ITZY Dikhawatirkan Berada Dalam Masa Krisis Gara-gara JYP Entertainment
Twitter/ITZYofficial
Selebriti

ITZY tampaknya tengah mengalami masa-masa sulit dalam pencapaian mereka lewat dua comeback terakhir. JYP Entertainment pun dinilai ikut ambil bagian atas kemerosotan prestasi ITZY.

WowKeren - ITZY baru saja comeback dengan album "Chesire". Namun sayangnya "Cheshire" kurang berhasil di chart digital. Sebelumnya fans juga dibuat sedih saat ITZY harus pulang tanpa membawa penghargaan dari MAMA 2022, meski ikut tampil memeriahkan acara tersebtu.

ITZY pun kini dikhawatirkan tengah menghadapi krisis dalam karier mereka. Pada tahun 2022, ITZY melakukan comeback sebanyak dua kali, namun keduanya tidak sesukses yang diharapkan. Padahal ITZY sebelumnya pernah digadang-gadang sebagai salah satu girl group papan atas dari generasi 4 idol K-Pop.

Mengikuti "Wannabe", rangkaian produk ITZY, termasuk "In the Morning", "LOCO", dan "Not Shy", tidak dapat dianggap sebagai lagu paling terkenal dari generasi itu. Menurut Kbizoom, ITZY mulai menunjukkan tanda-tanda melambat di pertengahan tahun 2021. Girl group JYP itu terpaksa menyerahkan posisi teratas ke girl group lain.

2022 dapat disebut sebagai "tahun girl group", mengingat bahwa tidak hanya "rookie monster" wanita yang debut tahun ini, tetapi artis dari generasi ke-2 dan ke-3 juga melakukan comeback besar-besaran. Namun, di tengah masa gemilang artis wanita, ITZY mendapat sedikit perhatian meski terbilang aktif.


Pada Juli 2022, mereka merilis album "Checkmate" dengan judul lagu "Sneakers", yang membutuhkan waktu lama untuk mencapai puncak tangga lagu, sebelum turun lagi. Nyatanya, lagu tersebut segera kalah dari girl grup lain. Selain itu, "Sneakers" juga memiliki pencapaian yang kurang jika dibandingkan lagu-lagu lama ITZY.

Seiring waktu, penggemar jangka panjang JYP Entertainment mulai menyadari bahwa agensi melakukan pekerjaan yang buruk dalam mempertahankan grupnya untuk periode long-term. Dalam kasus ITZY, MV, konsep, koreografi, bahkan musik mereka mulai kurang mendapat perhatian dan investasi dari JYP.

Dengan persaingan di antara idola gen 4 yang semakin memanas setiap hari, kurangnya perhatian seperti itu sangat merugikan dan mengancam karier ITZY dalam jangka panjang. Selain itu, ITZY telah debut untuk waktu yang lama, untuk melawan artis pendatang baru, mereka membutuhkan "penyegaran" dalam citra dan strategi yang lebih baik.

Selain itu, JYP sangat membatasi promosi individu dan pertumbuhan individu dari setiap anggota ITZY. Jika JYP tidak mengubah arahnya di masa depan, baik dalam musik, konsep, strategi, atau promosi, ITZY tampaknya akan mengalami kesulitan untuk bertahan di pertarungan gen ke-4, meski memiliki awal karier luar biasa.

(wk/amel)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait