankan hubungan. Saran tersebut disampaikan psikoterapis Tammy Nelson, Ph.D.

"Temukan terapis atau ahli yang dapat memandu Anda melalui apa yang benar-benar Anda inginkan. Ada terapis yang baik di luar sana yang tidak menghakimi tentang perselingkuhan. Mereka menyadari bahwa perselingkuhan terjadi. Tujuannya untuk mencari tahu tentang diri Anda sendiri dan bagaimana cara membuat suatu hubungan berhasil," saran Tammy.

Nah, itu dia tips yang bisa sobat WowKeren lakukan untuk meminimalisir perselingkuhan. Semoga hubungan sobat WowKeren dengan pasangan selalu harmonis dan terhindar dari orang ketiga ya. Terus nantikan artikel menarik lainnya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru