Angga Yunanda Ubah Username Instagram, 10 Artis Ini Justru Ganti Nama Asli di Dunia Nyata
Instagram/angga
Selebriti

Selain karena untuk mencari peruntungan, keputusan seseorang untuk mengubah nama mereka juga beragam. Misalnya salah satunya untuk memulai lembaran baru dalam kehidupan.

WowKeren - Baru-baru ini nama Angga Yunanda kembali menjadi pembicaraan. Hal itu terjadi usai dirinya mengganti username akun Instagram miliknya, dari yang sebelumnya @anggayunandareal16 menjadi @angga. Tak pelak, hal ini membuat banyak yang penasaran dengan alasan mengapa Angga Yunanda melakukannya.

Berbicara mengenai nama, nama merupakan sesuatu yang setiap orang pasti memilikinya. Pemberian nama ini dilakukan ketika seseorang terlahir ke dunia. Nama biasanya berisi mengenai harapan orang tua kepada anaknya kelak. Oleh sebab itu, memilih nama bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang.


Sebab, ada yang mengatakan jika nama merupakan doa. Oleh sebab itu, setiap orang tua akan memikirkan dengan matang sebelum memutuskan nama untuk mereka. Yang jelas, setiap orang tua menginginkan hal-hal yang baik bagi anaknya sehingga nama yang dipilih pun juga memiliki arti yang baik-baik. Meski demikian, ada pula seseorang yang berganti nama.

Selain karena untuk mencari peruntungan, keputusan seseorang untuk mengubah nama mereka juga beragam. Misalnya salah satunya untuk memulai lembaran baru dalam kehidupan. Berbicara mengenai penggantian nama, ternyata sejumlah artis Tanah Air ada yang mengambil keputusan demikian.

Alasan mereka pun beragam, mulai dari hal-hal mistis hingga karena sakit-sakitan. Oleh sebab itu pergantian nama diharapkan bisa menghadirkan perubahan. Untuk itu melalui artikel ini tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk melihat artis mana saja yang memutuskan untuk ganti nama. Yuk, simak selengkapnya.

(wk/zodi)

1. Titi Radjo Padmaja


Titi Radjo Padmaja
Instagram/titiradjopadmaja

Bagi sebagian orang, nama Titi Radjo Padmaja mungkin masih belum begitu akrab di telinga. Namun, berbeda dengan Titi Rajo Bintang. Musikus sekaligus sineas Tanah Air ini ternyata sudah tiga kali memiliki nama yang berbeda. Pertama, nama yang disandangnya adalah Titik Handayani. Kemudian ia menggantinya ke Titi Rajo Bintang.

Hingga kemudian ia menggantinya menjadi Titi Radjo Padmaja karena alasan adat. "Setelah papa meninggal ternyata aku baru tahu, karena Ninik Mama di kampung aku, di Maninjau, mereka baru ngasih tahu kalau nama Rajo Bintang diturunkan ke anak laki-laki," katanya. Saat berganti nama, ia juga menggelar syukuran.

2. Abimana Aryasatya


Abimana Aryasatya
Instagram/abimana_arya

Abimana Aryasatya telah dikenal sebagai salah satu aktor populer di Indonesia. Terutama berkat perannya di "Gundala". Malang melintang di dunia hiburan sejak tahun 1990-an, Abimana ternyata sempat menggunakan nama panggung Robertino. Adapun itu merupakan nama aslinya sejak lahir.

Kemudian pada tahun 2011, ia mengumumkan bahwa ia mengubah namanya menjadi Abimana. Alasannya, ia tidak nyaman menggunakan nama lahirnya, yang diambil dari nama sang ayah. Pasalnya sejak lahir, ia belum pernah bertemu sosok ayahnya. Namun ternyata, mengganti nama bukan berarti mengubah apa yang ada dalam dirinya. "Ternyata asumsi gue salah. Gue harus mengubah apa yang (ada) di dalam gue, bukan namanya," katanya.

3. Rich Brian


Rich Brian
Instagram/brianimanuel

Banyak yang mengatakan, awal tahun adalah awal dari sesuatu yang baru. Pada awal tahun 2018 lalu, rapper Rich Brian memutuskan untuk mengganti namanya. Semula memakai nama panggung Rich Chigga, ia pun menggantinya menjadi Rich Brian seperti yang dikenal sampai sekarang.

Hal itu diumumkannya lewat cuitan di Twitter. Dalam cuitannya itu, ternyata ia sudah merencanakan penggantian nama tersebut sejak lama. Oleh sebab itu, di tahun yang baru ia berharap juga akan ada awal yang baru. Sementara itu, Rich Brian sendiri juga sempat berkolaborasi bareng sejumlah musisi asal Tiongkok maupun Korea Selatan.

4. Mulan Jameela


Mulan Jameela
Instagram/mulanjameela1

Sebelum dikenal sebagai Mulan Jameela, istri Ahmad Dhani ini sempat dikenal dengan nama Mulan Kwok. Namun yang menarik adalah, ternyata ia memang berkali-kali ganti nama. Sebelumnya, ia dikenal dengan nama Raden Terry Tantri Wulansari. Namun saat terjun ke dunia hiburan, ia memakai nama Wulan Ardina.

Dianggap tak berhasil menembus dinding popularitas, ia pun mengubah namanya menjadi Mulan Kwok saat bergabung dengan Maia Estianty lewat Ratu. Hingga kemudian ia berganti nama menjadi Mulan Jameela setelah memutuskan untuk bersolo karier. Menurutnya, perpaduan nama Mulan dan Jameela sangat bagus.

5. Sarwendah


Sarwendah
Instagram/sarwendah29

Kini dikenal luas sebagai Sarwendah, istri Ruben Onsu itu ternyata sempat berganti nama. Sebelumnya, ia memiliki nama Wenda Tan. Namun karena alasan tertentu, Ruben akhirnya memutuskan untuk mengubah nama istrinya. Hal itu berawal ketika ia bertugas di daerah terpencil. Namun, ia kerap merenung memikirkan istrinya di rumah.

Seorang pria pun mendatanginya dan mengusulkan pergantian nama tersebut. Pria tersebut bisa menebak jika Ruben memikirkan kesehatan Wenda, padahal ia tidak bercerita ke siapa-siapa. "Bapak-bapaknya ramah. Tapi ya begitu saya noleh lagi, bapak itu udah nggak ada," kata Ruben. Ia pun terpikir untuk mengganti nama istrinya agar tak lagi sakit-sakitan.

6. Dita Anggraeni


Dita Anggraeni
Instagram/ditaofficial.id

Sebelum dikenal dengan nama Dita Anggraeni seperti sekarang, mantan teman duet Maia Estianty ini dikenal dengan nama Meychan. Saat comeback ke panggung musik, ia datang dengan nama barunya tersebut. Bukan tanpa alasan, ternyata Dita memang nama aslinya. Adapun mengapa dia ingin kembali menggunakan nama aslinya karena berkaitan dengan sang mama.

"Karena nama asliku sebagai Dita dan mama lagi sakit, dia manggilnya, 'Dita, Dita, Dita.' Makanya aku mau balik nama asli aja," katanya beberapa waktu lalu. Selain itu, pihak manajemen juga menyarankannya untuk mengganti nama demi mengubah image. "Project baru aku kan out of the box, bukan lagu pop, benar-benar aneh dan ajaib gitu," terangnya.

7. Brisia Jodie


Brisia Jodie
Instagram/brisiajodie96

Sebelum dikenal dengan nama Brisia Jodie seperti sekarang ini, ternyata penyanyi muda yang satu ini memiliki nama Bianca Jodie. Menurutnya, nama Brisia lebih bisa memberikan keuntungan untuknya. Selain itu, sejak namanya berganti ia juga merasa tak lagi sakit-sakitan seperti sebelumnya.

"Ya lebih hoki, lebih berisi kan Brisia Jodie. Jadi lebih hoki banget jauh sekali dan lebih sehat. Kalau dulu kan sakit-sakitan," katanya. Sementara itu, penggantian nama tersebut juga tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan sudah berkonsultasi dengan ahlinya. "(Nama dapat dari) Mama aku. Jadi kita pakai orang yang ahli nama," imbuhnya.

8. Maria Eleanor


Maria Eleanor
Instagram/mariaeleanor.official

Aktris Lidya Pratiwi juga memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Maria Eleanor. Hal itu dilakukannya pada Desember 2013 lalu dalam rangka penggantian identitas. Adapun alasan dirinya mengganti namanya lantaran sudah tidak cocok. Sementara itu, Lidya Pratiwi sendiri dikenal lewat sinetron "Untung Ada Jinny".

Dalam sebuah pengakuan, ia mengatakan bahwa beban yang dibawa dari nama Lidya Pratiwi terlalu berat. "Jadi aku merasa terlalu berat dengan nama Lidya Pratiwi itu. Terlalu banyak beban yang aku pikul yang seharusnya tidak menjadi beban aku," katanya beberapa waktu lalu. Nama "Eleanor" itu sendiri memiliki arti cahaya atau penerang.

9. Titiek Puspa


Titiek Puspa
Instagram/titiekpuspa_official

Di usia yang tak lagi muda, Titiek Puspa masih terus aktif menjalankan aktivitasnya. Wanita inspiratif yang satu ini sempat mengaku bahwa dirinya kerap menderita penyakit. Hal itu dikatakannya saat mengobrol bersama Deddy Corbuzier. Bahkan kondisinya yang sakit-sakitan membuatnya kerap berganti nama.

Bagi sebagian orang, berganti nama diyakini bisa memutus rantai penyakit. "Dari kecil aja nama saya diganti 3 kali, gara-gara sakit terus. Sakit, Kadarwati, diganti Sudarwati, sakit lagi, diganti Sumarti, sakit lagi. Udah sakit-sakit terus akhirnya saya pakai nama Titik Puspa aja," katanya. Sempat terserang kanker di usia 73 tahun, ia akhirnya sembuh.

10. Annisa Trihapsari


Annisa Trihapsari
Instagram/hapsarianissa29

Terakhir, ada Annisa Trihapsari yang juga membuat keputusan untuk mengubah namanya. Sebelumnya, ia terlahir dengan nama Annisa Tribanowati. Namun menurutnya, nama itu tidak cocok untuknya. Kisah hidupnya yang penuh kesedihan membuat Annisa akhirnya mempertanyakan arti namanya kepada Slamet Rahardjo.

Setelah memahami asal-usul nama Tribanowati yang berarti sedih, ia pun mulai memikirkan untuk berganti nama dan bertanya kepada eyangnya. Setelah eyangnya melakukan tirakat selama 40 hari, ia kemudian memberi nama Annisa Trihapsari. Setelah berganti nama, ia merasa bahwa jalan hidupnya perlahan menjadi lebih bahagia.

Nah, demikian tadi sederet artis Tanah Air yang memutuskan untuk berganti nama karena berbagai macam alasan. Jadi, mana yang baru kamu tahu?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru