Sering Lesu Seharian? 6 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Harus Kamu Hentikan
SerbaSerbi

Mood kacau dan tidak enak badan menjelang siang dan sore, bisa jadi aktivitasmu di pagi hari ini penyebabnya.

WowKeren - Aktivitas di pagi hari seringkali sangat menentukan bagaimana kondisi tubuh dan mood kita seharian. Namun, jika kamu sering merasa kekurangan energi menjelang siang hingga sore hari, mungkin sudah waktunya bagimu untuk meningkatkan rutinitas pagimu.

Berikut ini beberapa kebiasaan pagi yang harus kamu istirahatkan dan bahkan hentikan agar sore dan malammu berjalan dengan lebih baik. Apa saja sih?


Tidak Bangun Teratur

Tidur dalam keadaan bersih memang penting. Sikat gigi atau mandi sebelum tidur akan membuat tidurmu menjadi lebih nyaman dan nyenyak. Akan tetapi, tahukah kamu ada yang lebih penting dari itu?

Yap, tidur teratur lebih penting dari segalanya. Kadang orang memilih untuk begadang demi mengerjakan beberapa tugas atau pekerjaan lain. Jika tidak, kamu mungkin memilih tidur sangat awal demi bisa segar ketika kamu bangun pagi. Padahal, jika ingin harimu berjalan lebih baik, kamu hanya harus mulai dengan mengatur ritme waktu tidurmu.

"Kamu tidak harus pergi tidur sangat awal," ujar salah satu ahli gizi dan pelatih lari, Heather Caplan. "Akan tetapi, berusaha untuk pergi tidur dan bangun di waktu yang sama, bahkan pada akhir pekan, akan membantu tubuhmu untuk bisa beradaptasi dengan rutinitas itu."

Mengabaikan Kondisi Ususmu

Keseluruhan kondisi kesehatanmu akan tergantung pada seberapa sehat kondisi ususmu. Faktanya, hampir 70 persen sistem imun tubuh terletak di usus. Penelitian juga menunjukkan bahwa keadaan ususmu akan memengaruhi mood serta level stress-mu selama seharian, lho.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk selalu makan makanan yang tinggi serat. Sebaliknya, hindari makan makanan olahan yang akan memberikan bakteri jahat pada ususmu.

Sering Pakai Tombol Snooze di Alarm

Kebanyakan orang akan mengatur alarm mereka dalam jumlah banyak sekaligus. Jika tidak, kita seringkali juga memilih menekan tombol snooze atau tombol tunda pada alarm untuk bisa menambah waktu tidur kita sebentar saja. Nah, terlalu banyak menggunakan tombol snooze ini nih yang bisa mengganggu kondisi tubuhmu seharian.

"Seringkali orang akan menekan tombol snooze dan memulai hari mereka dengan terburu-buru," jelas Rachel Goodman, seorang ahli gizi. "Pikiran tentang terlambat pergi ke tempat kerja akan membuatmu stress. Stress akan meningkatkan gula darah dan membuat tubuhmu tidak dalam kondisi baik. Akibatnya, kamu akan mulai tidak memperhatikan makananmu dan jatuh sakit."

Meminum Sarapanmu

Jika kamu merasa ngeri membayangkan sarapan besar, kamu bisa memilih sarapan dengan protein shake atau smoothies ringan. Akan tetapi, jika ingin merasa kenyang, subtansi lebih penting. Menurut sebuah penelitian di Belanda, ketebalan smoothies di pagi hari yang membuat para responden penelitian mereka kenyang, bukan masalah kalorinya.

Maria A. Bella, ahli nutrisi, menyarankan kliennya untuk menghindari meminum sarapan sebagai makanan pertama setelah bangun tidur (sarapan dengan sesuatu yang cair). Menurutnya, hal itu hanya akan membuat kita cepat merasa lapar lagi.

"Jauhi makanan cair apapun," kata Bella. "Otak kita akan menunjukkan adanya rasa kenyang saat kita mengunyah makanan. Dengan minum, tidak akan mencapai keadaan yang sama. Dibutuhkan lebih sedikit waktu bagi cairan untuk melewati perut kita. Hal itu membuat kita cepat lapar."

Makan Sambil Terburu-Buru

Biasanya, karena harus segera berangkat kerja atau kegiatan yang lain, kita akan tergesa-gesa memakan sarapan kita. Selain itu, pada jam makan siang, kita juga seringkali makan sambil melakukan hal yang lain.

Nah, hal ini nih yang bisa membuat kesehatan tubuhmu terganggu. Saat sarapan pagi, usahakan kamu hanya melakukan kegiatan makan saja. Jangan sambil berlarian menyiapkan ini dan itu.

Sebagai solusinya, kamu bisa menyiapkan sarapanmu pada malam sebelumnya. Misalnya, putih telur yang dicampur dengan beberapa sayuran. Saat bangun di pagi hari, kamu hanya tinggal menghangatkannya dan memakannya bersama tortila. Sederhana, bukan?

Suka Sarapan yang Manis

Kalau kamu jadi sering ke kamar mandi di pagi hari, makanan yang manis-manis bisa jadi penyebabnya. Alkohol gula, yang secara teknis bukan gula atau alkohol tetapi karbohidrat, sering ditemukan dalam makanan olahan dan pemanis buatan.

Zat-zat dari makanan-makanan olahan dengan pemanis buatan tersebut ternyata dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan. Akibatnya, kamu jadi sering bolak-balik ke kamar mandi di pagi hari.

"Menggunakan produk dengan gula alkohol dapat memproduksi gas yang mengerikan dan berpotensi diare," jelas Bella. "Misalnya, kopi dengan sirup bebas gula, fiber bar dengan tambahan gula alkohol, atau bahkan makanan-makanan lain yang mengatasnamakan 'diet' dan 'bebas gula' lainnya."

You can share this post!

Related Posts