Pakai Kecerdasan Buatan, Astronom Temukan Banyak Planet Baru Layak Huni
SerbaSerbi

Bisa langsung mengkategorikan eksoplanet, para peneliti dapat menghemat waktu dan fokus pada target mereka untuk menemukan kehidupan lain di luar Bumi.

WowKeren - Bukan rahasia lagi kalau Planet Bumi yang kita tinggali ini sudah semakin rapuh. Berbagai bencana alam dan kerusakan membuat Bumi menjadi semakin rawan untuk menjadi tempat layak huni.

Menghadapi masalah tersebut, para astronom sedang berlomba-lomba untuk mencari tempat tinggal di planet lain. Tak sedikit dari mereka mencoba berbagai cara agar bisa mendapatkan data akurat mengenai kelayakan huni planet-planet lain yang ada di jagat raya ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Peneliti dari Plymouth University di Inggris sedang mengembangkan teknik baru yang dinamakan Artificial Neural Networks atau jaringan saraf tiruan yang dikenal dengan ANN. Hasil penelitiannya sudah dipresentasikan pada European Week of Astronomy and Space Science di Liverpool pada Rabu (4/4) kemarin.

Menurut mereka, ANN dapat memprediksi planet berpenghuni dalam jumlah yang banyak. Ini sekaligus menghemat waktu para ilmuwan. Dengan ANN ini mereka bisa lebih fokus pada target, yakni menemukan kehidupan lain di luar bumi.

Sampai saat ini, para peneliti sudah membuat ANN untuk bisa mengklasifikasikan planet-planet ke dalam lima ketegori. Kategori tersebut, yakni planet menyerupai Bumi saat ini, Bumi awal, Mars, Venus, atau Titan.

Salah satu perwakilan dari Plymouth University pun sudah menyatakan keberhasilannya dalam menemukan eksoplanet. Ia yakin, metode ini bisa sangat berguna lebih lanjut untuk mengkategorikan berbagai eksoplanet tersebut.

"Sejauh ini, metode ini mungkin terbukti sangat berguna untuk mengkategorikan berbagai jenis eksoplanet," jelas Angelo Cangelosi, salah satu perwakilan dari Plymouth University. "Data tersebut diambil dari hasil observatorium yang berbasis di darat dan dekat dengan bumi."

Dengan menggunakan ANN, peneliti dapat mengambil data dari planet-palnet layak huni di luar angkasa. Terobosan baru ini membawa harapan bagi para peneliti untuk bisa mengidentifikasi planet layak huni lebih cepat dari misi antarbintang di masa depan. Tentu saja, kemungkinan untuk mewujudkan tinggal di planet lain selain Bumi bisa saja benar-benar terwujud.

You can share this post!

Related Posts