Punya Hobi Mendaki, Ini 8 Tips Survive Kala Tersesat Di Alam Bebas Tanpa Sinyal
Maxpixel.net
SerbaSerbi

Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang tengah digandrungi para kawula muda. Meski begitu, hobi satu ini kerap memakan korban. Karena itu, yuk simak tips bertahan hidup kala tersesat di alam bebas.

WowKeren - Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang paling digandrungi oleh anak muda. Anak muda dari kalangan gen Z sampai milenial sering sekali merencanakan acara mendaki bersama rombongan. Tak cuman pria, hobi satu ini ternyata juga banyak diminati kaum perempuan, loh.

Menurut penelitian, anak muda dikatakan suka mencari hiburan di alam, salah satunya dengan mendaki gunung. Penulis sekaligus peneliti Regis Machdy dalam bukunya "Loving Wounded Soul" melihat kehidupan manusia modern di kawasan perkotaan cenderung meningkatkan probabilitas gangguan mental seseorang.

Faktor ini membuat mereka ingin mencari ketenangan dan pelipur lara dengan cara pergi ke tempat yang segar dan dipenuhi lahan hijau. Lahan yang hijau dan sejuk dikatakan mampu menyegarkan mata dan jiwa.


Hal ini sesuai dengan banyaknya penelitian ilmiah yang membahas mengenai hubungan manusia dan alam yang menguntungkan. Keberadaan alam disebut memberikan dampak positif untuk kondisi psikologis, fisiologis dan perilaku manusia. Tak heran, banyak anak muda senang sekali berpetualang di alam.

Kendati memberi ketenangan, berpetualang di alam tak menjamin keselamatan manusia. Pasalnya, kondisi medan dan kurangnya kesiapan yang baik berpotensi memakan korban jiwa. Terbukti, banyak ditemui korban meninggal dunia akibat terjebak dan tersesat usai mendaki atau berpetualang di alam bebas.

Meski begitu, untuk kamu yang memang memiliki hobi mendaki, tak perlu khawatir lantaran WowKeren akan membagikan tips bertahan hidup ketika tersesat di alam liar. Cari tahu di ulasan berikut ini ya.

(wk/Sisi)

1. Tetap Tenang & Aware Dengan Kondisi Sekitar


Tetap Tenang & Aware Dengan Kondisi Sekitar
Rawpixel

Sepele namun penting untuk diperhatikan yakni tetap tenang dan jangan panik. Pasalnya, Anda tak akan bisa menemukan solusi dan jalan keluar ketika panik. Tetap tenang dan pikirkan matang-matang hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi situasi genting yang sedang dihadapi.

Penting juga untuk mencari tahu tips-tips bertahan hidup di tengah alam bebas agar Anda tak panik ketika situasi itu benar terjadi. Anda juga disarankan untuk selalu aware dengan kondisi lingkungan sekitar seperti memperhatikan medan lokasi atau kemungkinan-kemungkinan munculnya hewan buas.

2. Cari Tempat Berlindung


Cari Tempat Berlindung
Pxhere

Ketika Anda tersesat dan tak ada satupun yang bisa dihubungi, langkah yang bisa dilakukan adalah mencari tempat berlindung sementara. Pasalnya, hal terpenting yang harus diperhatikan ketika berada di alam bebas adalah suhu.

Jika sekitar bersuhu rendah dan Anda kehilangan kehangatan dari dalam tubuh, Anda berpotensi terserang hipotermia yang bisa memicu kematian. Karena itu, pastikan diri Anda aman terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mempunyai stamina untuk mencari jalan keluar.

3. Buat Api Unggun


Buat Api Unggun
Maxpixel.net

Demi membuat suhu tetap hangat, membuat api unggun adalah solusi yang tepat. Jangan putus asa ketika Anda tak memiliki korek atau pemantik, Anda bisa memanfaatkan ranting-ranting kering atau bebatuan untuk membuat api.

Selain ranting dan batu, plastik berisi air juga bisa membantu Anda membuat api. Gunakan plastik berisi air itu layaknya kaca pembesar. Arahkan plastik ke sinar matahari kemudian pusatkan benda atau sesuatu yang mudah terbakar. Asap dari api unggun juga bisa menjadi sinyal adanya tanda-tanda kehidupan atau kode meminta pertolongan.

4. Temukan Sumber Air Bersih


Temukan Sumber Air Bersih
Pexels

Tak cuman api dan tempat berlindung, Anda juga memerlukan air bersih. Air bersih biasanya mudah ditemukan di alam bebas. Bila perlu cari sumber mata air seperti sungai untuk menompang kelangsungan hidup seperti minum dan mandi.

Bila kemungkinan terburuk Anda kesulitan mencari air bersih, Anda bisa memakai tetesan air hujan. Tampung tetesan air hujan dengan wadah berukuran besar. Simpan dengan baik agar Anda memiliki persediaan air yang cukup setidaknya sampai pertolongan tiba.

5. Sebisa Mungkin Cari Bahan Makanan


Sebisa Mungkin Cari Bahan Makanan
Pexels

Ketika Anda tak mendapat pertolongan 1x24 jam, tubuh Anda akan semakin lemas. Karena itu, Anda perlu mengisi daya dan tenaga dengan menyantap bahan-bahan yang ada di alam demi bisa bertahan hidup.

Cari buah-buahan atau sayur-sayuran yang tersedia di alam. Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan ikan di sungai sekitar lokasi Anda tersesat. Sebisa mungkin carilah sumber protein dan karbohidrat agar Anda tak mati lemas karena kelaparan.

6. Jangan Lengah & Terus Cari Pertolongan


Jangan Lengah & Terus Cari Pertolongan
Pxhere

Jangan putus asa dan teruslah mencari pertolongan agar Anda bisa segera keluar dari situasi genting tersebut. Perhatikan sekitar untuk melihat kemungkinan-kemungkinan adanya rumah penduduk atau orang lain yang berkunjung di tempat Anda tersesat.

Dengan begitu, Anda bisa meminta pertolongan agar dibantu keluar dari tempat Anda tersesat. Bila kebetulan membawa ponsel teruslah berusaha mencari sinyal agar Anda bisa menghubungi orang terdekat untuk dilakukan evakuasi.

7. Prioritaskan Kesehatan & Kesalamatan


Prioritaskan Kesehatan & Kesalamatan
Pexels

Kesehatan dan keselamatan adalah dua hal yang amat penting. Perhatikan setiap langkah Anda saat melewati medan yang curam. Jangan sampai Anda mengalami kecelakaan atau terjatuh karena hal itu akan semakin memperparah keadaan.

Anda juga harus awas dengan bahaya hewan buas yang mungkin saja muncul di alam terbuka, misal ular atau serigala. Bila perlu buat alat perlindungan diri seperti pisau sebagai senjata bila sewaktu-waktu muncul serangan dari hewan buas.

8. Berjalan Satu Arah


Berjalan Satu Arah
Pexels

Beberapa ahli petualang menyarankan untuk terus berjalan ke satu arah ketika tersesat di hutan atau alam bebas. Jangan bergonta-ganti haluan dan terus berjalan sejajar dengan garis lurus. Jika tidak, Anda hanya akan berputar-putar di tempat yang sama.

Beberapa tips juga mengatakan Anda bisa mengikuti jejak kaki hewan. Kemungkinan hewan tersebut akan mengarah ke sumber air atau area terbuka. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah ditemukan oleh tim penyelamat.

Nah, itu dia 8 tips bertahan hidup yang bisa diterapkan ketika tersesat di alam babas. Semoga artikel di atas dapat membantu dan menambah pengetahuan sobat WowKeren ya. Stay safe and healthy, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait