Putri Tersangka YA Disebut Saksi Mahkota Kematian Anak Tamara Tyasmara
Instagram/tamaratyasmara
Selebriti
Anak Tamara Tyasmara Tenggelam

Putri tersangka YA yang juga berada di TKP diklaim merupakan saksi mahkota di balik kasus kematian anak Tamara Tyasmara, Dante. Putri YA juga disebut membutuhkan perlindungan khusus.

WowKeren - Tersangka kasus kematian anak Tamara Tyasmara akhirnya telah tertangkap. Sosok yang disebut telah menenggelamkan Dante sebanyak 12 kali itu adalah kekasih Tamara sendiri, YA. Namun, YA berdalih ia hanya ingin mengajari Dante latihan pernapasan. Kendati begitu, seorang Psikolog Forensik melihat alibi yang disampaikan YA adalah hal yang wajar demi mendapat pengurangan hukuman.

”Tidak aneh, setiap orang yang melakukan kejahatan apalagi terancam hukuman mati atau hukuman seumur hidup tentu akan menyampaikan strategi agar kemudian pasal yang dikenakan kepadanya adalah pasal-pasal yang lebih ringan,” kata Reza Indragiri selaku Psikolog Forensik kepada TVOne.

Menariknya lagi, putri YA yang kebetulan juga berada di tempat disebut bisa menjadi saksi mahkota untuk kasus kematian anak Tamara. Putri YA dikatakan masih memenuhi syarat untuk menjadi saksi meski usianya masih belia. Anak tersangka YA ini kabarnya seusia dengan Dante.


”Sang tersangka tampaknya manfaatkan betul kelemahan psikis yang ada pada anak yang menyaksikan peristiwa mengerikan tersebut dan barangkali dia juga punya kemampuan untuk mengintimidasi saksi, betapa pun saksi masih berusia sangat belia, agar kemudian tidak menceritakan atau mengingat-ingat paling tidak, peristiwa yang sudah dia saksikan. Namun justru sebaliknya lewat pemeriksaan yang cermat, keberadaan saksi di TKP, betapa pun saksi itu masih berusia sangat muda justru kemungkinan saksi itu berpeluang menjadi saksi mahkota, karena dia berada di TKP, dia menyaksikan barangkali secara utuh, peristiwa keji tersebut,” terang Reza.

Oleh karena itu, putri YA diklaim membutuhkan perlindungan khusus. Sayangnya, belum diketahui pasti seperti apa nasib atau keberadaan putri YA sekarang dan keterlibatannya dalam proses penyelidikan kasus kematian Dante.

”Saksi berada di usia anak-anak kalau kita mengacu pada Undang-Undang perlindungan anak, maka dia termasuk sebagai pihak yang semestinya mendapat perlindungan khusus, kategorinya adalah anak yang berhadapan dengan hukum,” tutur Reza. “Nah dengan mengacu pada ketentuan perundang-undangan tersebut maka pihak penegak hukum perlu mengambil langkah-langkah yang tepat agar saksi mahkota yang notabennya harus mendapat perlindungan khusus ini bisa segera mungkin diamankan, dipastikan dia sehat sehingga bisa memberikan keterangan yang membantu untuk mengungkap kasus ini secara tuntas dan menyeluruh.”

(wk/Sisi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru