Jejak Keberadaan Manusia yang Ditinggalkan Ini Jadi Karya Fotografi Super Indah
Instagram/jonjonkkkk
SerbaSerbi

Seorang fotografer mengelilingi dunia untuk mengabadikan keindahan tempat-tempat terlantar. Penasaran gimana hasilnya?

WowKeren - Terdapat banyak sekali tempat di dunia ini yang telah ditinggalkan dan menjadi bukti perkembangan manusia. Tempat-tempat tersebut berupa rumah, gedung perbelanjaan, taman bermain, kastil dan masil banyak lagi.

Berbagai hal menjadi alasan tempat-tempat itu ditinggalkan seperti kesulitan ekonomi atau karena area tersebut terkontaminasi. Apapun itu, semua tempat yang ditinggalkan manusia kemudian diambil alih kembali oleh alam secara perlahan.

Fotografer dari Prancis yang bernama Jonathan Jimenez adalah seseorang yang dapat melihat keindahan dibalik tempat-tempat yang ditinggalkan tersebut. Dia berpikir bahwa hal tersebut merupakan kekekalan dari tinggalnya manusia di bumi.


Jonathan telah melakukan perjalanan lebih dari 700 tempat terlantar di 33 negara di empat benua. Hasil fotonya kemudian ia abadikan dalam sebuah buku yang berjudul "Naturalia: Reclaimed by Nature".

Dalam pencariannya menemukan objek, Jonathan sering kali masuk tanpa izin ke tempat-tempat yang tidak seharusnya. Seperti basis militer Soviet yang telah terlupakan di Belarusia dan sebuah kastik di Kroasia.

Mengenai hal tersebut, Jonathan mengaku menemukan sensasi yang memacu adrenalinnya. Ia juga mengatakan bahwa orang-orang terkadang menyadari bahwa dirinya hanya seorang fotografer dan membiarkannya.

Beberapa karya Jonathan yang indah juga telah diposting di akun Instagram miliknya yakni @jonjonkkkk. Yuk intip gimana kerennya.

(wk/nris)

1. Green House yang Ditinggalkan


Green House yang Ditinggalkan
Instagram/jonjonkkkk

Green house atau rumah kaca satu ini memiliki bentuk yang sangat indah ya. Sayang sekali sudah tidak dimanfaatkan lagi.

2. Piano dalam Kastil


Piano dalam Kastil
Instagram/jonjonkkkk

Tak hanya bangunan, pemiliki kastil ini juga meninggalkan sebuah grand piano. Atas kaca dan lantai kastil tersebut tampak telah hancur.

3. Taman Bermain yang Dilupakan


Taman Bermain yang Dilupakan
Instagram/jonjonkkkk

Tempat seperti taman bermain pun terkadang banyak yang ditinggalkan begitu saja. Bahkan dengan seluruh permainan didalamnya.

4. Rumah Sakit Terlantar


Rumah Sakit Terlantar
Instagram/jonjonkkkk

Sama dengan taman bermain, rumah sakit ini juga dibiarkan begitu saja dengan peralatan di dalamnya. Sungguh sangat disayangkan ya.

5. Bekas Gelanggang Pacuan Kuda


Bekas Gelanggang Pacuan Kuda
Instagram/jonjonkkkk

Wah bayangkan sebuah eskalator di gelanggang pacuan kuda yang telah lama ditinggalkan ini sampai hampir tidak dapat dikenali. Sekitarnya tampak telah menjadi hutan.

6. Sebuah Bar yang Tak Digunakan


Sebuah Bar yang Tak Digunakan
Instagram/jonjonkkkk

Meski telah ditumbuhi banyak tumbuhan, kita masih dapat melihat beberapa bagian bar itu. Terdapat kursi dan meja bundar khas sebuah bar.

7. Sekolah yang Ditelantarkan


Sekolah yang Ditelantarkan
Instagram/jonjonkkkk

Lama ditinggalkan, bagian jendela sekoalh satu ini telah tertutup oleh tumbuhan merambat. Namun masih ada kursi, meja dan papan tulis yang tertata rapi.

8. Kendaraan yang Dibiarkan Begitu Saja


Kendaraan yang Dibiarkan Begitu Saja
Instagram/jonjonkkkk

Dilihat dari modelnya, kendaraan-kendaraan tersebut seperti sudah cukup lama ditinggalkan. Tumbuhan liar bahkan telah menutupi hampir separuh mobil dalam gambar ini.

9. Sebuah Tempat Mewah yang Ditinggalkan


Sebuah Tempat Mewah yang Ditinggalkan
Instagram/jonjonkkkk

Dilihat dari dinding kaca, tempat tersebut sepertinya bekar ruangan yang cukup mewah. Terdapat sebuah kursi yang cocok untuk membaca.

10. Teater yang Terlantar


Teater yang Terlantar
Instagram/jonjonkkkk

Bekas teater ini masih memiliki kursi-kursi yang terlipat rapi. Bagian ruangannya semakin hancur karena tak terurus.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru