Choi Yena Seret Nama Olivia Rodrigo, 10 MV Kpop Ini Terinspirasi dari Film & Penyanyi Barat
Selebriti

Keindahan video musik K-pop terletak pada produksi estetika yang tidak pernah berhenti memukau. Karya orisinil mereka sangat bagus namun tak jarang para penyanyi Korea mengambil referensi dari film atau penyanyi Hollywood.

WowKeren - Choi Yena eks member IZ*ONE kembali merilis album single "Hate XX". Menggaet Yuqi (G)I-DLE, lagu utama "Hate Rodrigo" yang merujuk pada bintang pop Olivia Rodrigo. Hal ini telah menuai kontroversi serta komentar bahkan sebelum video klipnya dirilis.

Bukan hanya mencatut nama, Yena juga mencatut adegan-adegan di dalam video musik Rodrigo. Orang dalam menyebutkan bahwa pihak Olivia telah mengangkat masalah hak cipta yang mengakibatkan video musik tersebut di-setting pribadi di YouTube. Sementara itu, pihak agensi Yena, Yuehua Entertainment telah mengeluarkan pernyataan resmi sebagai tanggapan atas penghapusan MV "Hate Rodrigo" namun bukan ternyata bukan atas permintaan pihak Olivia.

Di sisi lain, keindahan video musik K-pop terletak pada produksi estetika yang tidak pernah berhenti memukau. Karya orisinil mereka sangat bagus namun tak jarang para penyanyi Korea mengambil referensi dari film atau penyanyi Hollywood. Apa saja?

(wk/rosi)

1. 'Kill Bill' - Brown Eyed Girls


'Kill Bill' - Brown Eyed Girls
YouTube/BrownEyedGirls

MV "Kill Bill" Brown Eyed Girls memperlihatkan vibe tegang hingga kekejaman yang mana memang terinspirasi dari film "Kill Bill" yang disutradari Quentin Tarantino. Masing-masing member mengambil peran mewakili skuad Deadly Viper Assassination, tokoh di film itu namun juga dibumbui dengan improvisasi yang mengagumkan.

2. 'Married To The Music'- SHINee


'Married To The Music'- SHINee
SM Entertainment

Untuk "Married To The Music", SHINee terinspirasi oleh musikal "Rocky Horror Picture Show". Font lagu dibuat seperti aslinya sementara Minho cs menampilkan suasana pesta kostum yang menakutkan. Para member dengan kreatif berkaitan memperlihatkan adegan dengan kepala dipenggal, hidung, mata terlepas serta bibir.

3. 'Allergy' - (G)I-DLE


'Allergy' - (G)I-DLE
Twitter/G_I_DLE

MV G(I)-DLE yang bertajuk "Allergy" mereka ulang beberapa adegan dari video klip terkenal. Saat melihatnya, penonton familiar di video musik terkenal Taylor Swift, Ariana Grande, Olivia Rodrigo, dan Lizzo. Jeon Soyeon cs memakai gaya "barbie-core" yang sedang naik daun, di mana setiap anggota berpakaian dengan warna-warna berani, aksesori, dan bahkan rambut yang menarik.

4. 'Roly Poly' - T-Ara


'Roly Poly' - T-Ara
MBK Entertainment

"Roly Poly" T-Ara mengungkapkan nostalgia untuk film hit John Travolta, "Saturday Night Fever". Konsepnya membawa nuansa ini dengan memanfaatkan irama disko yang mengingatkan pada musik tahun 80-an. Koreografinya juga mengingatkan penonton pada gerakan apik Travolta di lantai dansa.

5. 'What Do I Call You'- Tae Yeon Girls' Generation


'What Do I Call You'- Tae Yeon Girls' Generation
Twitter/GirlsGeneration

Dalam “What Do I Call You,” Tae Yeon Girls' Generation membuat ulang beberapa adegan utama dari film terkenal "Eternal Sunshine of the Spotless Mind". Filmnya sendiri menceritakan tentang pasangan yang menghapus ingatan satu sama lain untuk melupakan perpisahan yang buruk.

6. 'Hate Rodrigo' - Choi Yena


'Hate Rodrigo' - Choi Yena
YouTube/StoneMusicEntertainment

Choi Yena kembali dengan album single kedua, ‘Hate XX’ pada 27 Juni 2023. Sejak awal, penggemar melihat referensi yang merujuk kepada Olivia Rodrigo. Yena sempat mengunggah video saat dirinya menempelkan stiker di wajah hingga lidahnya yang sudah dilakukan oleh Olivia. Dalam lagu "Hate Rodrigo" , solois itu mengenakan scarf sebagai kerudung dengan kacamata hingga memakan es krim di gelas polkadot yang ditusuk sendok mirip dengan video klip Olivia Rodrigo yang berjudul "deja vu".

7. 'LIGHTSABER'- EXO


'LIGHTSABER'- EXO
SM Entertainment

Menyambut film "Star Wars: The Force Awakens", EXO merilis proyek musik berjudul “LIGHTSABER". Mulai judul hingga tanda neon Jedi serta lightsaber yang ditampilkan tampak seperti adegan film. Diketahui lagu ini memang merupakan kolaborasi untuk membantu popularitas filmnya di Asia seperti Korea Selatan dan Tiongkok.

8. 'Black Swan' - BTS


'Black Swan' - BTS
Twitter/bts_bighit

Dalam MV BTS yang bertajuk "Black Swan", penonton serasa diingatkan pada film dengan judul yang sama. Adegan serta simbol seperti dualitas pakaian hitam dan putih serta sayap yang mengacu pada angsa, dan koreografi sempurna yang memasukkan unsur kesempurnaan – yang merupakan dilema obsesif karakter utama film "Black Swan". Video klip Jin cs memberikan getaran horor psikologis yang encenbangkan.

9. 'Ribbon' - Bambam GOT7


'Ribbon' - Bambam GOT7
Instagram/bambam1a

Hal paling mencolok dari MV Bambam GOT7 yang bertajuk "Ribbon" adalah reka ulang kotak kue merah jambu ikonik yang terlihat di "The Grand Budapest Hotel". Tulisan yang ada pada tulisan diganti dengan nama idola asal Thailand tersebut.

10. 'RBB (Really Bad Boy)' - Red Velvet


'RBB (Really Bad Boy)' - Red Velvet
Twitter/RVsmtown

"RBB (Really Bad Boy)", Red Velvet mereferensikan genre Horor dan khususnya film horor klasik "The Shining". Irene dan Yeri berakting sebagai si kembar terkenal dari film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick ini. Penggambaran dalam video membuat klip realistis dan menuansakan horor.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait