Mengejutkan, Nelayan di Provinsi Guizhou Temukan Ikan Aneh Berkepala Burung
SerbaSerbi

Meski surat kabar setempat telah mengatakan bahwa ikan tersebut merupakan jenis ikan mas air tawar biasa, namun publik masih dibuat penasaran.

WowKeren - Penemuan makhluk-makhluk aneh selalu berhasil menyedot perhatian publik. Seperti yang terjadi di Tiongkok Selatan baru-baru ini. Nelayan mengaku menemukan seekor ikan yang aneh. Ikan tersebut diklaim memiliki bentuk kepala yang menyerupai burung.

Nelayan tersebut menangkap jenis ikan aneh ini di sebuah sungai di Provinsi Guizhou di Tiongkok Selatan. Tak butuh waktu lama, video ikan yang sedang tergelepar tersebut langung viral dan banyak dibicarakan di media sosial.

Surat kabar Guizhou Urban dilansir LiveScience pada Senin (18/6) mengidentifikasi ikan tersebut sebagai seekor ikan mas air tawar biasa berjenis Cyprinus carpio. Akan tetapi, orang-orang sepertinya tidak mudah memercayai hal tersebut. Hal itu terjadi lantaran kepala ikan yang ditemukan itu benar-benar mirip seekor merpati kecil. Selain itu, mulut ikan ini memang mirip dengan paruh dan siripnya juga terlihat seperti sebuah sayap kecil.

Sementara spekulasi terus berkembang mengenai makhluk setengah ikan dan setengah burung ini, para ahli mengemukakan pendapat mereka. Salah satu ahli menyebutkan bahwa ikan ini kemungkinan hanya mengalami beberapa masalah saat masih dalam tahap perkembangan awalnya.


Andrew Cossins, seorang psikolog hewan dari University of Liverpool di Inggris menjelaskan bahwa mulut ikan yang menyerupai paruh mungkin disebabkan oleh adanya kerusakan sel. Sementara itu, ia mengaku akan sulit untuk menjelaskan semuanya hanya berdasarkan sebuah foto atau video. Andrew juga sempat mengemukakan pendapatnya mengenai adanya dugaan terjadi mutasi genetik hingga pencemaran lingkungan berupa kontaminasi zat kimia yang menyebabkan spesies ini ada.

Para ahli diketahui masih mencoba menyelidiki penyebab bentuk fisik yang aneh dari ikan ini. Mereka mendebatkan apakah fisik ikan tersebut terjadi disebabkan karena perubahan pola makan, suhu, atau kontaminasi zat kimia. "Kami tidak bisa mengatakan bahwa fisik ikan berkepala burung ini disebabkan oleh polutan," tegas Andrew.

Andrew juga percaya bahwa pertumbuhan berbeda mungkin tidak merusak kualitas hidup ikan mas ini. Selain kepala yang berukuran besar dan mirip merpati, tubuh makhluk aneh tersebut berukuran normal dan sehat. Jika memang terdapat mutasi genetik yang mengganggu pertumbuhan ikan tersebut, Andrew mengatakan, makhluk tersebut seharusnya akan mengalami masalah dalam pernapasan maupun dalam hal makanan sehingga tubuhnya akan lebih kecil. Akan tetapi, hal itu tidak terjadi pada ikan yang akhirnya dilepaskan kembali ke sungai tersebut.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait