Jangan Mager, Terapkan 8 Tips Ini untuk Mengembalikan Semangat Kerja Usai Libur Akhir Tahun
Pexels/Andrea Piacquadio
SerbaSerbi

Kembali bekerja setelah libur akhir tahun terkadang membuat kita kurang bersemangat. Oleh sebab itu, WowKeren hadir untuk memberikan beberapa tips meningkatkan semangat kerja di awal tahun.

WowKeren - Libur akhir tahun telah berakhir dan sudah saatnya bagi kita untuk kembali ke rutinitas sehari-hari. Salah satunya adalah bekerja untuk mencari nafkah.

Bekerja di awal tahun kadang terasa sangat berat. Tak sedikit dari kita yang masih terbawa suasana liburan hingga malas berangkat ke kantor. Bahkan mungkin ada yang membuat-buat alasan agar bisa WFH dan tidak masuk kerja.


Perasaan tersebut memang cukup wajar. Namun, kita seharusnya menyambut tahun baru dengan penuh semangat agar bisa bekerja dengan produktif.

Untuk mewujudkan hal ini, Anda terlebih dahulu harus menjauhi sikap mager (malas gerak). Hal itu terutama berlaku bagi Anda yang berharap bisa naik gaji atau jabatan tahun ini.

Oleh sebab itu, tim redaksi WowKeren telah merangkum beberapa tips untuk mengembalikan semangat kerja di awal tahun. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini:

(wk/eval)

1. Hadirkan Suasana Baru


Hadirkan Suasana Baru
Pexels/Skylar Kang

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghadirkan suasana baru di tempat kerja. Cara ini berguna untuk menjernihkan pikiran dan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal penting.

Anda bisa memulainya dengan membersihkan meja kerja. Singkirkan semua kertas, kalender 2022 maupun kotoran yang tertinggal di meja kerja. Pindai file yang Anda butuhkan dan hapus sisanya, lalu letakkan kalender terkini dan item baru yang bisa menumbuhkan semangat kerja.

2. Stok Camilan


Stok Camilan
Pexels/MART PRODUCTION

Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan semangat kerja adalah menikmati makanan atau camilan lezat. Oleh sebab itu, Anda bisa menyetok camilan di meja kerja untuk dijadikan mood booster saat rasa bosan menghampiri.

Ada beberapa camilan sehat yang bisa mengembalikan fokus saat bekerja. Di antaranya adalah granola, yoghurt, oatmeal, telur dan ubi rebus, smoothie, salad buah, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

3. Buat Target Baru


Buat Target Baru
Pexels/Monstera

Karena masih awal tahun, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menetapkan target karier. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai motivasi ampuh untuk meningkatkan semangat dan produktivitas saat bekerja.

Perlu diingat bahwa "jika Anda tidak tahu ke mana Anda akan pergi, maka akan sulit untuk sampai di sana." Jadi, jika Anda ingin berada di posisi berbeda tahun depan, rencanakan perubahan Anda sekarang. Buat target realistis dan tulis beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapainya.

4. Istirahat Saat Mulai Jenuh


Istirahat Saat Mulai Jenuh
Pexels/Valeria Ushakova

Saat bekerja, tak jarang kita merasa suntuk, mengantuk dan jenuh. Apalagi jika kita baru saja menghabiskan libur akhir tahun yang menyenangkan. Kondisi ini akan menurunkan fokus, sehingga produktivitas saat bekerja akan berkurang. Bahkan kita bisa melakukan kesalahan karenanya.

Anda harus segera beristirahat ketika situasi ini terjadi. Pergilah ke kamar mandi untuk cuci muka atau sekadar jalan-jalan untuk mencari udara segar. Bila memungkinkan, Anda bisa menyempatkan diri untuk tidur siang selama 15-30 menit guna mengistirahatkan tubuh dan pikiran yang lelah.

5. Kurangi Multitasking


Kurangi Multitasking
Pexels/Luna Lovegood

Memaksakan diri untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas secara bersamaan dapat menurunkan produktivitas saat bekerja. Oleh sebab itu, Anda harus mengurangi multitasking jika ingin meningkatkan semangat kerja di awal tahun.

Perlu diketahui bahwa otak manusia tidak dirancang untuk multitasking, jadi kinerjanya akan melambat ketika kita melakukan banyak tugas secara bersamaan. Jika dilakukan secara terus menerus, hal itu akan merusak memori otak, menurunkan fokus, kualitas dan efisiensi kerja serta dapat menyebabkan stres.

6. Jalin Komunikasi dengan Rekan Kerja


Jalin Komunikasi dengan Rekan Kerja
Pexels/Thirdman

Menjalin komunikasi dengan rekan sekantor juga bisa Anda jadikan cara untuk meningkatkan semangat kerja di awal tahun. Tujuannya adalah untuk membangun atmosfer positif seperti memunculkan rasa kebersamaan, loyalitas hingga kepuasan saat bekerja.

Anda tidak harus membahas masalah pekerjaan saat berkomunikasi dengan mereka. Sekadar menyapa saat berpapasan di jalan atau menghabiskan waktu dengan makan dan karaoke bersama juga dapat membantu meningkatkan mood Anda.

7. Tetap Terhidrasi


Tetap Terhidrasi
Pexels/cottonbro studio

Menjaga tubuh tetap sehat, bugar dan ternutrisi juga penting dilakukan untuk meningkatkan semangat kerja. Hal ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih fokus saat mengerjakan berbagai tugas di kantor.

Ada beberapa cara untuk menjaga asupan cairan tetap terpenuhi di tengah kesibukan bekerja. Mulai dari meletakkan gelas atau botol minum di meja kerja, membuat infused water hingga memasang alarm untuk minum air.

8. Ubah Pola Pikir


Ubah Pola Pikir
Pexels/RODNAE Productions

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah mengubah pola pikir. Kita harus menyadarkan diri sendiri bahwa waktu libur sudah berakhir, sehingga kita harus kembali menunaikan kewajiban sebagai seorang pekerja. Bersikap tegas pada diri sendiri bisa membuat Anda fokus dan tidak tenggelam dalam suasana liburan.

Selain itu, Anda juga bisa memotivasi diri sendiri agar lebih bersemangat saat kerja. Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda, namun umumnya mereka bekerja untuk mendapatkan penghasilan.

Demikian delapan tips meningkatkan semangat kerja di awal tahun yang telah tim redaksi rangkum untuk pembaca setia WowKeren. Semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat kembali bekerja!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru