Biasa Macho, Nicholas Saputra dan 9 Aktor Ini Rela Crossdress Demi Totalitas Akting di Film
Selebriti

Berbagai cara dilakukan oleh setiap bintang layar kaca untuk menunjukkan totalitas mereka dalam membawakan sebuah peran. Nicholas Saputra dan deretan aktor ini rela mengubah penampilan mereka dengan crossdress jadi perempuan.

WowKeren - Berbagai cara dilakukan oleh setiap bintang layar kaca untuk menunjukkan totalitas mereka dalam membawakan sebuah peran. Bahkan tak jarang, untuk mendalami karakter yang diperankannya, para artis Tanah Air sampai rela mengubah penampilan fisik mereka. Bukan hanya soal menaikkan atau menurunkan bet badan bahkan sampai lintas gender.

Alhasil mereka harus memakai wig, make up hingga busana khas wanita. Hal itu dilakukan agar kondisi fisik sang artis sesuai dengan karakter yang diperankannya. Perubahan secara drastis ini turut membuat para penonton tercengang. Terlebih mereka selama ini dikenal dengan imej macho alias maskulin.

Tentu saja, hal ini juga tidaklah mudah. Namun, perjuangan mereka pun terbayar ketika berhasil membawakan peran sesuai yang diminta oleh sutradara. Untuk itu melalui artikel ini, WowKeren ingin mengajak pembaca untuk mengetahui siapa aktor Tanah Air yang rela mengubah penampilan mereka menjadi sangat berbeda layaknya perempuan. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/rosi)

1. Donny Damara


Donny Damara
nstagram/don_damara/Karuna Pictures

Donny Damara memainkan perannya dengan apik sebagai transgender bernama Ipuy di "Lovely Man". Ia identik dengan gaun merah serta wig dilengkapi make up. Film ini mengisahkan tentang Cahaya (Raihaanun), gadis pesantren, pergi ke Jakarta untuk mencari bapaknya, Syaiful (Donny Damara), yang meninggalkan rumah waktu Cahaya masih berusia empat tahun.

Sesampainya di ibu kota, Cahaya menemukan bahwa bapaknya ternyata setiap malam bekerja sebagai waria dengan nama Ipuy. Mereka berdua pun berjalan menyusuri jalanan ibu kota semalaman, mencoba menemukan kembali ikatan keluarga yang sudah lama hilang.

Donny mengakui melakukan beberapa pendalaman khusus untuk mendukung aktingnya terlebih ini menjadi kali pertama ia mendapatkan peran transgender. Namun usahanya berbuah manis, ia memenangkan People's Choice Award (Aktor Terfavorit) dari Asian Film Awards hingga Pemeran Utama Pria Terbaik dari Festival Film Indonesia

2. Gary Iskak


Gary Iskak
Instagram/iskak_gary/Rapi Films

Rupanya Gary Iskak crossdress sebagai waria dalam beberapa proyek akting. Salah satu karakternya yang paling menonjol adalah sebagai Bule dalam film "D'Bijis". Film yang tayang tahun 2007 ini mengisahkan tentang The Bandits, sebuah band lokal yang memiliki potensi besar pada akhir tahun 1980-an, terpaksa harus bubar setelah mengalami kerusuhan panggung di suatu acara.

Para anggota pun berpencar dan menjalani kehidupan mereka masing-masing. Tahun berlalu hingga akhirnya mereka kembali bersatu setelah melalui lika-liku panjang. Cinta, persahabatan dan penghormatan terhadap musik dan teman-teman itu sendiri pun membaur menjadi satu cerita besar atas kembalinya The Bandits.

Debut dengan peran yang berbeda, Gary melakukan riset hingga mencari referensi. Ia mengakui dirinya memiliki badan yang bugar dan bertato namun tetap mahir memerankan karakter berbeda gender.

3. Ganindra Bimo


Ganindra Bimo
Instagram/ganindrabimo/Demi Istri Production

Ganindra Bimo dikenal sebagai aktor yang memiliki boy sangar dengan massa otot yang mengagumkan. Namun ia sempat memerankan karakter Awink yang merupakan di film "Moammar Emka's Jakarta Undercover" (2016). Untuk dapat menghidupkan tokoh yang diperankannya, suami Andrea Dian ini mempelajari karakter tersebut melalui observasi dan bertanya kepada sesama aktor.

Tak mudah, Bimo harus belajar dari aktor-aktor Indonesia yang sudah pernah memerankan karakter pria yang berjiwa perempuan. Usaha tak mengkhianati hasil, ia meraih penghargaan di ajang Festival Film Bandung 2017 sebagai aktor pembantu pria terpuji.

Sementara itu, film ini sendiri mengisahkan tentang perjalanan Pras (Oka Antara) yang mengejar cita-citanya menjadi seorang wartawan dengan berangkat ke Jakarta. Tanpa disadari Pras terseret ke tengah pusaran dunia antah berantah Jakarta. Meski demikian ia tetap bertahan dengan keinginannya mengejar kariernya.

4. Nicholas Saputra


Nicholas Saputra
Instagram/unkenaru/Salto Films

Nicholas Saputra tampil dengan dandanan perempuan kala membintangi film "The Photograph" yang rilis di 2007. Meski hanya cameo, ia berdedikasi bahkan tampil memakai rambut panjang serta make up bahkan mengubah nada suaranya.

Aktor kelahiran tahun 1984 ini juga dengan epik melipat kakinya layaknya wanita. Dalam kisahnya, ia tampaknya tengah menjadi salah satu pelanggan yang ingin melakukan foto di studio salah satu tokoh utama. Penampilan Nicholas ini pun langsung memicu reaksi kagum dari netizen.

Film ini sendiri bermuara pada kehidupan dua tokoh utamanya yakni Sita (Shanty) yang bekerja sebagai penyanyi bar dan Pak Johan (Lim Kay Tong), fotografer berdarah Tionghoa yang sedang mencari penerus usahanya. Keduanya saling bersinggungan hingga berujung saling melindungi dan menemani.

5. Joko Anwar


Joko Anwar
Instagram/jokoanwar/Kalyana Shira Films

Joko Anwar selama ini dikenal sebagai salah satu sutradara kawakan yang menghasilkan banyak karya gemilang seperti "Pengabdi Setan" dan "Perempuan Tanah Jahannam". Namun secara tak terduga ia juga memerankan karakter dengan dandanan perempuan di film film komedi dan superhero berjudul "Madame X" (2010).

Rambutnya yang biasanya bondol terlihat dipakaikan wig warna pirang saat menghidupkan tokoh bernama Aline yang merupakan sahabat dari Adam (Aming). Mengusung konsep yang unik, film ini mengisahkan tentang super hero dengan dengan kekuatan tas make-up dan peralatan dandan, juga perpaduan seksi antara seni bela diri dan gerak tari.

Dikisahkan bahwa di sebuah negeri antah berantah terancam oleh kemunculan KANJENG BADAI dan partai politiknya yang militan dan homophobia, keselamatan negeri ini bergantung pada penata rias bernama Adam. Petualangan untuk menyelamatkan dunia pun dimulai di mana Adam harus menghempas KANJENG BADAI.

6. Fajar Nugra


Fajar Nugra
Instagram/fajar_nugra

Film "Srimulat: Hil yang Mustahal Babak Pertama" didasarkan pada kisah grup lawak Srimulat asal Surakarta. Nama Srimulat semakin menanjak melalui pertunjukan komedinya. Akhirnya, para anggota Srimulat mengadu nasib ke ibu kota. Namun, mereka menghadapi kendala terkait pemakaian bahasa. Banyak tantangan yang harus dilalui perjalanannya meniti karier sebagai pelawak.

Proses syuting film "Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama" telah dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga Januari 2022 dan ditayangkan pada 19 Mei 2022. Film ini menggaet banyak aktor muda salah satunya Fajar Nugra yang memerankan pengamen waria. Meski hana cameo, penampilannya mencuri perhatian penonton.

7. Barry Prima


Barry Prima
Instagram/realbarryprima/Virgo Putra Film

Barry Prima merupakan aktor khas 90-an yang memiliki tubuh kekar dan kerap bermain genre laga. Namun secara tak terduga, ia pernah memerankan karakter wanita di film "Realita, Cinta dan Rock'n Roll" (2006). Ia memerankan karakter bernama Maryadi atau Mariana yang merupakan ayah Nugi (Herjunot Ali).

Meski berpakaian seperti perempuan, Mariana ahli dalam berkelahi. Ia merupakan seorang atlet Taekwondo yang sangat jago. Meski memakai pakaia sleayaknya perempuan, Berry Prima juga mengambil adegan melumpuhkan penjahat dengan ilmu bela diri lho.

Sementara itu, film ini mengisahkan persahabatan antara Nugi (Herjunot Ali) dan Ipang (Vino Bastian). yang memiliki masalah latar belakang keluarga masing-masing. Kehidupan mereka jalani dengan impian untuk mencapai cita-cita mereka menjadi pemusik Rock'n Roll dan tidak menyukai sekolah serta gemar bermain musik.

8. Agus Kuncoro


Agus Kuncoro
Instagram/aguskuncoroadi/Demi Istri Production

Di film "Moammar Emka's Jakarta Undercover (2016)", Agus Kuncoro memainkan peran Mama San. Ia merupakan mucikari yang mempekerjakan Laura (Tiara Eve) sebagai wanita panggilan. Beda dengan aktor lain yang memakai wig panjang, Agus tampak ayu dengan gaya pendek nan anggun.

Film ini sendiri mengisahkan tentang perjalanan Pras (Oka Antara) yang mengejar cita-citanya menjadi seorang wartawan dengan berangkat ke Jakarta. Tanpa disadari Pras terseret ke tengah pusaran dunia antah berantah Jakarta. Meski demikian ia tetap bertahan dengan keinginannya mengejar kariernya.

9. Jefri Nichol


Jefri Nichol
Instagram/jefrinichol

Jefri Nichol mencuri perhatian berkat perannya sebagai Dom di film "Jakarta vs Everybody" (2020). Karakternya digambarkan sebagai seorang pria asal Padang yang mengejar mimpinya sebagai aktor ternama. Namun perjalanan untuk menjadi aktor tidaklah mudah lantaran harus menghadapi kesulitan hidup di kota metropolitan.

Film ini sendiri memperlihatkan bagaimana perjuangan Dom untuk survive di kota besar. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Pinkan dan Radit kemudian melakukan pekerjaan kurir narkoba agar tidak dicurigai. Dom belajar menjadi kurir narkoba hingga akhirnya bertemu dengan Khansa yang berprofesi menjadi perias mayat, yang akhirnya menyadarkannya kembali ke jalan yang benar.

"Jakarta vs Everybody" berhasil menembus Festival Film Black Nights Tallinn ke-24 (POFF) dan ditayangkan tanggal 26 November 2020 di Estonia. Semenatar Jefri juga masuk nominasi Festival Film Wartawan Indonesia 2022 dan Festival Film Indonesia 2021.

10. Erick Estrada


Erick Estrada
Instagram/erickestradaindonesia

Di film "Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama", Erick Estrada juga memerankan karakter Tessy alias Kabul Basuki yang kerap dandan seperti perempuan. Erick mengaku sudah mengagumi sosok Tessy sejak kecil bahkan mengaku menangis saat komedian favoritnya tak boleh tampil di televisi. 

Semenara itu, sang pelawak legendaris juga memberikan pesan khusus agar Erick selalu bisa membedakan karakter Tessy di dalam dan luar panggung.

Film ini sendiri didasarkan pada kisah grup lawak Srimulat asal Surakarta. Nama Srimulat semakin menanjak melalui pertunjukan komedinya. Akhirnya, para anggota Srimulat mengadu nasib ke ibu kota. Namun, mereka menghadapi kendala terkait pemakaian bahasa. Banyak tantangan yang harus dilalui perjalanannya meniti karier sebagai pelawak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait