Birthday Spotlight: Happy Ni-Ki ENHYPEN Day
Instagram/enhypen_niki
Selebriti

Ni-Ki ENHYPEN memasuki usia baru pada hari ini, Sabtu (9/12). Simak perjalanan karier lengkap idol yang punya wajah mirip dengan aktris Jung Ho Yeon ‘Squid Game’.

WowKeren - Ni-Ki ENHYPEN merayakan ulang tahun ke-18 (perhitungan umur internasional) pada hari ini, Sabtu (9/12). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas perjalanan idol yang wajahnya disebut mirip dengan aktris Jung Ho YeonSquid Game” ini.

Meskipun debut di usia muda, Ni-Ki punya kemampuan menari yang diakui oleh seniornya. Ni-Ki mendapat pujian dari J-Hope BTS, The8 SEVENTEEN (II), Doobu dan Son Sungdeuk selaku koreografer BigHit Entertainment. Ia bahkan bisa mengingat tarian dalam waktu 10 menit.


Sebagai member ENHYPEN, Ni-Ki dikenal sebagai “maknae on top” karena gemar menggoda member lainnya dan menolak diperlakukan seperti bayi. Ni-Ki mempunyai dua binatang representatif di dalam grup yakni puma dan bebek. Baru-baru ini, Ni-Ki mengakui bahwa dirinya memang mirip bebek.

Tanpa menunggu lama lagi, yuk simak perjalanan karier Ni-Ki sejak sebelum debut hingga menjadi idol yang diberi nama Korea “Chulsoo” oleh member ENHYPEN lainnya ini.

(wk/inta)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Nishimura Riki dilahirkan di Okayama, Jepang, pada 9 Desember 2005. Ni-Ki tumbuh sebagai anak tengah bersama seorang kakak perempuan dan seorang adik perempuan.

Sejak kecil, Ni-Ki mendapat dukungan penuh dari orangtuanya untuk mengembangkan bakat menari. Sebagai fans SHINee, Riki kecil bergabung dalam grup SHINee Kids dan melakukan bagian Key selama melakukan cover. Ia bahkan menjadi fans beruntung yang pernah muncul dalam konser SHINee di beberapa dorm di Jepang.

Ni-Ki menjalani training selama delapan bulan sebelum berpartisipasi dalam program survival “I-LAND” besutan Mnet kala BeLift Lab masih gabungan HYBE dan CJ ENM pada 2020 lalu. Ni-Ki selama trainee dipanggil sebagai “Riki B” karena namanya sama dengan Ta-Ki &TEAM. Ni-Ki dikenal sebagai dancer berbakat selama mengikuti kompetisi hingga debut di peringkat ke-4 di babak final.

2. Debut


Debut

Sebagai salah satu trainee termuda, Ni-Ki masuk ke line-up debut ENHYPEN dengan 1.140.718 vote. Di antara Jungwon, Heeseung (Heesung), Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, ia adalah member paling muda. Menariknya, tanggal ulang tahun Ni-Ki berselang sehari dengan Sunghoon hanya saja berbeda tahun.

Sekitar dua bulan sejak line-up ENHYPEN diumumkan, boy grup pertama BeLift Lab ini debut pada 30 November 2020. ENHYPEN merilis EP pertama bertajuk "Border: Day One" dengan title track "Given-Taken" yang terjual 318.528 di hari pertama, menjadikan mereka boy grup dengan penjualan hari pertama tertinggi sepanjang 2020.

Hanya dua minggu sejak debut, ENHYPEN mendapatkan penghargaan perdana mereka yakni Next Leader Awards di ajang The Fact Music Awards 2020. Album pertama mereka kemudian mendapatkan sertifikasi platinum dari Korea Music Content Association (KMCA).

Sejak debut, ENHYPEN mengusung konsep vampir dan punya jalan cerita yang disampaikan melalui lagu-lagu di album serta MV mereka. Kisah itu kemudian dibuatkan versi webtoon berjudul "Dark Moon".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Ni-Ki bersama ENHYPEN meraih kemenangan acara musik pertama mereka dengan "Drunk-Dazed" di SBS-MTV "The Show". Lagu itu berasal dari album kedua "Border: Carnival" yang sekaligus menjadi comeback pertama mereka. Dengan lagu ini, mereka memenangkan 2 trofi di acara musik mingguan lain seperti "Show Champion" dan "Music Bank".

"Drunk-Dazed" bukan satu-satunya lagu ENHYPEN dari EP kedua"Border: Carnival" yang sukses. Lagu mereka, "Fever", juga banyak mendapat respons positif dengan memperoleh 200 juta lebih pendengar di Spotify. EP kedua mereka ini berhasil menembus Billboard 200 di peringkat 18, sedangkan "Drunk-Dazed" membuat mereka debut di Billboard Artist 100 dan menempati posisi ke-3 World Digital Song Sales.

Selama kariernya, ENHYPEN telah merilis 2 album studio, 1 reissue, 5 EP, 6 single dan 9 OST. Dengan total 21 MV, ENHYPEN menyampaikan jalan cerita menarik lewat MV "Given-Taken", "Let Me In (20 Cube)", "Drunk-Dazed" Tamed-Dashed", "Blessed-Cursed", "Future Perfect (Pass the Mic)", "ParadoXXX Invasion", "Bite Me", "Sacrifice (Eat Me Up)", dan "Sweet Venom". Adapun single yang tidak termasuk dalam album antara lain "One in A Billion" dan "Criminal Love".

Selain dari MV, ENHYPEN juga mengemas jalan cerita yang mereka suguhkan dari video-video trailer menjelang perilisan album. Dalam trailer “Dark Blood” dan “Orange Blood”, para member menunjukkan kemampuan akting mereka. Ni-Ki mencuri perhatian karena akting bela dirinya dalam menggunakan pedang.

Di luar album resmi, mereka juga sempat mengisi OST "Tayo the Little Bus" dengan "Hey Tayo" dan "Billy Poco", "One and Only" bersama "POKEMON". Sedangkan untuk drama, mereka membawakan "I Need the Light" dari "Mimicus" dan "Zero Moment" di "Summer Strike". Selain itu, mereka juga mengisi suara sebagai Beluga Band di film "Baby Shark Movie".

ENHYPEN menjadi satu-satunya boy grup yang semua albumnya mendapat sertifikasi The Recording Industry Association of Japan (RIAJ). Album Jepang terbaru mereka "YOU" mendapatkan sertifikasi double platinum usai terjual lebih dari 500 ribu copy di Jepang.

Karier ENHYPEN semakin mentereng begitu menggelar tur dunia ke-2 bertajuk "FATE". Dalam rangkaian tur ini, mereka berhasil mengadakan konser solo di Tokyo Dome yang menjadi tolok ukur kesuksesan artis di pasar Jepang. Untuk konser pertama, Tokyo Dome yang memberikan undangan para artis.

Selain musik, ENHYPEN ditunjuk menjadi brand ambassador merek mewah asal Italia, PRADA. Untuk pertama kalinya semua member grup diundang menghadiri acara-acara mereka. Mereka juga ditunjuk sebagai duta Seoul Fashion Week 2023.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Memasuki 3 tahun debut bersama ENHYPEN, Ni-Ki masih fokus pada aktivitas grup dan belum mempunyai rilisan solo. Meski demikian, Ni-Ki menunjukkan kemampuannya dalam membuat koreografi untuk grup.

Salah satu karya Ni-Ki adalah koreografi “Bite Me”. Ia menemukan inspirasi untuk koreo lagu tersebut saat ENHYPEN sedang dalam perjalanan udara selama tur mereka pada 2022 lalu.

Ni-Ki juga pernah muncul dalam segmen “Mix & Max” di YouTube Studio Choom. Kala itu, Ni-Ki muncul bersama Jungwon.

5. Kontroversi


Kontroversi
Weverse/ENHYPEN

Selama kariernya, Ni-Ki tidak pernah terlibat kontroversi fatal. Namun, ia menerima kritik karena perilakunya terhadap sesama member.

Pada Februari 2023 lalu, Ni-Ki menuai beragam reaksi saat tanpa sengaja mematikan nyala api di lilin kue perayaan tur “Manifesto” sebelum ditiup oleh Sunoo. Pada saat ini Ni-Ki dan member lainnya sedang melakukan live di Weverse.

Setelah tanpa sengaja memadamkan lilin, Ni-Ki tampak terkejut. Ia juga segera meminta maaf kepada Sunoo dan member lainnya menyalakan lilin lagi untuk mengulangi prosesi tiup lilin.

Kendati sudah minta maaf, Ni-Ki menuai kritik karena perilakunya yang dinilai kasar. Selain kritik, ia juga dibela karena aksinya tidak sengaja dan sudah meminta maaf secara langsung kepada Sunoo yang menunjukkan bahwa hubungan mereka baik-baik saja.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Ni-Ki dan ENHYPEN telah menutup promosi album “Orange Blood” dengan title track “Sweet Venom” sejak awal Desember 2023. Selama promosi album ini, mereka juga sempat muncul di “Macy’s Thanksgiving Parade Day” dan “Good Morning America” yang menambahkan sejarah penting dalam karier grup.

ENHYPEN akan menutup tahun 2023 ini dengan menghadiri beberapa festival musik yang diadakan beberapa acara televisi. Mereka akan mengawali 2024 dengan jadwal menghadiri Golden Disc Awards 2023 di Jakarta pada 6 Januari mendatang.

Dalam waktu dekat, Ni-Ki bersama ENHYPEN akan merilis Season’s Greeting 2024 dan melanjutkan tur “FATE”. Setelah tampil di Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang, mereka bakal mampir di beberapa kota di Asia seperti Taiwan, New Clark, dan Singapura. Tur ENHYPEN nantinya akan ditutup dengan konser encore di KSPO Dome, Seoul pada 24-25 Februari 2024.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait