Tak Sekedar Baik Hati, Ini 10 Tanda Kamu Sosok Pribadi Tahan Banting
SerbaSerbi

Seseorang bisa disebut sebagai pribadi yang kuat dan mental tahan banting jika memiliki beberapa karakteristik di bawah ini.

WowKeren - Pada dasarnya setiap orang punya cara berbeda tentang bagaimana menyikapi hidup. Entah akan menerima takdir begitu saja, atau berusaha yang terbaik untuk mengubahnya.

Perjalanan itu tentu tidak mudah. Pengalaman hidup menjadi faktor penting yang mempengaruhi sudut pandang seseorang, serta karakteristiknya. Merangkum Brightside, seseorang bisa disebut sebagai pribadi yang kuat dan mental tahan banting jika memiliki beberapa karakteristik di bawah ini:


1. Tahu Menjaga Emosi dan Logika Tetap Seimbang

Kadang-kadang, logika lebih dominan daripada emosi maupun sebaliknya. Tetapi seseorang dengan mental yang kuat akan mampu mengetahui bagaimana agar logika dan emosi berjalan seimbang. Apakah itu emosi menguasai logika dalam proses pengambilan keputusan, atau logika mengesampingkan emosi, seorang yang kuat secara mental tahu bagaimana menyeimbangkan kedua hal.

2. Belajar dari Kesalahan

Orang yang tahan banting, kuat secara mental tidak akan mencoba untuk mencari benar sendiri ketika apa yang dilakukan jelas salah. Ia juga tidak akan menyembunyikan kesalahan dari orang lain. Singkatnya, orang yang bermental baja akan belajar dari kesalahan dan menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

3. Mampu Menghadapi Rasa Takut

Sebagian besar orang akan menghindari rasa takut mereka. Atau sebagian lainnya mungkin akan sok berani, sok kuat, agar terlihat baik di depan orang lain. Tetapi tidak bagi orang bermental kuat. Orang seperti ini justru akan menghadapi ketakutan itu dan berusaha mengatasinya demi menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan demi orang lain, melainkan diri sendiri.

4. Kamu Menemukan Siapa Dirimu dan Ingin Jadi Apa

Kamu mengenal diri sendiri dengan baik. Kamu menerima dirimu sendiri apa adanya. Meski begitu, kamu sebagai orang yang punya mental kuat juga tidak berhenti mencoba dan bekerja keras untuk menjadi seperti yang kamu inginkan.

5. Kamu Merayakan Kesuksesan Orang Lain

Selain itu, pribadi yang bermental kuat juga tahu bagaimana bekerja sama atau menjalin kemitraan. Kesuksesan orang lain bukanlah sesuatu yang akan membuatnya iri hati. Ia akan ikut senang dan merayakan kebahagiaan maupun kesuksesan yang diraih orang lain.

6. Lebih Menghargai Usaha Ketimbang Hasil

Nah, kalau soal ini, orang dengan mental yang kuat akan menghargai dirinya sendiri. Bukan tentang apa yang sudah dicapai. Ketimbang menghitung apa yang sudah diperoleh selama ini atau apa yang dimiliki, mereka akan menempatkan nilai sebenarnya pada diri sendiri. Orang seperti ini tak peduli apakah ia akan menang atau kalah dalam sebuah kompetisi.

7. Kamu Melihat Kesulitan Sebagai Kesempatan

Bagi sosok pribadi tahan banting, setiap masalah yang dihadapi bukanlah sebuah kesulitan semata. Ini hanya bagian dari kesempatan untuknya bertumbuh lebih baik lagi. Jika kesulitan sangat mengganggu bagi orang lain, seseorang dengan mental kuat siap menerimanya sebagai tantangan.

8. Bertanggung Jawab Pada Setiap Tindakan

Kuat secara mental memang bukan berarti tak pernah melakukan kesalahan. Sama seperti orang kebanyakan, mereka mungkin melakukan kesalahan, tetapi bertanggung jawab atas dampak dari perbuatannya.

9. Kamu Optimis

Menjadi orang yang optimis penting. Ketika menghadapi kesulitan atau halangan, rasa optimis membantu kita yakin bisa mendapatkan jalan keluar. Tetapi orang yang kuat secara mental, ia akan optimis dan tetap masuk akal. Artinya tidak berandai-andai berlebihan.

10. Bangkit Setelah Terjatuh

Kegagalan bukan akhir dunia. Orang bermental baja mengerti itu dan menganggap kegagalannya sebagai kesuksesan yang tertunda. Mereka percaya jalan yang mereka pilih akhirnya akan membawa pada kesuksesan. Semua hanya soal waktu.

You can share this post!

Related Posts