Populer Jadi Metode Melahirkan, Ini Dia Asal Muasal Nama Bedah Sesar
SerbaSerbi

Banyak gosip beredar kalau pemberian nama tersebut terkait dengan kelahiran Julius Caesar, lalu bagaimana faktanya?

WowKeren - Jika terkendala melahirkan secara normal, dokter pasti akan menyarankan para wanita hamil untuk segera ditangani dengan cara lain, misalnya dengan jalan operasi. Lalu, bagaimana asal muasal adanya operasi tersebut? Kalau kamu belum tahu, maka kamu wajib menambah pengetahuanmu dengan membaca tulisan berikut ini.

Bedah sesar merupakan cara melahirkan bayi yang telah menjadi umum akhir-akhir ini. Akan tetapi, tahukah kamu dari mana asal kata sesar tersebut disematkan?

Berdasarkan beberapa referensi, cara memindahkan bayi dari perut ibu mereka dengan menggunakan pembedahan ini berasal dari teks kuno. Selain itu, cara ini juga dilaporkan ada di beberapa cerita rakyat dari Yunani, Roma, Cina, Mesir, India dan lainnya. Awalnya, metode melahirkan dengan cara ini dipakai untuk menyelamatkan bayi yang lahir ketika ibu mereka meninggal atau kritis.

Penjelasan umum untuk mengetahui asal-usul nama sesar yang selama ini beredar kabarnya didapatkan dari legenda tentang kelahiran pemimpin Romawi, Gaius Julius Caesar. Menurut ensiklopedia Byzantine dari abad ke-10, The Suda, nama prosedur operasi melahirkan ini diberikan saat ibu Julius Caesar meninggal pada usia kandungannya yang mencapai sembilan bulan.

"Karena ketika ibunya, Aurelia, meninggal pada bulan kesembilan, para dokter membedahnya. Mereka mengeluarkannya dari perut ibunya dan menamainya seperti itu. Hal tersebut diberikan karena dalam lidah Romawi, pembedahan seperti itu disebut dengan "Caesar"," demikian bunyi ensiklopedia tersebut. Akan tetapi, cerita itu tampak tidak masuk akal ketika ternyata Aurelia masih hidup setelah melahirkan Caesar. Ia bahkan berhasil menjadi penasihat politik setelahnya.

Kesalahpahaman tentang kelahiran Cesar ini mungkin merupakan hasil dari Historia Naturalis abad kesatu milik Pliny the Elder. Dalam salah satu bagiannya tentang kelahiran manusia, ia menulis tentang Caesar (leluhur dari Julius Caesar) yang dinamai demikian karena telah dikeluarkan dari rahim ibunya dengan cara dipotong. Jadi, legenda tentang kelahiran Caesar yang terkenal tersebut mungkin berasal dari kesalahan membaca teks tersebut.

Meskipun demikian, beberapa kata romawi yang berhubungan dengan nama operasi tersebut memang masih berkaitan. Sebut saja kata "Caedere" yang berarti "memotong". Ada juga kata "Caesones" yang mengacu pada bayi yang dilahirkan dengan prosedur operasi yang sama dengan operasi bedah sesar ini.

Jadi, istilah bedah sesar ini mungkin saja berasal langsung dari bahasa Latin "Caedere" ataupun "Caesones" ini, tanpa harus dikaitkan dengan legenda kelahiran Julius Caesar. Mengingat sangat kecil kemungkinan bahwa Julius Caesar benar-benar dilahirkan dengan metode bedah sesar ini. Ya, karena zaman dahulu alat-alat operasi tentunya tidak secanggih sekarang, kan?

Loading...

You can share this post!

Related Posts