Get Healthy : Rina Islyn Bongkar Trik Minum Air Putih Bantu Turunkan Berat Badan!
Instagram/rinaislyn
Health

Banyak orang sulit turunkan BB meski sudah terapkan pola makan sehat. Hal ini bisa jadi ditengarai karena kurang konsumsi air putih. Lantas, trik-trik apa saja yang dilakukan Rina Islyn sampai bisa membantunya turun BB?

WowKeren - Dewasa ini, banyak orang mengaku kesulitan menurunkan berat badan meski sudah menerapkan pola makan yang sehat serta berolahraga. Usut punya usut, hal ini ditengarai karena beberapa dari mereka masih abai dengan kebutuhan minum air putih. Seperti diketahui, memenuhi kebutuhan minum air putih merupakan salah satu kunci sukses menurunkan berat badan.

Meski dapat membantu penurunan berat badan, namun tak semua orang bisa menerapkannya dengan mudah. Hal inilah yang sempat dirasakan oleh Rina Islyn. Di awal, wanita yang akrab disapa Rina ini bahkan mengaku sampai mual saat membiasakan diri memenuhi kebutuhan air putih. Meski demikian, dengan tekad yang kuat ia akhirnya bisa terbiasa dan menerapkannya secara konsisten hingga sekarang.

Photo-INFO

TikTok/rinaislyn2


Kepedulian Rina tentang kebutuhan minum air putih bermula saat berat badannya tak mengalami penurunan yang signifikan saat diet. Di waktu itu, wanita yang kini berprofesi sebagai karyawan swasta ini akhirnya mengevaluasi pola hidup dan menemukan bahwa ada beberapa kebiasaan yang harus diubah, termasuk minum air putih.

Setelah menerapkan kebiasaan minum air putih yang baik, Rina langsung mendapat benefit yang luar biasa. Berat badan yang semula stagnan, kini bisa kembali alami penurunan. Rina pun sukses menurunkan berat badannya dari yang semula 83 kilogram menjadi stabil di angka 58-an kilogram.

Eksklusif hanya kepada WowKeren untuk rubrik Get Healthy, Rina secara khusus membongkar trik-trik minum air putih yang dilakukannya. Trik ini terbukti dapat membantunya turun berat badan sampai lebih dari 20 kilogram. Apa saja triknya? Ini dia ulasan Rina selengkapnya!

(wk/yoan)

1. Tanda-Tanda Kurang Minum Air Putih


Tanda-Tanda Kurang Minum Air Putih
pexels/Jill Burrow

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai trik, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengapa air putih bisa membantu penurunan berat badan. Dalam wawancara dengan tim WowKeren, Rina mengungkapkan bahwa memenuhi kebutuhan air putih dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Seperti diketahui, peningkatan metabolisme merupakan salah satu cara agar hasil penurunan berat badan bisa maksimal.

Selain mempercepat metabolisme, seseorang yang sudah memenuhi kebutuhan air putih akan merasakan manfaat kesehatan yang signifikan. Salah satunya adalah keadaan tubuh yang lebih bugar, kulit lebih sehat hingga memperlancar siklus menstruasi bagi wanita. Karena itulah, minum air putih sangat dianjurkan terutama bagi yang tengah menjalankan diet.

Saat kekurangan asupan air, tubuh akan memberikan peringatan secara tidak sadar. "Kalau kita kurang minum air putih, itu warna urine-nya keruh. Urine yang baik dan jadi tanda kita cukup minum air putih itu berwarna kekuningan. Tapi kalau kuningnya kuning banget, itu benar-benar pertanda kita sangat kurang minum air putihnya," ujar Rina. Karena itulah, seseorang sebaiknya lebih peka dengan tanda-tanda yang tubuh berikan.

2. Pastikan Minum Sesuai dengan Kebutuhan


Pastikan Minum Sesuai dengan Kebutuhan
TikTok/rinaislyn2

Langkah pertama yang harus dipahami saat memulai trik minum air putih saat diet adalah tahu kebutuhan tubuh masing-masing. Pasalnya, porsi kebutuhan air putih masing-masing orang bisa berbeda. Mengetahui kebutuhan akan membantu seseorang menyesuaikan porsi agar tak kekurangan atau kelebihan.

"Buat kalian yang sekarang lagi berjuang diet untuk menurunkan berat badan, jangan lupa minum air putih sesuai takaran. Itu bagus banget buat proses metabolisme dan mencegah dehidrasi. Tapi ingat, jangan lebih dari satu liter per satu jam," pesan Rina. "Banyak yang salah kaprah dikiranya minum air putih banyak itu bagus. Tapi enggak seperti itu juga karena bisa overhidrasi nanti."

Rina mengungkapkan bahwa overhidrasi juga tak baik untuk kesehatan. "Kalau overhidrasi itu kita merasa pusing dan mual karena tubuh kita sudah enggak bisa memproses. Kalau berlebihan, jadinya begitu karena ginjal kita juga ada kapasitasnya," imbuh Rina. "Jadi, minumlah air putih itu sesuai dengan berat badan. Kalau saya sekarang ini berat badan 58 kilogram, jatah air minum saya adalah 2,5-3 liter."

3. Minum Air Perlahan dan Sedikit demi Sedikit


Minum Air Perlahan dan Sedikit demi Sedikit
TikTok/rinaislyn2

Saat memenuhi kebutuhan air putih 2,5-3 liter di setiap hari, Rina berpesan agar tak minum sekaligus dalam satu waktu. Lakukan perubahan secara perlahan-lahan. Pasalnya, hal tersebut juga dapat membantu seseorang untuk membiasakan diri.

"Ada yang merasa gimana caranya menghabiskan air sehari 3 liter dengan cepat, itu salah. Jadi memang harus bertahap, cicil saja pelan-pelan," ujar Rina. "Biar kalian bisa rutin minum air putih itu dimulai dari kebiasaan. Apabila merasa sangat berat minum air putih, jadikan sebuah kebiasaan dulu."

Untuk memenuhi kebutuhan air putihnya, Rina biasanya langsung minum dua gelas (setara 400-500ml) setelah bangun tidur. Selanjutnya, sisa kebutuhan air putihnya ia cicil minum selama satu hari dan tak ada jadwal khusus. Menurutnya, cara ini amat ampuh untuk memenuhi kebutuhan air putih tanpa harus merasa terbebani.

4. Kurangi Konsumsi Minuman Manis dan Berwarna


Kurangi Konsumsi Minuman Manis dan Berwarna
pexels/Charlotte May

Rina menyebut bahwa minuman manis pada dasarnya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan air putih. Hanya saja, penambahan manis pada rasa dapat berpotensi menambah kalori. Akibatnya, seseorang berpotensi akan mengalami kelebihan kalori harian yang mengakibatkan kenaikan berat badan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Belum lagi jika dikonsumsi bersama dengan gorengan.

"Sebenarnya minum minuman manis juga memenuhi kebutuhan air putih, tapi ada penambahan kalori di situ. Jadi kalau memang sedang diet, lebih bagus menghindari minuman manis, karena bagiku unfaedah," terang Rina. "Misalnya setelah minum segelas boba, pasti kita masih merasa lapar. Padahal, itu penyumbang kalori yang besar. Tanpa kita sadari, kita selalu surplus karena minuman."

Selain manis, ada baiknya seseorang juga mengurangi konsumsi minuman yang berwarna. "Ginjal kita itu butuh air putih agar sehat. Tapi, kebanyakan orang banyak minum minuman yang berwarna. Kalau kita kurang minum air putih dan banyak minum yang berwarna, ginjal kita berat," ujar Rina. Karena itulah, air putih masih menjadi alternatif terbaik untuk minum.

5. Minum Air Putih Ketika Merasa Lapar


Minum Air Putih Ketika Merasa Lapar
pexels/Maria Bortolotto

Trik air putih lain yang bisa dilakukan agar bisa mendukung proses diet adalah minum saat merasa lapar. Pasalnya, seringkali tubuh memberikan sinyal haus namun disalahpahami dengan rasa kelaparan. Alhasil, seseorang pun akan memilih makan yang berpotensi akan menaikkan berat badan.

"Disaat kita merasa lapar atau ingin makan camilan, coba atasi dulu dengan minum air putih. Itu salah satu triknya. Kalau masih lapar, baru makan," beber Rina. "Ketika kita sering merasa lapar, bisa jadi itu sinyal tubuh kita butuh air putih. Karena biasanya kita bisa merasa kenyang setelah minum."

Di sisi lain, Rina juga berpesan pada orang-orang yang kini tengah diet agar tak takut untuk minum air putih. Pasalnya, meski angka timbangan bisa naik seketika setelah minum namun air putih pada dasarnya nol kalori. Setelah selesai diolah oleh tubuh, angka berat badan pun akan kembali. Jadi, seseorang agaknya jangan terpaku pada angka timbangan.

6. Minum Sebelum dan Sesudah Makan


Minum Sebelum dan Sesudah Makan
TikTok/rinaislyn2

Selain saat merasa lapar, Rina juga menganjurkan seseorang untuk minum 15-30 menit sebelum makan. Hal ini dilakukan supaya seseorang bisa lebih mudah mengendalikan porsi sehingga tak terlalu berlebihan saat makan.

"Saat kita diet, triknya itu minum air putih dua gelas masing-masing setengah jam dan 15 menit sebelum makan," terang Rina. "Misalnya kita makan jam 12, setengah 12 kita sudah minum air putih satu gelas kemudian lanjut lagi satu gelas. Itu sangat bagus untuk bisa membatasi makanan yang akan kita masukkan ke dalam tubuh."

Selanjutnya, jangan lupa untuk tetap minum air putih setelah makan. Dengan melakukan trik ini, kemungkinan seseorang menambah porsi setelah makan jadi akan berkurang. "Trik ini dilakukan untuk menyiasati rasa lapar dan pola makan supaya kita bisa cepat merasa kenyang," tambah Rina.

7. Tips Biasakan Minum Air Putih


Tips Biasakan Minum Air Putih
Dokumentasi Rina

Buat kalian yang sering kesulitan memenuhi kebutuhan air putih, Rina berbagi tips agar lebih mudah membiasakan diri. Menurutnya, langkah paling mudah yang bisa dilakukan adalah membeli botol-botol lucu. Dengan membawa botol tersebut sepanjang hari, seseorang jadi lebih bersemangat untuk menghabiskannya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menyiasati dengan mengolah air putih menjadi infuse water. Langkah ini disebut alternatif terbaik bagi yang suka minuman-minuman manis. "Kalau memang enggak bisa minum air putih, bisa dibuat infuse water seperti dimasukkan buah-buahan enggak masalah selama tidak ditambahkan dengan gula," saran Rina. "Sering banget orang salah kaprah mikirnya minum harus air biasa. Padahal, minum air putih mau dingin atau suhu ruang itu enggak masalah."

Akhirnya, tak bisa dibantah lagi jika memenuhi kebutuhan air putih dapat membantu proses penurunan berat badan. Dalam praktiknya, seseorang bisa menerapkan trik-trik khusus agar bisa memenuhi kebutuhan air putih dengan mudah. Jadi, sudahkah kamu memenuhi kebutuhan air putih?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru