Pertama Kali, Pria Transgender di Finlandia Melahirkan
SerbaSerbi

Sudah melakukan terapi testosteron selama bertahun-tahun, pria transgender ini kembali mendapatkan kesuburannya dan berhasil hamil.

WowKeren - Seorang wanita, yang telah menjalani terapi hormonal untuk menjadi pria, menjadi transgender pertama yang berhasil hamil dan melahirkan di Finlandia. Bayi seberat hampir empat kilogram tersebut dilahirkan pada Rabu (4/4) kemarin. Akan tetapi, kelahiran tersebut memicu kontroversi lantaran hukum di sana mengharuskan infertilisasi sebelum merubah gender.

Pria yang berumur 30 tahun ini, memang secara legal sudah mengganti gendernya menjadi seorang wanita pada tahun 2015 lalu. Hal tersebut ia lakukan setelah beberapa kali melakukan terapi testosteron selama bertahun-tahun.

Akan tetapi, ia memutuskan untuk membatalkan operasi pergantian kelamin tersebut sebelum berusaha hamil dengan suaminya. Hal itu ia lakukan demi menuntaskan transisi fisik prianya.

Menangguhkan terapi hormonal yang ia lakukan, pria tersebut diketahui kembali mengalami menstruasi setelah satu tahun. Padahal, kalangan medis Finlandia menganggap bahwa pasien transgender mereka akan mandul setelah menjalani terapi testosteron dalam waktu yang lama. Sepertinya, saat terapi ditunda, pria transgender tersebut kembali mendapatkan kesuburan.

Finlandia sendiri merupakan satu-satunya negara Nordik yang menerapkan aturan khusus, yakni bukti infertilitas, bagi seseorang yang ingin mengubah jenis kelaminnya dari wanita menjadi pria. Syarat tersebut memicu berbagai protes dari kalangan aktivis hak asasi manusia dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak mau dikekang, pria transgender tersebut tidak menginginkan ada orang lain yang mendikte apa yang akan ia lakukan pada tubuhnya. Ia pun menginginkan anaknya agar tetap memanggilnya dengan sebutan "Ayah".

Di sisi lain, kasus kelahiran seperti ini bukan yang pertama kali terjadi di dunia. Meskipun demikian, kehamilan pria transgender memang masih sangat jarang.

Loading...

You can share this post!

Related Posts