Ifan Seventeen Sampe Ngamuk, 10 Penyanyi Ini Pernah Dihentikan Paksa Saat Manggung
Instagram
Musik

Acara konser hampir tak pernah sepi karena selalu banyak penonton yang ingin melihat secara langsung penyanyi favorit mereka. Namun sayangnya, kejadian tidak terduga adakalanya terjadi.

WowKeren - Bagi sebagian orang, musik adalah salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran. Dengan mendengarkan lagu-lagu yang disukainya, sejumlah orang percaya bahwa hal itu bisa membangkitkan kembali semangat mereka. Lirik-liriknya bisa membuat orang yang mendengarkannya terhanyut dalam suasana. Tak heran jika banyak sekali orang yang suka mendengarkan musik.

Musik bagi beberapa orang telah menjadi bagian dari keseharian mereka. Tak sedikit orang yang melakukan aktivitas sehari-harinya sambil mendengarkan musik dari penyanyi favorit. Kesukaan seseorang terhadap penyanyi favorit bisa berawal dari lagu-lagu yang diperdengarkannya. Tak hanya itu, suara yang khas dari penyanyi maupun band musik juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.


Oleh sebab itu, ketika tersiar kabar bahwa penyanyi atau band musik favorit menggelar penampilan langsung di atas panggung, tentu hal ini akan membuat penonton antusias. Begitu juga sebaliknya dengan para penyanyi tersebut. Bagi mereka bisa memberikan penampilan secara langsung di depan para penggemar menjadi kesempatan berharga.

Tak pelak, acara konser hampir tak pernah sepi karena selalu banyak pengunjung yang berbondong-bondong untuk melihat secara langsung penampilan penyanyi kesayangan mereka. Namun sayangnya, kejadian tidak terduga adakalanya terjadi ketika para penyanyi tersebut tengah memberikan penampilan mereka.

Misalnya ketika lagu mereka tiba-tiba dihentikan karena suatu alasan. Rupanya, tak sedikit penyanyi Indonesia yang mengalami hal semacam itu. Untuk itu, melalui artikel ini, tim WowKeren ingin menunjukkan kepada pembaca sekalian penyanyi mana saja yang pernah dihentikan paksa saat tampil di atas panggung. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Ifan Seventeen


Ifan Seventeen
Instagram/ifanseventeen

Baru-baru ini, Ifan Seventeen dibuat naik pitam ketika penampilannya dihentikan secara paksa oleh petugas keamanan. Diketahui, ia menjadi salah satu penyanyi yang tampil dalam sebuah acara private bernama Bina Media 2022 Bank Indonesia di Banyuwangi, pada akhir pekan lalu. Sambil meluapkan kekesalan, momen itu diunggahnya ke media sosial.

Menyinggung soal etika, ia menegaskan bahwa dirinya hanya menjadi pengisi acara yang diundang. Jika memang ada persoalan antara pelaksanaan di lapangan dengan perjanjian maka hal itu sebaiknya dibicarakan oleh pihak penyelenggara dan pengelola tempat acara berlangsung.

2. Tri Suaka


Tri Suaka
Instagram/xdjtrisuaka

Izin memang penting untuk menggelar sebuah kegiatan, terlebih acara konser musik yang melibatkan banyak pihak. Sayangnya, konser Tri Suaka dan kawan-kawan yang digelar di Deliserdang pada Februari 2022 lalu terpaksa dibubarkan lantaran tidak mengantongi izin. Konser yang digelar dalam lingkungan cafe itu dihadiri lebih dari 200 orang.

Beberapa lagu disebut sepat dinyanyikan sebelum akhirnya datang Satgas yang menghentikan paksa kegiatan itu. Pihak kepolisian mengatakan bahwa pihaknya tidak memberikan izin untuk menggelar acara tersebut mengingat penyebaran varian omicron yang meningkat kala itu.

3. Sheila On 7


Sheila On 7
Instagram/sheilaon7

Sheila On 7 juga pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan saat manggung di acara Farmasi Cup 2018, di Lapangan Parkir Mandala Krida Yogyakarta pada 2018 lalu. Saat tengah membawakan lagu hit mereka, "Shepia", mereka tiba-tiba dibuat heran dengan aparat keamanan yang naik ke atas panggung.

Hal itu diduga karena Sheila On 7 dinilai telah melewati batas waktu manggung. Sang bassist, Adam, menyayangkan apa yang dilakukan oleh aparat keamanan yang tiba-tiba menghentikan acara mereka tanpa berdiskusi terlebih dahulu. Sebelumnya, band asal Yogyakarta itu pernah diberhentikan di tahun 2015 saat konser The 90's Festival di Bandung.

4. Base Jam


Base Jam
Instagram/basejamofficial

Saat tengah asyik manggung membawakan lagu di Aceh pada 2019 lalu, Base Jam harus menelan pil pahit. Pasalnya, penampilan mereka terpaksa dibubarkan. Grup musik yang ngetop di akhir tahun 1990-an itu sedianya akan membawakan sekitar 10 lagu. Namun, baru beberapa lagu grup itu dipaksa turun.

Saat tengah membawakan lagu, sound tiba-tiba dimatikan. Adapun hal itu terkait protes warga Aceh terhadap flyer promo yang beredar di media sosial. Salah satu personel Base Jam dianggap menyalahi aturan yang berlaku di Aceh. "Tadinya enggak ekspektasi sampai besar, karena sudah kita selesaikan juga," kata bassist mereka.

5. Endank Soekamti


Endank Soekamti
Instagram/endanksoekamti

Saat tampil di sebuah konser yang digelar di Kudus beberapa waktu lalu, Endank Soekamti mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan. Konser itu mendadak diberhentikan karena pihak penyelenggara tidak mengantongi izin acara. Mereka menegaskan bahwa pembubaran itu bukan dikarenakan adanya kericuhan.

Mereka akhirnya tetap diizinkan untuk tampil walaupun tidak banyak lagu yang dibawakan. "Karena tidak ada ijin ya diberhentikan. Management mencoba bernego dan atas seijin Kapolres yg dateng langsung di lapangan, Kita dikasih kesempatan tetap manggung walaupun tidak banyak lagu," tulis Endank Soekamti.

6. Andien


Andien
Instagram/andienaisyah

Penyanyi cantik Andien pernah dibuat kaget ketika di tengah-tengah penampilannya, ia dihentikan oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Peristiwa itu terjadi pada akhir 2016 lalu. Andien sebagai pendukung Ahok menunjukkan doa dan dukungan dengan menyumbangkan sebuah lagu. Di sela penampilannya, Ahok justru menghentikan Andien.

Bukan karena alasan negatif, Ahok rupanya khawatir melihat kondisi Andien yang sudah berkeringat padahal tengah hamil kala itu. Andien pun langsung protes. Sebab, masih ada lagu lagi yang ingin dinyanyikannya. Hingga kemudian Andien pun tetap melanjutkan penampilannya.

7. Afgan


Afgan
Instagram/afgan__

Sebelum tampil di Prambanan Jazz, Afgan sempat mendapat pesan dari panitia untuk tidak tampil di acara itu lantaran ada penundaan. "Gw seharusnya perform jam 8 malam. Tapi gw baru naik panggung sekitar jam 10 malam," katanya. Ia pun berusaha membicarakannya hingga akhirnya bisa tampil.

Namun sayangnya, saat membawakan lagu keempat semua lampu panggung tiba-tiba mati. "Eh di lagu ke 4, lampu panggung semua di matiin, alias gw diusir. Akhirnya semua penonton nyalain flashlight dr handphone masing2," tulis Afgan. Meski mengaku kecewa, namun Afgan terharu dengan antusiasme penonton.

8. Seringai


Seringai
Instagram/seringai_official

Publik tentu masih ingat dengan Berdendang Bergoyang Festival yang sedianya berlangsung selama tiga hari pada Oktober 2022 lalu. Acara yang mengundang artis-artis ternama ini sayangnya harus diberhentikan. Salah satu grup musik yang terdampak adalah Seringai. Saat tengah tampil di hari kedua, mereka tiba-tiba diminta untuk berhenti oleh panitia.

Adapun alasannya karena adanya instruksi dari kepolisian. Manager Seringai, Wendi Putranto, pun mengaku kesal. "Di setlist masih ada 3 lagu lagi dan monitor timer yang segede teleprompter tadinya masih 15 menit tiba-tiba berubah tinggal 2 menit," katanya. Ia juga lebih jauh menyoroti kesalahan pemilihan venue Istora Senayan terkait kapasitas.

9. Tiara Andini & Vidi Aldiano


Tiara Andini & Vidi Aldiano
YouTube/TiaraAndiniVEVO

Tiara Andini dan Vidi Aldiano juga pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan saat tampil di salah satu acara yang diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka pada pertengahan November 2022 lalu. Karena alasan keamanan, keduanya tiba-tiba dihentikan saat tengah tampil. Pihak penyelenggara pun meminta maaf.

Sementara itu, Vidi sendiri mengaku bingung sebab seharusnya ia masih bisa membawakan beberapa lagu lagi. Pasalnya menurut Vidi, kondisi penonton juga tidak berdesak-desakan. "Bahkan depan panggung pun masih ada space untuk duduk-duduk dengan nyaman dan lega," tuturnya. Ia pun juga meminta maaf pada penonton yang sudah hadir.

10. Aura Kasih


Aura Kasih
Instagram/auraurakasih

Sama seperti Seringai, Aura Kasih juga menjadi salah satu penyanyi yang terdampak saat tampil di hari kedua Berdendang Bergoyang Festival. Ia tidak bisa memberikan penampilan yang maksimal karena hanya menyanyikan sebagian lagu sebelumnya akhirnya diminta untuk berhenti. Pihak penyelenggara menghentikan acara atas permintaan pihak berwajib.

Aura Kasih sendiri mengaku seram dengan kondisi waktu itu. "Aku lihatnya juga udah seram. Orang tuh berlarian di stage kita," katanya. Hingga ia pun memberikan pengertian kepada penonton bahwa dia hanya bisa membawakan sedikit lagu. "Ya orang Jakarta antusiasnya keren banget. Cuma memang ada hal yang tidak diinginkan lah jadi di stop," katanya.

Nah, demikianlah tadi sederet penyanyi yang pernah dihentikan secara tiba-tiba saat manggung. Tentu hal itu menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru