Tak Kenal Usia, Simak Tips Cegah Gagal Ginjal Sedari Dini
Pixabay/Sukhjinder
Health

Marak kasus serangan gagal ginjal secara mendadak, berikut 8 tips yang mungkin bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan ginjal dan mengurangi risiko terjadinya gagal ginjal.

WowKeren - Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan beberapa kasus gagal ginjal yang mendadak dialami anak kecil bahkan balita. Para dokter dan sederet pakar kesehatan pun mencoba menelaah penyebab dari kemunculan penyakit ini.

Usut punya usut, gagal ginjal ternyata bisa menyerang segala usia. Bahkan masih banyak masyarakat dengan usia dewasa tak menyadari jika mereka mengalami kerusakan ginjal. Mereka akan mengetahui di saat tingkat kerusakan ginjal sudah dalam level kronis.


Karena itu, Dr. Kacy Church, MD selaku dokter penyakit dalam menyarankan pentingnya mencegah terjadinya gagal ginjal sebelum terlambat. Pasalnya, bila terlambat ditangani gagal ginjal akan berisiko menyebabkan kompilasi masalah kesehatan lain seperti asam urat atau penyakit jantung.

"Kebanyakan orang tak menyadari mereka memiliki penyakit ginjal kronis sampai kondisinya benar-benar parah. Sementara, penyakit ginjal stadium akhir dapat menyebabkan penumpukan limbah di tubuh dan menyebabkan beberapa kompilasi termasuk asam urat hingga jantung. Ada baiknya melindungi kesehatan ginjal Anda bahkan jika Anda belum didiagnosis," papar Kacy.

Bagi Anda yang masih awam dengan penyakit ini, tak perlu khawatir karena WowKeren akan memberikan beberapa tips guna menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat. Dengan begitu, risiko gagal ginjal dapat diminimalisir sedini mungkin. Tak perlu menunggu lama, langsung simak dalam ulasan berikut ini ya.

(wk/Sisi)

1. Perbanyak Minum Air Putih


Perbanyak Minum Air Putih
Pxhere

Tips sepele namun masih kerap diabaikan adalah perbanyak minum air putih. Air putih begitu penting untuk menjaga kesehatan fungsi organ tubuh tak terkecuali ginjal. Minum banyak air putih dapat membantu ginjal berfungi dengan baik. Sementara, untuk mengetahui apakah konsumsi air putih sudah tepat, Anda dapat menelaah dari warna urine.

dr. Verury Verona Handayani dari halodoc telah meninjau tips tersebut. "Minum banyak cairan akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Jika urine berwarna seperti jerami, atau bahkan lebih gelap, itu mungkin tanda dehidrasi," tinjau dr. Verury.

2. Jangan Sembarang Minum Obat & Vitamin


Jangan Sembarang Minum Obat & Vitamin
stocksnap.io

Mengonsumsi obat yang salah atau dalam dosis berlebih ternyata dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Karena itu, National Kidney Foundation mengimbau agar tak sembarangan dalam mengonsumsi obat atau vitamin. Mengonsumsi obat pereda nyeri secara berlebih juga sangat tidak disarankan karena dapat mengakibatkan kerusakan jaringan pada ginjal.

"Menggunakan terlalu banyak obat nyeri yang disebut NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen) dapat menyebabkan penyakit ginjal. Penggunaan NSAID jangka panjang, terutama pada dosis tinggi, mengurangi aliran darah ke ginjal yang menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal," kata National Kidney Foundation.

3. Stop Merokok & Konsumsi Alkohol


Stop Merokok & Konsumsi Alkohol
hippopx.com

Merokok dan alkohol adalah dua hal yang paling mudah menyebabkan kerusakan ginjal. Rokok dan alkohol diteliti mampu mempengaruhi fungsi ginjal. Ginjal yang tak berfungsi dengan baik, tentu lambat laun akan menyebabkan gagal ginjal. Hal itu sudah ditinjau secara medis oleh dokter Alana Biggers, MD, MPH.

"Merokok mengurangi aliran darah ke ginjal. Ini merusak fungsi ginjal pada orang dengan atau tanpa penyakit ginjal. Begitu juga dengan Alkohol yang dapat mempengaruhi kemampuan ginjal mengatur kadar air dalam tubuh dan mempengaruhi aliran darah ke ginjal dan perlahan menyebabkan gagal ginjal," tinjau Alana.

4. Rutin Olahraga


Rutin Olahraga
Maxpixel.net

Rutin berolahraga dipercaya dapat meningkatkan fungsi ginjal. Asosiasi penyakit gagal ginjal Puget Sound Kidney Centers mengatakan olahraga dapat meningkatkan suasana hati, mengontrol tekanan darah dan berat badan. Kondisi tubuh yang stabil menandakan ginjal Anda berfungsi dengan baik.

"Olahraga meningkatkan suasana hati Anda, membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan mengontrol tekanan darah. Semakin banyak Anda bergerak, maka semakin sehat ginjal Anda," saran Puget Sound Kidney Centers.

5. Pola Makan Sehat


Pola Makan Sehat
Pxhere

Bukan fakta baru lagi jika menjaga pola makan tetap sehat menyimpan berbagai manfaat untuk tubuh. Summit Medical Clinic meneliti pola makan sehat juga mempengaruhi fungsi ginjal. Pola makan yang sehat tentu membantu kerja ginjal tetap baik pula. Cari tahu juga makanan-makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal agar tak salah konsumsi di kemudian hari.

"Atur pola makan yang sehat agar tubuh Anda mendapat nutrisi yang tepat. Konsumsi makanan seperti buah-buahan segar, sayuran dan produk susu rendah lemak. Makan sehat memungkinkan Anda untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan berat badan yang sehat. Anda juga harus menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan gagal ginjal," ujar Summit Medical Clinic.

6. Kontrol Gula Darah


Kontrol Gula Darah
Pxhere

Gula darah yang tak terkontrol juga memicu munculnya gagal ginjal. Karena ini, penting untuk menjaga kondisi gula darah agar tetap stabil. Apalagi jika Anda memiliki riwayat diabetes, diperlukan perhatian dan perawatan ekstra agar kelebihan gula darah tak menyebabkan gagal ginjal.

Ahli gizi dari Cleveland Clinic Krista Maruschak, RD membenarkan pandangan demikian. "Diabetes yang tidak diobati atau tidak terkontrol dan tekanan darah tinggi dapat memiliki efek signifikan pada perkembangan CKD dari waktu ke waktu," kata Krista.

7. Periksa Fungsi Ginjal Secara Berkala


Periksa Fungsi Ginjal Secara Berkala
Pxhere

Gagal ginjal kerap kali tak disadari oleh penderitanya. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksakan kondisi dan fungsi ginjal secara berkala. Dengan begitu, gagal ginjal tak terlambat diobati karena terdeteksi lebih dini. Summit Medical Clinic lagi-lagi menyampaikan saran tersebut.

"Periksakan kesehatan ginjal secara berkala dengan meminta tes seperti tes urin atau darah. Semakin cepat Anda mengetahui bahwa Anda menderita penyakit ginjal, semakin cepat Anda dapat mulai merawat ginjal Anda untuk mencegah kerusakan lebih lanjut," imbau Summit Medical Clinic.

8. Kontrol Tekanan Darah


Kontrol Tekanan Darah
Pixnio

Tak cuman mengontrol kadar gula, tekanan darah juga perlu diperhatikan dengan benar bila tak ingin menderita gagal ginjal. Pasalnya, salah satu penyebab gagal ginjal adalah tekanan darah tinggi. Penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mendapati kondisi tekanan darah yang stabil dapat menurunkan risiko gagal ginjal.

"Mengontrol tekanan darah telah terbukti menurunkan risiko penyakit ginjal. Beberapa penelitian telah menunjukkan obat penurun tekanan dapat mencegah atau menunda dimulainya penyakit ginjal pada pasien yang menderita diabetes," bunyi penelitian CDC.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa dibagikan WowKeren untuk sobat semua. Semoga artikel di atas membawa banyak manfaat dan sobat semua terhindar dari penyakit gagal ginjal ya. Bila tak ingin menderita gagal ganjal, jangan lupa terapkan tips-tips di atas ya. Stay healty, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait