Jangan Biarkan Harimu Rusak, Ini 7 Cara Mudah untuk Atasi Morning Depression
Pixabay/HolgersFotografie
Health

Morning depression menjadi salah satu masalah psikologis yang patut diwaspadai karena cukup mengganggu mental dan hari seseorang. Karena itu, ketahui cara mengatasinya berikut ini.

WowKeren - Salah satu masalah psikologis yang patut diwaspadai adalah morning depression atau depresi pagi hati. Ini adalah kondisi ketika suasana hati seseorang menjadi sangat buruk di pagi hari.

Penderita morning depression biasanya merasa sangat kesulitan untuk bangun dari tempat tidur. Meski bangun tidur adalah aktivitas sederhana, mereka akan menganggapnya seperti beban yang sangat besar.

Selain itu, penderita morning depression akan merasakan berbagai gejala lain yang patut diwaspadai. Seperti tidak punya cukup energi untuk memulai hari, sulit berkonsentrasi hingga nafsu makannya berkurang.


Suasana hati mereka biasanya akan membaik pada siang hingga malam hari. Namun siklus ini akan kembali berulang keesokan harinya dan hal itu bisa berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kondisi ini bisa membuat aktivitas mereka terganggu. Mereka pun berpotensi mengalami penurunan berat badan ekstrem. Hubungannya dengan orang lain juga bisa rusak jika terus berada dalam suasana hati yang buruk.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi morning depression. Hal itulah yang akan tim WowKeren bahas dalam artikel kali ini.

(wk/eval)

1. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman


Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman
Pixabay/shadowfirearts

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi morning depression adalah dengan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Atur atau dekorasi tempat tidur jadi senyaman mungkin. Bersihkan area yang kotor, atur kembali barang yang berantakan dan hias kamar tidur sesuai dengan yang Anda inginkan.

Anda juga harus memperhatikan penerangan di dalam kamar. Usahakan untuk tidak tidur dalam keadaan lampu menyala karena bisa mempersulit kita untuk tidur nyenyak. Sebaiknya gunakan penerangan yang dapat diredupkan atau nyalakan lampu tidur begitu Anda mengantuk.

2. Perbaiki Kebiasaan Tidur


Perbaiki Kebiasaan Tidur
Pexels/Ketut Subiyanto

Cara berikutnya adalah dengan memperbaiki kebiasaan tidur. Mulai sekarang, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam di malam hari untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Jika kesulitan memenuhi target tersebut, sebaiknya mulai dengan mengatur jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya. Lakukan secara bertahap sampai terbiasa dengan rutinitas tersebut.

Perhatikan juga makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelum tidur. Hindari teh, kopi, minuman bersoda dan minuman berenergi yang bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam dan terus buang air kecil. Alkohol, makanan asam dan pedas juga wajib dihindari karena bisa menyebabkan sakit perut dan mempersulit Anda untuk tidur nyenyak.

3. Bangun Lebih Awal


Bangun Lebih Awal
Pexels/Miriam Alonso

Bangun pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, sehingga cara ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi morning depression. Bangun lebih awal dapat mengurangi risiko begadang, sehingga tubuh bisa beristirahat seperti seharusnya.

Aktivitas ini juga bisa membuat tubuh jadi segar dan mengurangi risiko stres. Sebaliknya, mereka yang sering tidur larut dan jarang bangun pagi kerap memiliki suasana hati yang buruk saat bangun.

4. Persiapkan Kebutuhan Pagi Hari Lebih Awal


Persiapkan Kebutuhan Pagi Hari Lebih Awal
Pexels/Zen Chung

Usahakan untuk menyiapkan semua hal yang Anda butuhkan di malam sebelumnya, seperti pakaian dan barang-barang untuk bekerja atau sekolah. Anda juga bisa memikirkan menu sarapan di malam hari agar tidak kebingungan saat pagi.

Karena hampir semuanya sudah siap, Anda tidak membutuhkan banyak waktu atau usaha untuk memulai hari. Cara ini akan membuat pagi hari terasa lebih mudah bagi mereka yang memiliki sedikit motivasi untuk bangun.

5. Menjaga Pola Makan


Menjaga Pola Makan
Pixabay/the5th

Menjaga pola makan juga penting dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari morning depression. Terapkan pola makan yang sehat dan teratur agar tubuh mendapat energi yang cukup untuk beraktivitas.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pola makan. Pertama, pastikan untuk selalu sarapan, lalu konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, perbanyak minum air putih, jangan lupakan sayur dan buah serta usahakan makan di waktu yang tepat. Dengan begitu, proses metabolisme di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar dan terhindar dari risiko depresi pagi hari.

6. Rutin Olahraga


Rutin Olahraga
Pexels/Marcus Aurelius

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai berolahraga secara teratur jika merasakan berbagai gejala depresi pagi hari.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi depresi. Pertama, mulai dengan berjalan santai di luar ruangan untuk meningkatkan suasana hati. Kedua, Anda juga bisa mempertimbangkan yoga yang dapat menenangkan emosi dan memberi perasaan bahagia.

Jenis olahraga lain yang bisa Anda lakukan adalah bermain tenis, berenang, bersepeda, menari dan lari. Beragam aktivitas ini dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran, sehingga gejala depresi akan perlahan menghilang.

7. Konsultasi ke Dokter


Konsultasi ke Dokter
Pexels/RODNAE Productions

Seperti gejala depresi lainnya, morning depression juga bisa diobati. Anda bisa meminta bantuan ke profesional seperti psikolog atau dokter jika tak kunjung sembuh. Mereka bisa berbicara dengan Anda dan menyarankan rencana perawatan terbaik.

Selain dokter, Anda juga bisa menceritakan masalah ini pada orang terdekat. Memiliki teman cerita terkadang menjadi salah satu cara ampuh untuk meringankan beban di hati, sehingga jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang lain.

Setiap masalah pasti ada solusinya, begitupun morning depression yang bisa disembuhkan cepat atau lambat. Jangan sampai kehilangan semangat, apalagi berpikir untuk mengakhiri hidup. Hilangkan semua perasaan cemas dan gelisah yang ada di dalam hati, sebab Anda adalah orang yang berharga.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait