Mengenal Tingjing, Tradisi Lamaran Tionghoa yang Dijalani Jess No Limit dan Sisca Kohl
Instagram/jessnolimit
SerbaSerbi

Pasangan tajir Jess No Limit dan Sisca Kohl telah membagikan foto spesial di momen lamaran khas Tionghoa alias tingjing. Lantas, apa itu tingjing dan bagaimana tahapannya?

WowKeren - Pada Kamis (6/10), Jess No Limit membagikan potret lamarannya dengan Sisca Kohl. Mereka menggelar prosesi Tingjing atau lamaran khas Tionghoa pada 10 Agustus lalu.

Dalam foto yang dibagikan, ibunda Jess terlihat memakaikan sebuah kalung ke leher Sisca Kohl. Jess yang berada di belakang Sisca membantu sang ibu untuk menyematkan kalung tersebut.

Proses lamaran pasangan tajir ini langsung menjadi perhatian banyak pihak. Ada yang merasa bahagia, ada pula yang penasaran dengan tradisi tingjing yang cukup unik dan tidak biasa.


Seperti yang telah dijelaskan di awal, tingjing merupakan prosesi lamaran ala Tionghoa. Dalam acara ini, pihak keluarga pria akan mengunjungi kediaman keluarga wanita untuk mengajukan lamaran. Tingjing biasanya dilakukan kurang dari satu tahun atau bahkan lebih sebelum pernikahan dilangsungkan.

Yang membedakan tingjing dari proses lamaran pada umumnya terletak pada cara pengikatan hubungan. Dalam tradisi ini, ibu dari pihak pria akan memakaikan sebuah kalung ke leher calon menantunya. Jadi, mereka tidak melakukan tradisi tukar cincin seperti lamaran pada umumnya.

Setelah itu, kedua belah pihak akan menentukan tanggal pernikahan dan menjalani sesi ramah tamah. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tahapan prosesi tingjing dalam artikel di bawah ini:

(wk/eval)

1. Penyambutan


Penyambutan
Vector Stock/emybrook

Tahap pertama dari prosesi tingjing adalah penyambutan. Sesuai dengan namanya, dalam tahap ini keluarga mempelai wanita menyambut kedatangan pihak pria di depan rumah atau di tempat yang sudah ditentukan.

Acara penyambutan ini biasanya diiringi dengan pemberian seserahan oleh pihak keluarga pria. Barang seserahan biasanya diletakkan dalam baki dan jumlahnya antara 6 hingga 12. Jumlah ini dapat diartikan sebagai simbol berpasang-pasangan.

2. Pembukaan


Pembukaan
Pixabay/themichelleeeng

Setelah pihak wanita menuntun keluarga pria ke tempat yang dipersiapkan, acara dilanjutkan dengan pembukaan yang dipandu oleh MC. MC kemudian meminta perwakilan keluarga wanita untuk memberikan sambutan atau kata pengantar.

Pihak keluarga pria membalas sambutan tersebut lalu menyampaikan maksud kedatangannya untuk meminang si wanita. Setelah itu perwakilan keluarga wanita menjawab pinangan dengan memberi tanda persetujuan.

3. Perkenalan Keluarga


Perkenalan Keluarga
Vector Stock/robuart

Tahap ketiga dari prosesi tingjing adalah perkenalan keluarga. Setelah menerima pinangan, pihak wanita akan memperkenalkan keluarga besarnya ke pihak pria.

Begitupun sebaliknya. Perwakilan keluarga pria juga akan memperkenalkan keluarga besarnya ke pihak wanita. Dengan demikian, kedua keluarga bisa mengenal satu sama lain dengan lebih baik.

4. Pengikatan Hubungan


Pengikatan Hubungan
Instagram/jessnolimit

Ini adalah salah satu tahap terpenting dalam prosesi tinjing. Dalam tahap ini, ibu atau wanita yang dituakan dari pihak keluarga pria akan memakaikan kalung kepada calon mempelai wanita sebagai tanda pengikat.

Tahap ini juga menandakan bahwa sang ibu telah merestui sang wanita sebagai calon menantunya. Karena itulah pasangan tersebut kemudian disebut sebagai calon mempelai wanita dan calon mempelai pria.

5. Penentuan Tanggal Pernikahan


Penentuan Tanggal Pernikahan
Pexels/Olya Kobruseva

Kedua belah pihak akan menentukan hari pernikahan usai melakukan penyematan kalung. Oleh karena itu, masing-masing keluarga sudah harus menyiapkan tanggal untuk didiskusikan bersama.

Penentuan ini biasanya dilihat dari tanggal lahir kedua calon mempelai maupun orangtuanya dengan tujuan untuk mencari "tanggal baik" untuk melangsungkan pernikahan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, banyak pasangan yang memilih "tanggal cantik" tanpa mempertimbangkan hari kelahirannya.

6. Sesi Ramah Tamah


Sesi Ramah Tamah
Pexels/Angela Roma

Setelah mengikat hubungan dan menentukan tanggal pernikahan, kedua keluarga akan melakukan sesi ramah tamah dan makan bersama. Sesuai dengan namanya, dalam tahap ini kedua keluarga akan saling membaur agar bisa lebih akrab.

Kedua keluarga biasanya juga akan melakukan sembahyang untuk mendoakan kelancaran hubungan calon mempelai. Dengan begitu, persiapan pernikahan mereka bisa berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

7. Penutupan


Penutupan
Pexels/RODNAE Productions

Tahap terakhir dari prosesi tingjing adalah pengembalian seserahan dan penutupan. Pihak keluarga pria berpamitan untuk mengakhiri acara lamaran dengan dipandu oleh pembawa acara.

Setelah itu pihak wanita mengembalikan sebagian seserahan ditambah dengan bingkisan lainnya. Hal ini memiliki arti penting bahwa keluarga wanita "tidak menjual" anak gadisnya pada pihak pria. Dengan kata lain, calon mempelai wanita belum diserahkan sepenuhnya kepada calon mempelai pria.

Demikian tahapan tradisi tingjing, lamaran ala Tionghoa yang dijalani oleh Jess No Limit dan Sisca Kohl. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan pembaca semua.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait