10 Potret Transformasi Kris Wu Usai Divonis 13 Tahun Bui Atas Kasus Pemerkosaan Dan Prostitusi
Selebriti

Kris Wu dijatuhi vonis penjara selama 13 tahun oleh pengadilan Tiongkok setelah dinyatakan bersalah atas kasus pemerkosaan dan prostitusi. Berikut kilas balik transformasi sang idola.

WowKeren - Wu Yifan atau yang akrab disapa Kris Wu dijatuhi vonis penjara selama 13 tahun oleh pengadilan Tiongkok setelah dinyatakan bersalah atas kasus pemerkosaan dan prostitusi. Kasus ini sendiri telah mencuat sejak 2021 lalu di mana seorang perempuan bernama Du Meizhu speak up tentang Kris. Seiring berjalannya penyelidikan, terungkap setidaknya ada yang mengajukan kesaksian serupa. Lantas Kris Wu resmi dinyatakan ditangkap pada Agustus 2021 lalu.

Terbaru, pada 25 November, media Tiongkok merilis hasil persidangan. Terungkap bahwa Kris Wu akan mendapatkan 11 tahun dan 6 bulan penjara dan deportasi untuk kasus pemerkosaan serta tambahan 1 tahun dan 10 bulan penjara karena mengorganisir perkumpulan tidak bermoral yang mengarah pada prostitusi.

Sementara itu, nama Kris Wu mulai dikenal usai debut sebagai member EXO di tahun 2012. Usai memutuskan hengkang dari grup, ia kemudian fokus berkarier di Tiongkok. Kariernya berada di puncak bahkan ia menjadi salah satu artis terkaya di Negara Tirai Bambu tersebut sebelum reputasinya hancur karena skandal. Lantas seperti apa potret transformasinya? Simak berikut ini:

(wk/rosi)

1. Line 1990


Line 1990

Kris lahir pada 6 November 1990, di Guangzhou, Guangdong dengan nama lahir Li Jiaheng. Nama resmi Tiongkoknya kemudian diubah menjadi Wu Yi Fan. Di usia 10 tahun, Kris pindah ke Vancouver, British Columbia, Kanada, bersama ibunya. Kemudian di usia 14 tahun, ia kembali ke Tiongkok untuk waktu yang singkat dan setelahnya kembali ke Kanada.

2. Ikut Audisi Di Usia Muda


Ikut Audisi Di Usia Muda

Banyak foto-foto pre debut Kris yang bertebaran di internet. Tampak ia memiliki rambut panjang yang khas. Pada usia 18 tahun, Kris mengikuti audisi global Kanada SM Entertainment, yang diadakan di Vancouver, Kanada. Lulus audisi, Kris menjadi trainee untuk perusahaan dan ditawari role di EXO pada tahun 2012.

3. Debut EXO


Debut EXO
SM Entertainment

Kris menjadi member EXO yang diumumkan di urutan ke-11. Pada April 2012, Exo melakukan debut mereka dan dengan cepat menjadi salah satu grup K-pop paling populer di Korea Selatan dan internasional. Akan tetapi Kris memutuskan hengkang dan memilih fokus berkarier di Tiongkok.

4. Selebriti Termuda Miliki Patung Madame Tussauds


Selebriti Termuda Miliki Patung Madame Tussauds
Weibo

Madame Tussauds merupakan museum patung lilin di Shanghai yang terkenal di dunia. Museum ini memamerkan patung lilin para orang ternama, mulai dari tokoh dunia, politisi hingga selebriti. Patung Kris juga diabadikan di museum tersebut dan menjadi selebriti termuda yang memiliki patung lilin di Madame Tussauds Shanghai. Akan tetapi ini tak lagi dipajang di museum tersebut usai gambar photoshop dari patung lilin Kris yang mengenakan seragam penjara menjadi viral.

5. Debut Akting


Debut Akting

Kris memulai debut aktingnya di tahun 2015 lewat film "Somewhere Only We Know" yang diarahkan bintang Tiongkok terkenal, Xu Jinglei. Kris bermain sebagai Peng Zeyang yang merupakan ayah tunggal muda yang tinggal bersama putri kecilnya dan ibu bipolar. Lewat perannya sebagai Peng Zeyang, Kris meraih penghargaan Best New Actor dari China International Film Festival London 2015.

6. Pengakuan Internasional


Pengakuan Internasional
Instagram/kriswu

Karier Kris terus melambung hingga ia melebarkan sayapnya di kancah internasional. Ia debut film Hollywood bertajuk "XXX: Return of Xander Cage" karya D. J. Caruso dan menjadi lawan main Vin Diesel. Di samping itu Kris juga bermain di fil m Hollywood "Valerian and the City of a Thousand Planets" karya Luc Besson. Ia beradu akting dengan Rihanna hingga Cara Delevingne. Pada Oktober 2017, Kris merilis "Deserve", menampilkan rapper Amerika Travis Scott (II) dan membuat lagu tersebut langsung meledak.

7. Debut Album


Debut Album
Instagram/kriswu

Sebelumnya Kris sempat debut solo dengan merilis single bertajuk "Time Boils the Rain" sebagai bagian dari soundtrack untuk box office Tiongkok "Tiny Times 3" pada Juli 2014. Pada tahun 2018, ia merilis album bertajuk "Antares". Setelahnya, Kris juga merilis lagu-lagu seperti "Big Bowl, Thick Noodle". "Eternal Love", dan "Aurora". Kini lagu-lagu Kris yang berada di platform streaming telah dihapus di Tiongkok.

8. Miliki Banyak Pencapaian


Miliki Banyak Pencapaian
Instagram/kriswu

Sepanjang kariernya, Kris telah memiliki banyak pencapaian. Ia masuk dalam jajaran artis terkaya di Tiongkok. Sebagai selebriti, Kris telah mewakili banyak brand dan menjadi duta. Di tahun 2017, ia didapuk sebagai duta global merek Bulgari di 2017 BaselWorld.

Sementara di dunia otomotif, Kris pernah berhasil memenangkan kompetisi balap mobil PCCA Zhuhai Sprint Challenge Championship Race 1 pada tanggal 22 Mei 2021. Sebagai aktor, Kris juga meriah serangkaian penghargaan seperti Strong New Actor, Outstanding Youth Award, hingga Best Actor.

9. Rekam Jejak Kegiatan Amal


Rekam Jejak Kegiatan Amal
Instagram/kriswu

Pada Juni 2014, Kris bergabung dengan Heart Ali yang merupakan proyek amal dengan tujuan untuk membantu anak-anak yang menderita cacat jantung bawaan di Prefektur Ngari di Tibet. Di tahun 2015, pelantun "Overdose" itu meluncurkan proyek amalnya sendiri yang disebut Extraordinary Honorary Court yang merupakan kolaborasi dengan Sina, Weibo Olahraga, dan Weibo Amal. Tujuannya adalah untuk menyebarkan bola basket di sekolah menengah di Tiongkok untuk mendorong semua pemuda pecinta bola basket untuk melanjutkan impian mereka mengejar olahraga ini.

10. Terlibat Kontroversi


Terlibat Kontroversi
Instagram/kriswu

Tak hanya bersalah atas tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual, Kris juga terlibat dalam penggelapan pajak. Ia dinyatakan bersalah melakukan penggelapan pajak antara tahun 2019 dan 2020 sehingga diwajibkan membayar denda sebanyak Rp 1,3 triliun.

Atas kasus yang menjerat namanya ini Kris Wu banyak merek dunia yang langsung menyetop kerja sama mereka. Bahkan jejak digital Kris dihapus di Tiongkok mulai dari akun media sosial hingga lagunya yang berada di platform streaming.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru