Tertua di Dunia, Surat di Botol Ditemukan Setelah 132 Tahun Dilempar ke Laut
SerbaSerbi

Penemu botol tersebut sangat terkejut dan merasa takjub lantaran surat dalam botol tersebut masih utuh dan terbaca jelas, apa isinya?

WowKeren - Pernah menulis surat dan memasukkannya di botol lalu membuangya ke laut? Kalau berhasil utuh dan ditemukan, nasib surat dalam botolmu bisa saja berakhir bersejarah. Seperti cerita berikut ini.

Sebuah keluarga di Australia menemukan surat di botol yang dipercayai sebagai surat botol tertua di dunia. Menakjubkan, surat di botol tersebut digadang-gadang berusia 132 tahun semenjak pertama kali dibuang di laut.


Penemu surat ini bernama Tonya Ilman. Ia mengatakan botol tersebut ditemukan saat ia sedang berjalan-jalan di pinggir pantai Pulau Wedge, Perth, Australia.

Pertama kali melihatnya, Tonya sudah berpikiran untuk memungut botol tersebut. Ia merasa bahwa botol itu akan cantik untuk dijadikan hiasan. "Botol ini akan terlihat bagus untuk hiasan," ujarnya.

Akan tetapi, setelah mengetahui bahwa terdapat sebuah surat di dalamnya, perempuan tersebut merasa sangat terkejut. Bagaimana tidak, tanggal pada surat tersebut menunjukkan bahwa surat ini ditulis pada 12 Juni tahun 1886. Tonya menambahkan bahwa surat tersebut dibuang dari sebuah kapal bernama Paula di Jerman.

Dengan kondisi yang masih utuh, keluarga beruntung ini melakukan penyelidikan kecil-kecilan dengan berusaha menerjemahkan tulisan di surat.

Catatan tersebut mengatakan bahwa botol itu sengaja dilempar ke Samudra Hindia. Pada saat itu, kapal yang ditumpangi si pembuang surat ini sedang berlayar dari Cardiff, Wales ke Madagaskar di Hindia Belanda, yang sekarang dikenal sebagai Indonesia.

Alangkah terkejutnya keluarga tersebut saat berhasil memahami surat yang ditulis rapi dalam bahasa Jerman itu. Demi menjaga keutuhannya, mereka kemudian membawa botol beserta surat tersebut ke Museum Australia Barat. Ternyata, rekor penemuan surat botol tertua sebelumnya hanya menunjukkan rekor 108 tahun. Benar saja kalau penemuan ini membuat surat dalam botol tersebut menjadi surat tertua yang pernah ditemukan di dunia.

You can share this post!

Related Posts