Aliando Terserang OCD Usai Kena Hipnotis, 8 Artis Ini Blak-blakan Akui Derita Gangguan Serupa
Instagram
Selebriti

Berbicara mengenai gangguan mental OCD, rupanya bukan hanya Aliando saja yang mengalaminya. Ada sejumlah figur publik Tanah Air yang memiliki gejala gangguan mental serupa.

WowKeren - Gangguan mental bisa menyerang siapa saja. Bentuknya pun bermacam-macam. Begitu pula dengan tingkat keparahannya. Namun sayangnya, sejumlah orang masih ada saja yang menyepelekan gangguan mental sehingga hanya membiarkannya. Padahal, seperti gangguan pada kondisi fisik, gangguan mental dalam diri seseorang juga harus segera diobati.

Sebab jika tidak, hal itu bisa menjadi semakin parah. Berbicara mengenai gangguan mental, penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Tak terkecuali artis Tanah Air sekalipun. Seperti salah satunya Aliando Syarief yang blak-blakan mengakui bahwa dirinya memiliki gangguan mental OCD (Obsessive Compulsive Disorder) ekstrem.


Sementara itu, OCD sendiri merupakan bentuk gangguan mental yang membuat penderitanya merasa harus melakukan tindakan tertentu berulang kali. Kembali ke Aliando, ia belum lama ini mengaku secara terbuka bahwa penyakit mental yang dideritanya itu bermula dari perbuatan orang jahat yang berusaha mencuci otaknya.

Sementara itu, Enzy Storia yang turut mengobrol dengannya juga membenarkan bahwa memang ada orang yang memiliki ilmu untuk melakukan brain washing. Meski awalnya korban hanya akan diajak mengobrol namun efek yang ditimbulkannya bisa bermacam-macam.

Namun, berbicara mengenai gangguan mental yang satu ini, rupanya bukan hanya Aliando saja artis Tanah Air yang mengalaminya. Ada sejumlah figur publik Tanah Air yang memiliki gejala gangguan mental tersebut. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk melihat artis mana saja yang diam-diam ternyata juga mengalami gangguan mental OCD.

(wk/zodi)

1. Prilly Latuconsina


Prilly Latuconsina
Instagram/prillylatuconsina96

Siapa sangka, di balik sosoknya yang multitalenta, Prilly Latuconsina ternyata mengidap gangguan mental OCD? Tak pelak, pengakuannya itu sukses mengejutkan penggemar dan rekan sesama artisnya. Ia mengaku telah mengidap gangguan itu sejak 2019 silam. Namun, itu hanya sebatas diagnosa pribadi.

Ia sendiri belum pernah memeriksakannya ke dokter. Dikatakannya, dirinya mengidap OCD lantaran selalu merasa tidak tenang jika barang-barangnya tidak terorganisir dengan baik. "Aku OCD. Misal aku lagi makeup, tiba-tiba kayak, 'Sepatu aku miring, tolong geserin, dong. Kalau enggak, aku enggak tenang'," ujarnya mencontohkan.

2. Rina Nose


Rina Nose
Instagram/rinanose16

Presenter Rina Nose juga secara blak-blakan mengakui jika dirinya menderita OCD. Hal itu terungkap ketika ia mengobrol dengan Denny Sumargo beberapa waktu lalu. "Gue mengalami obsessive. Sebenarnya di dunia psikolog namanya obsessive compulsive disorder, itu gangguan OCD," katanya.

Terkait bagaimana hal itu bisa terjadi, Rina mengatakan dirinya kerap mengalami kecemasan jika melihat sesuatu yang menurutnya tidak sesuai. Ia pun tak memungkiri jika kecemasannya yang seperti itu kerap membuatnya menghabiskan waktu. "Salah satunya yang paling (buat cemas tentang) di kerapihan, kesesuaian," tuturnya.

3. Hilda Vitria


Hilda Vitria
Instagram/hvkhildavitriakhan

Beberapa waktu lalu Hilda Vitria muncul dengan kabar mencengangkan bahwa dia mengalami gangguan mental. Lewat unggahan Instagram miliknya, ia mengumumkan bahwa dirinya mengidap OCD. Bahkan setiap bangun pagi, hal pertama yang dia lakukan adalah mengecek ubin dan debu di rumahnya.

Tak hanya itu, rupanya, sejak usia sepuluh tahun Hilda memang sudah memiliki hobi bersih-bersih rumah. Namun, kebiasaan itu semakin bertambah para ketika ia beranjak dewasa. Ia pun mengaku terkadang tidak menyadari apa yang dia lakukan. Bahkan saat dalam kondisi sakit sekalipun, ia akan memaksakan diri untuk bersih-bersih.

4. Afgan


Afgan
Instagram/afgan__

Penyanyi Afgan Syahreza juga mengakui bahwa dirinya adalah pengidap gangguan OCD. Beberapa waktu lalu saat membagikan kegiatannya selama pandemi, ia banyak melakukan bersih-bersih rumah. Waktu itu, ia mengaku masih tinggal dengan orang tuanya. "Gue ingin bersih-bersih rumah. Gue masih tinggal di rumah nyokap gue 'kan," katanya.

Sebagai pengidap OCD, ia tentu tidak bisa melihat rumahnya kotor. Oleh sebab itu, ia kerap membersihkan setiap sudut rumahnya untuk memastikan tidak adanya debu di sana. "Karena di rumah gue enggak ada yang OCD kayak gue. Jadi, kalau gue ingin setiap sudut rumah gue tanpa debu gitu, ya bersih-bersih," ujarnya.

5. Rizky Kinos


Rizky Kinos
Instagram/kinosnoski

Bagi penderita OCD, mereka akan merasa tersiksa atau tidak nyaman ketika melihat barang-barang ditata tidak sesuai dengan bayangan yang ada dalam otaknya. Seperti itulah yang dialami oleh Rizky Kinos, suami Nycta Gina. Alhasil, kondisi itu membuat Rizky memiliki 'ritual' tertentu untuk merapikan batu-batu di kamar mandi.

"Setiap gue mandi ada ritual dulu, gue rapiin batu-batu putihnya," kata Rizky saat mengobrol bersama Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama. Baru kemudian ia bisa mandi dengan tenang. Begitu pula saat membuka kulkas, ia akan menutup matanya karena enggan melihat sesuatu yang berantakan. Terkait hal ini, Nycta Gina pun sudah memakluminya.

6. Ari Lasso


Ari Lasso
Instagram/ari_lasso

Saat mengobrol santai dengan Daniel Mananta beberapa waktu lalu, Ari Lasso mengungkap hal yang tak terduga terkait dirinya. Mantan vokalis Dewa 19 itu mengakui jika mungkin dirinya mengidap OCD. Namun, hal itu justru membuat rumahnya menjadi lebih bersih. "Yang pasti rumah saya bersih sekali, Nil," katanya.

Bukan karena terpaksa, ia melakukan bersih-bersih karena menderita OCD. Bahkan meskipun ia pulang larut malam, namun jika melihat ada sesuatu yang tidak tertata semestinya maka ia pun tidak akan bisa tenang. Sampai-sampai, ia membersihkan kamar anaknya hingga kamar pembantu karena tidak bisa hanya berdiam diri.

7. Zaskia Adya Mecca


Zaskia Adya Mecca
Instagram/zaskiadyamecca

Orang yang menderita gangguan OCD, biasanya merasa tidak tenang jika melihat sesuatu yang menurutnya tidak tertata rapi dengan semestinya. Oleh sebab itu, tak ayal jika orang dengan gangguan OCD cenderung akan lebih menjaga kerapihan dan keteraturan barang-barangnya. Seperti Zaskia Adya Mecca.

"Gue OCD, jadi kalau lagi ngumpul makan sama anak-anak, makan belum kelar, mejanya sudah rapi," katanya kepada Shireen Sungkar yang berkunjung ke rumahnya. Tak hanya saat berada di rumah, namun kebiasaan itu juga dilakukannya saat berada di luar. Saat makan di restoran pun, ia akan membersihkan meja makannya sendiri.

8. Olla Ramlan


Olla Ramlan
Instagram/ollaramlan

Penampilan Olla Ramlan yang glamor tak dipungkiri kerap membuat para penggemarnya iri. Namun, siapa sangka jika di balik parasnya yang menawan dan hartanya yang melimpah, Olla ternyata juga mengidap gangguan mental OCD? "Aku OCD. Aku on time. Enggak bisa aku telat-telat gitu. Orang lihatnya aku tegas, padahal memang enggak nyaman," katanya.

Saat mengobrol bersama Melaney Ricardo, ia secara blak-blakan mengakui bahwa soal penataan minuman saja, itu biasa membuatnya cemas jika tidak tertata rapi. "Bayangin saja, di kulkas itu, ya. Semua minuman harus hadap depan. Aku enggak nyaman kalau enggak hadap depan," katanya.

Nah, demikian tadi sederet artis Tanah Air yang rupanya juga mengidap gangguan mental OCD. Berkonsultasi dengan dokter atau orang yang tepat adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait