Diminta Berkaca Pada Sophia Latjuba, Gita Savitri Meradang Dihujat Mandul
Instagram/gitasav
Selebriti

Gita Savitri tak habis pikir dengan netter mayoritas perempuan yang malah menghujatnya mandul karena keputusan enggan memiliki anak alias childfree. Begini unek-unek yang disampaikan Gita.

WowKeren - Influencer Gita Savitri Devi menuai banyak hujatan dari netter usai berpendapat bahwa tak memiliki anak bisa membuat wajah terlihat awet muda. Dengan kata lain, memiliki anak bisa membuat orang mengalami penuaan yang lebih cepat. Pernyataan Gita ini lantas dipertanyakan oleh netter kala mereka melihat penampilan Sophia Latjuba hingga Wulan Guritno yang masih tampak prima meski usia sudah setengah abad dan memiliki banyak anak.

Gara-gara pernyataan itu, Gita Savitri langsung mendapat banyak komentar cibiran dari warganet. Salah satunya yang paling banyak ditemukan dan akhirnya dirangkum oleh Gita adalah soal netter yang menyebut keputusannya enggan memiliki anak adalah karena ingin menutupi kondisinya yang mandul.

Banyak komentar-komentar pedas yang dituliskan netter untuk Gita. Lewat Instagram Story, perempuan 30 tahun itu langsung membalas komentar netter dengan kata-kata yang tak kalah menohok. Ia pub tak habis pikir karena justru yang banyak memberikan komentar tersebut adalah netter perempuan.

"This, my sister-sons, is one example of PATRIARCHY. Tipikal reaksi orang patriarkis ketika melihat ada perempuan yang tidak (mau) punya anak adalah 'AH BILANG AJA LO MANDUL' Kenapa? Karena mereka MENGINTERNALISASI patriarki bahwa perempuan adalah objek. Bahwa perempuan, udah pasti punya rahim, udah pasti harus punya anak," tulis Gita Savitri di Instagram, Selasa (7/2). "Mereka adalah korban-korban ide patriarki yang percaya bahwa nilai perempuan bergantung pada bisa/tidaknya dia punya anak."

Diminta Berkaca Pada Sophia Latjuba, Gita Savitri Meradang Dihujat Mandul

instagram Story


Menurut Gita, netter yang menghujatnya juga seolah setuju bahwa perempuan tidak pantas untuk diberi pilihan atas apa yang ingin mereka lakukan terhadap tubuhnya sendiri. Sebab dalam sistem patriarki, badan perempuan bukanlah miliknya sendiri. Gita mengatakan jika orang-orang seperti ini tidak akan memahami hal itu karena pada akhirnya akan merasa bertentangan dengan kepercayaan patriarki yang dianut.

Di sini, Gita Savitri menekankan bahwa seorang perempuan juga sangat memiliki peluang untuk jadi patriarki. Padahal mereka tak sadar jika mereka sendiri sebagai seorang perempuan lah yang akan merasa paling dirugikan dalam hal ini. Satu contoh yang diambil Gita adalah soal memiliki anak.

"Padahal if we are being honest, perempuan lah yang dibebankan jauh lebih besar dalam pengurusan anak. Mau suaminya sebantu apa, se-open minded apa, ujung-ujungnya yang lebih banyak harus urus anak itu perempuan. This has been shown multiple times in multiple studies!" tegasnya.

Tak sampai di situ, Gita juga menganggap bahwa perempuan akan secara otomatis kehilangan pekerjaan jika kelak ia memiliki anak. Jika mereka tetap ngotot memilih bekerja, maka perempuan juga yang akan mendapat pandangan buruk, dicap tidak becus mengurus anak dan keluarga.

"Makanya sangat MEMBANGONGKAN kalo cewek2 di atas malah membela sistem yg juga gak adil buat dia," pungkas Gita Savitri seraya menambahkan emoji sedih.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait