Tulus 'Monokrom' dan 9 Lagu Ini Enak Didengar Saat Musim Hujan Sambil Ditemani Mi Instan
YouTube
Musik

Hujan mampu memberikan waktu bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk, dan akan sangat nikmat jika ditemani semangkuk mi instan sambil mendengarkan lagu.

WowKeren - Bulan-bulan menjelang akhir tahun adalah saat ketika kita memasuki musim hujan. Pada umumnya musim hujan akan mulai masuk pada bulan Oktober dan intensitasnya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Meski bagi sebagian orang hujan dianggap sebagai hal yang perlu diwaspadai, namun bagi orang lain hujan adalah berkah, terutama setelah musim kemarau yang berlangsung di bulan-bulan sebelumnya.

Namun terlepas dari hal itu, hujan biasanya menjadi momen-momen spesial karena mampu menggali kenangan akan kejadian di masa lalu. Kejadian-kejadian di masa lalu yang tak bisa kembali diulang seiring berjalannya waktu, akan kembali muncul ke memori. Meski mungkin hujan dapat membuat aktivitas kita tertunda, namun ada hal lain yang juga bisa disyukuri.


Hujan mampu memberikan waktu bagi orang-orang yang ingin beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk dunia. Selain itu, menikmati cuaca yang dingin saat hujan akan sangat cocok jika dipadukan dengan semangkuk mi instan yang hangat. Dan bagi pembaca yang tak ingin suasana sunyi hanya ditemani suara rintik hujan, memainkan daftar putar lagu bisa dijadikan opsi.

Tak sedikit musisi Tanah Air yang terinspirasi oleh hujan saat menulis lagu mereka. Melalui lirik lagu, mereka ingin menyampaikan sesuatu kepada para pendengarnya secara tersurat maupun tersirat. Lagu-lagu ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk diputar ketika hujan turun. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin memberikan rekomendasi lagu-lagu apa saja yang cocok diputar saat hujan sambil menikmati semangkuk mi hangat. Yuk, simak selengkapnya!

(wk/zodi)

1. Tulus 'Monokrom'


Tulus 'Monokrom'
YouTube/Tulus

Lagu ini menceritakan seseorang yang sedang mengenang masa kecilnya. Ia bersyukur karena tumbuh dewasa bersama orang-orang yang baik. Sang penyanyi digambarkan melihat foto hitam putih yang menjadi jejak kenangan masa lalunya. Tulus ingin mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah memberikan "warna" dalam hidupnya seiring ia tumbuh dewasa.

Lagu ini sangat cocok dinikmati saat bersantai di musim hujan. Sambil ditemani mi instan yang hangat, iramanya yang kalem bisa membuat pendengarnya kembali mengingat masa kecilnya. Meski sudah dirilis sejak tahun 2016 lalu namun lagu yang didistribusikan oleh TulusCompany ini masih eksis sampai sekarang.

2. Efek Rumah Kaca 'Desember'


Efek Rumah Kaca 'Desember'
YouTube/EfekRumahKaca

Mendekati bulan Desember, intensitas hujan kian meningkat. Lagu berjudul "Desember" yang dinyanyikan oleh Efek Rumah Kaca sangat cocok dinikmati ketika musim hujan tiba. Iramanya yang syahdu membuatnya cocok untuk didengarkan sambil menikmati mi instan dan teh hangat di teras rumah. Namun sejatinya, lagu ini memiliki makna yang mendalam.

Bukan sekadar lagu galau biasa, "Desember" akan membawa pendengarnya untuk menikmati detik-detik pergantian awal tahun menuju tahun baru. Dalam lagu ini, hujan seolah-olah digambarkan sebagai saksi untuk pemulihan luka yang pernah terjadi di masa lalu. Hingga kemudian datang sesuatu yang indah setelah itu, yang diibaratkan seperti pelangi.

3. Payung Teduh 'Resah'


Payung Teduh 'Resah'
YouTube/Payung Teduh Official

Iramanya yang santai dan liriknya yang sendu membuat "Resah" dari Payung Teduh layak dimasukkan ke daftar putar saat musim hujan. Jika dilihat sekilas, liriknya terlihat seperti menceritakan kisah seseorang yang sangat ingin hidup bersama dengan orang yang dicintainya. Ia rela menunggu dengan sabar hingga waktunya tiba, ketika mereka dipertemukan kembali untuk bersama.

Namun, ada juga penafsiran lain yang cukup membuat merinding terkait penggalan lirik lagu ini. Kalimat-kalimatnya disebut-sebut menceritakan seseorang yang merindukan sang kekasih, namun sayangnya tidak bisa bertemu karena mereka sudah berada di alam yang berbeda. Dengan kata lain, mereka telah dipisahkan oleh kematian.

4. Jikustik 'Setia'


Jikustik 'Setia'
YouTube/PongkiBarataSongs

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa rintik hujan mampu membawa mereka kembali ke kenangan lama bersama orang tercinta. Hujan mampu mengingatkan kembali akan momen-momen yang dihabiskan bersama orang terkasih. Lagu "Setia" yang dinyanyikan oleh Jikustik ini menceritakan bahwa deras hujan yang turun dapat mengingatkan seseorang pada kekasihnya.

Meski ia tak tahu di mana orang terkasihnya itu berada saat ini, namun ia masih tetap setia menunggu bersama rintik hujan. Terlebih lagi, malam yang datang membuat perasaan yang sepi semakin terasa. Hari demi hari berganti, namun seseorang dalam lagu itu digambarkan tetap setia menanti sang pujaan hati kembali.

5. Banda Neira 'Hujan di Mimpi'


Banda Neira 'Hujan di Mimpi'
YouTube/BandaNeira-Topic

Sebagian orang tidak suka tenggelam dalam kesendirian. Namun, ada juga yang lebih menyukai suasana sepi tanpa hiruk-pikuk. Memang, suasana yang sepi ada kalanya bisa membuat hati seseorang menjadi lebih tenang. Dalam lagu ini, seolah digambarkan bahwa tidak masalah untuk menyendiri sejenak.

Setiap orang pasti pernah mengalami saat-saat yang membuatnya ingin menyendiri. Tanpa mengeluarkan kata-kata, terkadang bersikap diam bisa menjadi opsi yang diambil dalam menyikapi situasi-situasi tertentu. "Hujan di Mimpi" merupakan salah satu lagu hit yang dimuat dalam album debut Banda Neira pada tahun 2013 lalu yang bertajuk "Berjalan Lebih Jauh".

6. Senar Senja 'Dialog Hujan'


Senar Senja 'Dialog Hujan'
YouTube/AquariusMusikindo

Bagi pembaca yang ingin menginginkan suasana lebih sendu ketika hujan turun, lagu "Dialog Hujan" dari Senar Senja bisa dimasukkan ke dalam daftar putar. Terutama bagi pembaca yang merindukan kehadiran seseorang di musim hujan, kata demi kata dalam lirik lagu ini akan membuat pembaca semakin terbawa suasana.

Hujan mampu dijadikan sebagai teman untuk mengobati hati yang gundah gulana. Semua perasaan yang tidak terlukiskan dengan kata-kata akan tenggelam oleh derasnya rintik hujan. Hujan mampu membawa kedamaian sejenak untuk perasaan-perasan di hati yang saling berkecamuk.

7. Mocca 'I Remember'


Mocca 'I Remember'
YouTube/Mocca

Tak melulu hal-hal sedih, hujan juga bisa dijadikan sebagai momen untuk kembali mengingat momen-momen manis yang pernah terjadi. Seperti judulnya, "I Remember" yang dinyanyikan oleh Mocca ini menggambarkan seseorang yang terus mengingat saat-saat setiap kejadian bersama dengan orang terkasih, mulai dari kejadian lucu hingga momen kebersamaan.

Pada dasarnya, lagu ini secara keseluruhan berisi mengenai momen-momen berharga tersebut, yang tak mungkin bisa terulang. Nah, lagu ini sangat relate dengan pembaca yang ingin mengingat kembali saat-saat kebersamaan dengan orang yang dicintai. Terutama di tengah suara rintik hujan yang menenangkan.

8. Frau 'Mesin Penenun Hujan'


Frau 'Mesin Penenun Hujan'
YouTube/Frau-Topic

Hujan memang umumnya membuat suasana menjadi sepi. Orang-orang akan sibuk mencari tempat berteduh agar tidak kedinginan. Suara Frau yang khas dalam membawakan lagu ini membuatnya sangat cocok diputar saat menikmati waktu kesendirian di musim hujan. Terlebih jika ditemani dengan kehangatan mi instan.

Lagu ini secara sekilas menceritakan tentang seseorang yang melihat bahwa hubungan antara ia dan kekasihnya sudah tak lagi berjalan seperti dulu. Rasa sakit adalah hal yang tak bisa dihindarkan ketika dirinya patah hati. Namun, seiring berjalannya waktu, itu semua akan pulih dan kehidupan yang ceria bisa kembali didapatkan.

9. HiVi 'Musim Hujan'


HiVi 'Musim Hujan'
YouTube/HIVI!

Hujan yang telah lama dinanti-nanti pun akhirnya datang. "Musim Hujan" yang dinyanyikan oleh HiVi menceritakan kerinduan seseorang pada orang terkasihnya. Ketidakhadiran orang tersebut membuatnya merasa sepi. Rintik hujan yang datang ia anggap sebagai teman untuk mengobati rasa kesepiannya sehingga ia tidak sendiri lagi.

Ia berharap hujan akan terus selalu menemaninya untuk melewati masa-masa sulit. Dijelaskan dalam liriknya bahwa orang dalam lagu tersebut harus berpisah dengan kekasihnya sehingga sulit untuk melupakannya. Namun, ia berharap bahwa di musim hujan yang akan datang, dia sudah bisa merelakannya.

10. Utopia 'Hujan'


Utopia 'Hujan'
YouTube/FebryRufi

Meski lagu yang bertema hujan pada umumnya menghadirkan rasa sendu, namun tampaknya tidak demikian dengan "Hujan" yang dibawakan oleh Utopia. Dalam lagu ini, Utopia ingin menyampaikan bahwa hujan juga bisa membuat seseorang bahagia. Rintik hujan menemani rasa sepi yang telah mengendap dalam diri seseorang. Hujan juga membuatnya teringat kembali momen manis bersama orang yang dicintainya.

Namun, itu semua kini tinggal kenangan. Semua cerita itu akan terus ada walau orang tersebut harus hidup sendiri. Meski begitu, ia siap melanjutkan hidupnya dengan hati yang suka cita. Lagu ini bisa dimasukkan ke dalam daftar putar untuk mendapatkan suasana yang ceria dalam menyambut hari yang cerah.

Nah, itu tadi sederet rekomendasi lagu yang cocok diputar saat musim hujan. Lagu-lagu di atas dapat dinikmati sendiri atau didengarkan bersama sahabat maupun orang dekat. Jadi, yang mana favoritmu?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait