Kenal Dekat: Lucinta Luna, Seleb Penuh Sensasi yang Menyesal Jadi Orang Terkenal
Instagram/lucintaluna_manjalita
Selebriti

Simak profil hingga perjalanan karier Lucinta Luna yang penuh sensasi namun juga telah menelurkan sejumlah karya di dunia hiburan Tanah Air lewat beberapa single lagu hingga film.

WowKeren - Lucinta Luna dikenal sebagai salah satu selebriti Indonesia yang penuh sensasi. Meski demikian, ia berhasil mengumpulkan jutaan followers di media sosial hingga sering mendapat tawaran endorse. Lucinta Luna juga sering berkolaborasi dengan artis-artis kondang Tanah Air.

Sejak awal kemuculannya, Lucinta Luna sudah sering dikaitkan dengan isu transgender yang kerap ditepisnya. Ia disebut-sebut dulunya adalah seorang pria bernama Muhammad Fatah yang menjalani operasi penggantian jenis kelamin. Selain itu, Lucinta Luna juga sempat terseret kasus narkoba yang membuatnya harus mendekam di penjara.

Di balik segala kontroversinya, Lucinta Luna juga berkarya di dunia hiburan lewat grup dangdut Duo Bunga. Ia kemudian berkarier solo sebagai penyanyi dan menelurkan sejumlah single hingga berkolaborasi dengan artis luar negeri.


Selain dunia musik, Lucinta Luna juga terjun ke dunia akting dengan membintangi web series hingga film layar lebar. Ia bahkan sempat menjadi pembawa acara salah satu program televisi.

Dengan segala jatuh bangunnya, Lucinta Luna ternyata pernah blak-blakan mengaku menyesal jadi orang terkenal seperti sekarang. Ia merasa hidupnya akan lebih adem ayem jika dirinya tidak terkenal.

Ingin tahu alasan Lucinta Luna menyesal jadi orang terkenal? Penasaran dengan kebenaran di balik isu transgender Lucinta Luna? Cari tahu jawabannya dalam biodata dan perjalanan karier Lucinta Luna berikut ini!

(wk/Bert)

1. Profil Umum


Profil Umum
Instagram/lucintaluna_manjalita

Nama Selebriti: Lucinta Luna

Nama Asli: Ayluna Putri

Tanggal Lahir: 16 Juni 1989

Tempat Lahir: Jakarta

Gender: Wanita

Zodiak: Gemini

Kewarganegaraan: Indonesia

Pekerjaan: Penyanyi, Aktris, Model

Warna Rambut: Hitam

Warna Mata: Hitam

Nama Ayah: Muntoha

Nama Ibu: Djoneha

Pendidikan:

  1. SMKN 4 Jakarta

Terkenal sejak: Bergabung dalam grup dangdut Duo Bunga

Akun Media Sosial Resmi:

  1. Instagram: lucintaluna_manjalita
  2. TikTok: lucintaluna12
  3. YouTube: LUCINTA LUNA TV

2. Diskografi


Diskografi
Youtube/TV Terlajak Laris

Single

  1. "Lain di Mulut Lain di Hati" (bersama Duo Bunga) (2018)
  2. "Bobo Dimana" (bersama Aliff Syukri dan Nur Sajat) (2018)
  3. "Tingkah Lakumu Kode-Kode" (2018)
  4. "Jom Jom Manjalita" (2018)
  5. "Tanpa Status" (2019)
  6. "Syukur" (2021)

3. Filmografi


Filmografi

Film

  1. "Bridezilla" sebagai Queen Luna (2019)

Acara Televisi

  1. "GILS" sebagai pembawa acara (2021)

Web Series

  1. "Beautifool Series: Jaim" sebagai Lucinta Luna (2018)
  2. "Star Stealer" sebagai Lucinta Luna (2020)

4. Trivia


Trivia
Instagram/lucintaluna_manjalita
  1. Mengaku pintar mengaji saat masih kecil
  2. Pernah jadi karyawan tempat karaoke Inul Vizta milik Inul Daratista
  3. Sempat hendak pakai Bunga Cinta Luna (BCL) sebagai nama panggungnya
  4. Mengagumi Luna Maya, ia akhirnya pilih nama panggung Lucinta Luna yang berarti "lu cinta sama luna"
  5. Resmi berstatus sebagai wanita secara hukum
  6. Didiagnosis mengidap gender dysphoria alias gangguan identitas gender
  7. Mengaku pernah ikut program bayi tabung di Malaysia demi punya anak tapi gagal
  8. Ngefans berat, Lucinta Luna sering cover dance lagu-lagu BLACKPINK
  9. Gagal nonton konser BLACKPINK meski sudah sampai Bangkok karena sakit
  10. Mengaku memiliki keluarga yang Islami sehingga ia tidak mau terlalu mengekspos mereka
  11. Mengaku bisa terima tarif endorse hingga Rp 5 miliar per tahun
  12. Sempat depresi karena dibully netizen hingga membutuhkan obat penenang jenis psikotropika
  13. Satu kamar dengan model Vitalia Sesha kala dipenjara karena kasus narkoba
  14. Juluki diri sendiri sebagai Ratu 9 Nyawa
  15. Mengaku sempat jadi simpanan sugar daddy dari berbagai negara

5. Riwayat Hidup


Riwayat Hidup
Instagram/lucintaluna_manjalita

Lucinta Luna dikenal sebagai salah satu influencer terkenal di Indonesia. Meski demikian, Lucinta Luna dulunya terlahir sebagai seorang pria dengan nama Muhammad Fattah di Jakarta pada 16 Juni 1989. Lucinta Luna merupakan anak ke-8 dari 9 bersaudara, dengan dua saudara laki-laki dan enam saudara perempuan.

Kala menjadi bintang tamu di kanal YouTube The Hermansyah A6 pada 2019 lalu, Lucinta Luna mengungkapkan bahwa ayah dan ibunya adalah orang Tegal yang pindah ke Jakarta. Kala SMP, Lucinta Luna bersekolah di salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan mengaku pintar mengaji.

"Aku tuh terlahir di Jakarta. Jadi mama papa orang kampung, orang Jawa, Jawa Tengah. Wong Tegal, pindah ke Jakarta," beber Lucinta Luna di hadapan Ashanty. "Terus SD aku sekolah, sekolahnya yang biasa. Terus SMP aku masuk yang swasta, aku masuk madrasah. Alhamdulillah pinter ngaji."

Meski kini sukses dan hidup serba mewah, Lucinta Luna dulunya terlahir dari keluarga yang kurang mampu. Sang ayah disebutnya tidak bekerja, sedangkan ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Kakak pertama hingga kakak keempat Lucinta Luna lah yang kala itu menjadi tulang punggung keluarga.

Karena keluarganya tidak mampu membayar uang sekolah, Lucinta Luna mengaku tidak menamatkan jenjang SMA. Setelah itu, ia memutuskan untuk bekerja demi membantu ekonomi keluarganya. Salah satunya, Lucinta Luna sempat bekerja di usaha butik milik temannya namun keluar karena tokonya sepi.

Sebelum terkenal, Lucinta Luna juga dikabarkan sempat bekerja di Elim Salon yang berlokasi di Jakarta Barat. Menurut pemilik Elim Salon, Dandy Pratama, Lucinta Luna masih bernama Fatah kala bekerja di salonnya. "Eh dulu kan waktu masih kerja sama gue masih dipanggil Fatah tapi akrabnya Tata," terang Dandy Pratama dikutip dari Kapanlagi.com.

Secara mengejutkan, Lucinta Luna juga blak-blakan pernah jual diri untuk mengumpulkan uang dengan menggunakan nama alias "Nelsa Candela". Kala menjadi bintang tamu di kanal YouTube Denny Sumargo, Lucinta Luna mengaku sempat melayani pria-pria hidung belang kaya dari luar negeri. Ia bertemu dengan para pelanggannya via internet.

Dari pekerjaan tersebut, Lucinta Luna berhasil mengumpulkan uang yang digunakannya sebagai modal operasi. "Gue kan jual diri dulu. Belum tahu kan? Makanya gue punya uang, modal gue operasi," beber Lucinta Luna.

Menurut press release dari kepolisian, Lucinta Luna kemudian menjalani operasi ganti kelamin dari pria menjadi perempuan di Rumah Sakit Rajyindee Thailand pada 24 April 2016. Kepada Denny Sumargo, Lucinta Luna mengaku memilih berganti kelamin karena ia jatuh cinta pada seorang aktor FTV.

"Itu yang ngebuat gue tuh ngerasa kayaknya, duh lu dateng ke apartemen gue berkali-kali tapi lu enggak tahu siapa gue. Di saat dia mau minta, gue selalu alasan gue haid, haid, haid," jelasnya.

Lucinta Luna mengaku sudah lama nge-fans pada aktor tersebut. Akhirnya, Lucinta Luna berhasil bertemu langsung dengan sang aktor melalui aplikasi kencan Tinder. Lucinta Luna mengaku merasa nyaman hingga akhirnya jatuh cinta dengan sang aktor dan memutuskan untuk "pindah alam" alias berganti kelamin.

"Akhirnya kamu suka sama dia dan dia suka sama kamu. Kemudian akhirnya dari situ kamu memutuskan untuk..." kata Denny Sumargo. "Untuk pindah alam," sahut Lucinta Luna.

Lucinta Luna kemudian sempat menghilang selama tiga bulan untuk menjalani operasi tersebut. Selama tiga bulan, aktor tersebut mencari-cari Lucinta Luna hingga sempat meneleponnya tujuh kali dalam sehari. Namun belakangan setelah mengetahui sosok Lucinta Luna yang sebenarnya melalui media, aktor tersebut justru memblokir nomornya.

Setelah itu, Lucinta Luna memulai kariernya di dunia musik lewat grup dangdut Duo Bunga. Bersama Ratna Pandita, Lucinta Luna merilis single "Lain di Mulut Lain di Hati" di bawah Duo Bunga. Sayangnya, Lucinta Luna justru didepak dari Duo Bunga pada pertengahan 2018.

Ratna Pandita yang juga memegang hak paten atas terbentuknya Duo Bunga mengaku Lucinta Luna telah merugikan dirinya. Selain itu, Ratna Pandita juga merasa Lucinta Luna serakah karena kerap menerima tawaran job mengatasnamakan Duo Bunga tanpa sepengetahuannya.

"Saya merasa dirugikan selama ini jadi korban. Dalam hal ini netizen banyak yang bully saya," terang Ratna Pandita. "Lama-lama dia asik sendiri. Kita bentuk ini kan karena pekerjaan ya, tapi mereka serakah, manajemen maupun Lucinta Luna."

Setelah keluar dari Duo Bunga, Lucinta Luna melanjutkan karier musiknya dengan merilis single "Bobo Dimana" bersama artis Malaysia Aliff Syukri dan Nur Sajat. Single tersebut sempat menuai kontroversi karena liriknya yang dinilai vulgar. Meski demikian, video lirik lagu yang diunggah ke kanal YouTube Aliff Syukri pada 5 September 2018 itu telah mendapat lebih dari 25 juta views per 20 Januari 2023.

Tak berhenti sampai di situ, Lucinta Luna juga merilis lagu keduanya yang bertajuk "Tingkah Lakumu Kode-Kode" di tahun yang sama. Kemudian Lucinta Luna juga merilis lagu "Jom Jom Manjalita" pada November 2018.

Selain dunia tarik suara, Lucinta Luna juga melebarkan sayapnya ke dunia akting. Ia sempat membintangi web series "Beautifool Series: Jaim" yang tayang di aplikasi STRO pada 2018. Selain itu, ia juga muncul di film "Bridezilla" yang dibintangi oleh Jessica Mila pada 2019, hingga menjadi pemeran pendukung di serial Viu Original "Star Stealer" pada 2019.

Dari sisi kehidupan pribadi, Lucinta Luna dikabarkan pernah menikahi seorang pria asal Filipina bernama Bigham pada Maret 2019. Kepada Atta Halilintar, Lucinta Luna mengaku bahwa pernikahannya sah dan ada prosesi ijab kabul. "Resmi. Ijab kabul. Alhamdulillah sah," tutur Lucinta Luna.

Meski demikian, Lucinta Luna dan Bigham dikabarkan bercerai setelah menjalani pernikahan selama satu minggu. Menurut Lucinta Luna, sang suami telah mengkhianatinya sehingga ia memilih untuk bercerai. "Cuma dia itu mengkhianatiku sama cewek lain. Terus tiba-tiba cewek lainnya itu langsung upload di Instagram. Ya gue, secara gue kan Lucinta Luna, aduh masalah kayak gini udah lah. Gue enggak mau dibesar-besarkan. Udah lah cerai saja. Cerai-cerai langsung," papar Lucinta Luna.

Setelah hubungannya dengan Bigham berakhir, Lucinta Luna menggandeng pacar baru bernama Abash. Lucinta Luna mengaku pertama kali bertemu dengan Abash di klinik kecantikan. "Kenalnya itu di klinik pas aku mau perawatan jadi dia udah datang duluan tiba-tiba aku datang. Dia lagi nganterin sodaranya," ungkap Lucinta Luna dikutip dari cumicumi.com.

Abash yang saat itu memuji kecantikannya ternyata berhasil membuat Lucinta Luna baper. Sayangnya, hubungan Lucinta Luna dan Abash yang terjalin sejak 2019 itu kandas pada Agustus 2020. Belakangan, Abash mengungkapkan penyebab putusnya dari Lucinta Luna adalah komunikasi yang kurang baik hingga ketidakcocokan.

Di sisi lain, sosok Lucinta Luna juga telah beberapa kali terseret kontroversi. Ia sempat ditangkap polisi pada 11 Februari 2020 lalu atas kasus psikotropika. Polisi menyita obat penenang berjenis tramadol dan riklona yang masuk dalam kategori psikotropika. Selain itu, polisi juga menemukan tiga pil ekstasi di keranjang sampah Lucinta Luna.

Atas kasus tersebut, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara pada Lucinta Luna. Ia kemudian dibebaskan dari Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur, pada 11 Februari 2021 setelah mendapatkan program asimilasi COVID-19 dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Selain kasus psikotropikanya, Lucinta Luna juga menjadi sosok kontroversial sejak berkeras membantah isu dirinya seorang transgender. Namun status Lucinta Luna akhirnya justru terungkap setelah ia berurusan dengan polisi. Pihak kepolisian memastikan bahwa Lucinta Luna dulunya adalah seorang pria bernama Muhammad Fatah. Meski begitu, ia kini sudah resmi berstatus hukum sebagai perempuan berdasarkan putusan pengadilan.

"Kemarin sudah diterima putusan dari Pengadilan Jakarta Selatan tertanggal 20 Desember 2019, di mana intinya menerima permohonan dari pemohon dalam hal gender dan sekarang statusnya yang bersangkutan adalah perempuan secara hukum, sah dari pengadilan dengan nama diganti dari MF (Muhammad Fatah) jadi AP (Ayluna Putri)," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Setelah fakta bahwa dirinya seorang transgender diungkap polisi, Lucinta Luna mengaku merasa lega. Lucinta Luna juga berterima kasih kepada pihak kepolisian yang telah memberikan pelajaran berharga untuknya. "Saya lega," ujar Lucinta Luna pada 14 Februari 2020 lalu.

Selain itu, Abash yang kala itu masih menjadi kekasih Lucinta Luna juga dipastikan polisi sebagai seorang wanita. Abash merupakan sosok inisial DAA atau Dian Ayu Ashari yang turut diamankan polisi bersama dengan Lucinta Luna atas kasus psikotropika.

Tak hanya itu, Lucinta Luna menimbulkan pro-kontra atas sederet prosedur operasi plastik yang telah ia lakukan. Selain menjalani operasi ganti kelamin, Lucinta Luna juga mengaku telah mengeluarkan uang dalam jumlah fantastis untuk mempercantik penampilannya lewat operasi plastik.

Kepada Denny Sumargo, Lucinta Luna mengaku merogoh kocek hingga hampir Rp 1,8 miliar untuk operasi jidat, mata, hidung, hingga pengangkatan jakun. Secara blak-blakan, Lucinta Luna juga mengakui bahwa dirinya sudah kecanduan oplas. "Gue itu merasa hidup gue harus di meja operasi terus. Jadi bagi gue operasi itu addict, udah ketergantungan banget," terangnya.

Dengan jatuh bangunnya di dunia hiburan, Lucinta Luna sempat mengaku menyesal menjadi orang terkenal. Karena dulunya sudah mengumpulkan banyak uang dengan menjadi simpanan pria kaya, Lucinta Luna merasa hidupnya akan lebih tenang jika dirinya tidak banyak dikenal orang.

"Mungkin kalau dulu enggak terkenal hidup gue adem ayem sudah jadi sosialita," tutur Lucinta Luna kala menjadi bintang tamu podcast Atta Halilintar pada 2022. "Bisa buka usaha."

Terlepas dari perasaannya saat itu, Lucinta Luna mengaku hidupnya kini sudah bahagia. Pasalnya, Lucinta Luna menjadi diri sendiri apa adanya dan banyak orang yang sudah menerimanya. Ia juga mengaku masih sering berdoa pada Tuhan. Lucinta Luna bahkan sempat berbagi rezeki dengan anak panti asuhan kala menggelar syukuran wajah baru hasil oplasnya di Korea Selatan.

"Alhamdulillah selamatan wajah baru dan suara baru Ratu. Jumat barokah bersama anak-anak yatim. Terima kasih ya Allah atas rezekimu," tulis Lucinta Luna dalam unggahannya di Instagram.

Kini, Lucinta Luna masih terus eksis sebagai influencer di media sosial. Ia juga masih banyak mendapatkan tawaran endorse dan berkolaborasi dengan sejumlah selebriti Tanah Air. Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Lucinta Luna, kalian bisa menemukan berita terbaru di laman profilnya ini!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait